Punya 1000 PNS Lansia, Menteri Susi Tawarkan Pensiun Dini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 15 September 2017 12:29
Punya 1000 PNS Lansia, Menteri Susi Tawarkan Pensiun Dini
Sudah ada 75 pegawai yang sudah mengajukan pensiun dini.

Dream – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, akan mengadakan program pensiun dini atau golden handshake bagi pegawai negeril sipil (PNS) yang berusia lanjut. Setidaknya ada 1.000 PNS yang akan mengambil pensiun dini dalam waktu tiga tahun setelah aturannya disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“ Ini khusus untuk yang (usia) 50 tahun ke atas kami harapkan pensiun dini. Lalu, rasionalisasi berdasarkan kualitas,” kata Susi di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 15 September 2017.

Dia mengatakan PNS yang akan dirasionalisasikan ini memiliki masa kerja lebih dari 10 tahun. Lalu, pensiun dini sejalan dengan penerimaan CPNS sebanyak 329 orang tahun ini. Hal tersebut juga sejalan dengan cita-cita pemerintah menuju efisiensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Susi mengatakam aturan ini sebenarnya sudah lama dibahas sejak dirinya memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dia berharap efisiensi pegawai dan peningkatan kualitas SDM di kementeriannya akan memberi dampak positif bagi kualitas pelayanan.

Sejauh ini, sudah ada 75 orang pegawai KKP yang mengajukan diri untuk mengikuti golden handshake. Kompensasi pegawai yang mengikuti program tersebut akan disesuaikan dengan sisa masa kerja sebagai PNS.

" Ada 75 orang. Tentunya tidak sama (kompensasi). Kan ada yang pensiunnya tinggal tiga tahun, ada yang lima tahun. Tergantung sisa masa kerja. Kan gaji 100 persen. Intinya kita ingin memperbaiki yang tidak produktif yang sudah berusia lanjut," kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan