Tak Harus Gaji 8 Juta untuk Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Begini Caranya

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 19 September 2019 14:55
Tak Harus Gaji 8 Juta untuk Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Begini Caranya
Yuk, simak tips tepat berikut ini untuk mendanai kedua orangtua ke Tanah Suci.

Mumpung orangtua masih sehat, Sahabat Dream mungkin punya keinginan untuk memberangkatkan mereka naik haji atau umroh. Setelah dihitung-hitung, dana yang harus dipersiapkan adalah minimal Rp70 juta. Dengan gaji yang tergolong tidak terlalu besar, bukan berarti impianmu itu mustahil untuk diwujudkan, lho. Yuk, simak tips tepat berikut ini untuk mendanai kedua orangtua ke Tanah Suci.

Ketahui Jumlah Uang yang Perlu Disisihkan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dengan persis berapa banyak dana yang disisihkan. Gunakan rumus 50:30:20 dengan 50persen digunakan untuk keperluan sehari-hari, 30persen untuk membayar tagihan dan utang, serta 20persen untuk tabungan. Jika target yang harus dicapai untuk dana haji cukup besar, ini saatnya untuk menekan pengeluaran sehingga dapat menyisihkan uang setiap bulan secara konsisten.

Membuka Tabungan Haji

Jika ingin mewujudkan keinginanmu memberangkatkan kedua orangtua untuk naik haji, membuka tabungan haji bisa jadi pilihan tepat. Cara ini akan membuat langkahmu lebih terarah dan terencana, sehingga memudahkanmu untuk mengumpulkan dana untuk memberangkatkan haji di kemudian hari.

Kini banyak bank di Indonesia yang menawarkan produk tabungan haji dengan berbagai fasilitas menarik, seperti gratis asuransi jiwa dan bebas biaya administrasi bulanan. Selain itu, cara mendaftarnya pun sangat mudah dan penyetorannya pun bisa dilakukan dengan cara transfer atau auto-debit.

Konsisten Tekan Pengeluaran

Demi membahagiakan kedua orangtua, apapun bakal Sahabat Dream lakukan untuk mewujudkan impiannya naik haji. Agar waktu mengumpulkan dana sesuai target, kamu wajib menabung untuk dana haji.

Jika perlu, buang pos pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan, misalnya belanja hal-hal yang kurang penting atau mengurangi frekuensi nongkrong di café maupun restoran. Pangkas pengeluaran yang bisa dilakukan dan alokasikan ke tabungan haji. Walau awalnya berat, kedisiplinan dalam menabung bisa mewujudkan impian orangtua lebih cepat untuk naik haji.

Investasikan Dana Haji

Selain membuka tabungan haji, Sahabat Dream juga bisa menginvestasikan dana yang dimiliki. Ada banyak pilihan untuk investasi, seperti saham atau emas. Pahami dulu risikonya agar dana haji bukan berakhir raib tapi berlipatganda.

Coba investasi saham yang blue chip atau BUMN yang lebih stabil sehingga risiko kerugiannya lebih kecil. Bisa juga digunakan untuk membeli emas yang menjadi sarana investasi paling aman, meskipun keuntungannya tidak terlalu besar.

Cari Penghasilan Tambahan

Ingat, prioritasmu saat ini adalah dengan menabung untuk biaya naik haji bagi kedua orangtua. Tidak ada salahnya mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mulai dari memanfaatkan peluang untuk kerja lembur, berjualan online, hingga mendapat tambahan uang dari proyek freelance. Hal ini akan membantumu untuk mengumpulkan dana yang cukup untuk tabungan haji. Siapa tahu tabungan yang terkumpul nggak hanya cukup untuk naik haji saja, tapi juga bisa sekalian dilanjutkan liburan halal.

Bukan hal yang mustahil untuk memberangkatkan orangtua naik haji walau dengan gaji yang tak terlalu besar. Selalu ada jalan selama ada niat baik untuk membahagiakan orangtua dengan mengatur keuangan sejak dini.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie