Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya

Reporter : Editor Dream.co.id
Senin, 29 April 2024 09:48
Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya
Pencucian kereta dilakukan setiap hari saat kereta sedang stabling sebelum jam perjalanan operasional kereta api.

1 dari 12 halaman

Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya

Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya © Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya Dok KAI

2 dari 12 halaman

© Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya Dok KAI

Dream - Kebersihan kereta api di dalam maupun luar gerbong merupakan aspek penting untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang. Berbeda dengan mobil, proses pencucian gerbong kereta yang punya rangkaian panjang tentu membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama.

3 dari 12 halaman

© Para penumpang dibuat nostalgia di kereta api Gambir-Yogyakarta dan sebaliknya. Ada apa ya? 2023 maverick

Melansir laman KAI, pencucian kereta dilakukan setiap hari saat kereta sedang stabling sebelum jam perjalanan operasional kereta api.

4 dari 12 halaman

10-12 Tenaga Profesional

10-12 Tenaga Profesional © Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya Dok KAI

Adapun bagian yang dicuci meliputi interior dan eksterior dengan dilakukan oleh 10 sampai 12 tenaga profesional yang disesuaikan dengan jumlah kereta dalam satu rangkaian.

5 dari 12 halaman

Waktu 3 hingga 4 Jam

Waktu 3 hingga 4 Jam © Ternyata Bersih-Bersih Kereta Api Butuh Waktu 4 Jam, Begini Prosesnya Dok KAI

Untuk sekali pencucian rangkaian gerbong kereta, rata-rata dikerjakan selama 3 sampai 4 jam oleh petugas cuci kereta. Para petugas ini menggunakan peralatan kerja, bahan pembersih, dan pengawasan yang sesuai dengan standar kerja tentunya.

6 dari 12 halaman

Adapun jenis kereta yang rutin dilakukan pencucian meliputi kereta penumpang baik jarak jauh dan KA lokal, kereta bagasi, kereta makan, kereta makan dengan pembangkit, kereta pembangkit, kereta wisata, dan kereta khusus (inspeksi, Istimewa, luxury, priority, kompartemen, panoramic, rail clinic, dan rail library).

Pada bagian eksternal, pencucian kereta dimulai dari atap kemudian dilanjutkan ke bagian dinding dan bagian bawah (box toilet ramah lingkungan).

7 dari 12 halaman

Selanjutnya untuk bagian interior, pencucian kereta dimulai dari plafon, kemudian dilanjutkan ke bagian dinding, aksesories, lantai, bordes, termasuk toilet.

" Hasil cucian dipastikan wajib bebas dari debu, bau, noda, bercak, sampah, karat dan permukaan material harus kering oleh petugas," tulis KAI.

8 dari 12 halaman

© Kereta Api Indonesia 2023 maverick

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menerangkan bahwa pembersihan tidak hanya mencakup pembersihan eksterior, tetapi juga pembersihan interior, termasuk lantai, kursi, dan area umum lainnya.

9 dari 12 halaman

"Pencucian kereta dilakukan pada stasiun-stasiun baik di Daop dan Divre yang memiliki fasilitas area cuci kereta. Dengan menjaga kebersihan kereta, KAI berusaha memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi setiap penumpang,"

imbuhnya.

10 dari 12 halaman

Joni mengatakan, pada proses pencucian, KAI menggunakan air yang berasal dari tanah sumur bor dengan dilakukan proses filterisasi menggunakan mesin filter air (water treatment plant) dan secara berkala dilakukan pengujian/uji laborat kualitas air guna memastikan air bersih dan higienis sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2023 tentang Kesehatan Lingkungan.

KAI juga mengutamakan bahan yang tidak merusak lingkungan dengan menggunakan bahan chemical pembersihan yang disertai dengan Material Safety Data Sheet (MSDS)/lembar data bahan kimia.

11 dari 12 halaman

© Ilustrasi KAI, Beli Tiket Kereta pakai aplikasi Access by KAI, tiket kereta api 2023 maverick

Bahan chemical pembersih yang digunakan dalam pencucian kereta, baik kereta yang berbahan stainless dan bukan stainless steel untuk bagian interior menggunakan floor cleaner, glass cleaner, dust cleaner dan multi purpose cleaner.

12 dari 12 halaman

Sedangkan untuk bagian eksterior menggunakan wash shampoo dengan tingkat keasaman tidak kurang dan lebih pH 6-8 yang dipastikan tidak merusak material kereta serta masuk dalam kategori bahan pembersih ramah lingkungan.

Usai proses pencucian kereta, limbah hasil cuci dialirkan ke saluran air (drainase) yang terhubung dengan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL).

Beri Komentar