Survei: Belanja Online, Orang Indonesia Butuh Mikir Sejam

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 20 Desember 2016 10:46
Survei: Belanja Online, Orang Indonesia Butuh Mikir Sejam
Konsumen pun mengunjugi lebih dari 3 toko online selama Harbolnas.

Dream – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 telah berakhir. Selama periode diskon besar-besar tiga hari itu, sejumlah lembaga turut mensurvei perilaku belanja masyarakat Indonesia.

Salah satunya lembaga yang melakukan survei tersebut adalah portal e-commerce, Shopback.

Country General Manager Shopback Indonesia, Indra Yonathan, mengatakan, hasil survei menunjukan seorang konsumen di Indonesia bisa menghabiskan waktu hingga lebih dari 1 jam untuk berbelanja online selama momen tersebut.

Sementara, konsumen memerlukan waktu paling singkat untuk belanja selama 1-5 menit.

“ Meskipun tidak terlalu dominan, konsumen yang menghabiskan waktu berbelanja di atas 1 jam ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan konsumen yang menghabiskan waktu berbelanja lebih cepat,” kata Indra di Jakarta, Senin  19 Desember 2016.

Dia mengatakan konsumen membutuhkan waktu lama saat berbelanja. Rata-rata produk yang dibeli adalah barang yang dibutuhkan dan penuh pertimbangan dan perbandingan, seperti belanja, laptop, smartphone, dan wisata. Dalam waktu 1 jam, konsumen bisa mengunjungi 3-4 toko online. Ada juga konsumen yang mengunjungi toko online lebih dari 10 toko.

Untuk nilai transaksi, setiap konsumen merogoh kocek Rp500 ribu-Rp1 juta untuk belanja online. Produk yang masih menjadi primadona adalah fesyen, gawai, aksesori, dan alat rumah tangga.

“ Berdasarkan survei dan temuan yang kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa konsumen menyambut positif dan memiliki minat yang tinggi terhadap penyelenggaraan Harbolnas sebagai kegiatan tahunan,” kata dia.

(Sah/Laporan: Sartika Septiana)

Beri Komentar