Susi Pudjiastuti: Bisakah Tarif PCR Indonesia Rp96 Ribu Seperti India?

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 26 Oktober 2021 18:45
Susi Pudjiastuti: Bisakah Tarif PCR Indonesia Rp96 Ribu Seperti India?
Kenapa diimbau turun hanya sampai dengan Rp300.000?

Dream - Pemerintah memang sudah menurunkan tarif tes PCR menjadi Rp300 ribu. Meski demikian, banderol itu dinilai masih kemahalan.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menilai, harga tes PCR di Indonesia jauh lebih tinggi dari sejumlah negara. Pengusaha penerbangan itu menyebut tes PCR di Inddoa hanya Rp96 ribu saja.

" Bisakah harganya seperti India? Kenapa kita di Indonesia harus bayar empat kalinya. Bahkan enam kali sampai 10 kalinya. Kenapa diimbau turun hanya sampai dengan Rp300.000?," kata Susi dikutip dari akun twitternya @susipudjiastuti, Selasa 26 Oktober 2021.

1 dari 1 halaman

Presiden Joko Widodo memang telah memerintahkan harga tes PCR turun menjadi Rp300 ribu. Masa berlaku juga diperpanjang menjadi 3X24 jam. Tes PCR dengan hasil negatif Covid menjadi syarat bagi pelaku perjalanan udara.

" Mengenai arahan Presiden agar harga PCR dapat diturunkan menjadi Rp300.000 dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat," kata Menko Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

Menurut dia, kebijakan tes PCR itu dilakukan setelah melihat risiko penyebaran virus corona yang semakin meningkat karena mobilitas penduduk yang meningkat pesat dalam beberapa minggu terakhir.

" Sekali lagi saya tegaskan, kita belajar dari banyak negara yang melakukan," beber Luhut.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar