Tips Tingkatkan Penjualan Kuliner Kekinian di Masa Pandemi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 7 September 2021 11:14
Tips Tingkatkan Penjualan Kuliner Kekinian di Masa Pandemi
Mengenali kriteria kuliner 'kekinian'.

Dream - Pandemi Covid-19 melahirkan sejumlah perubahan di berbagai aspek. Salah satunya adalah tren mengonsumsi makanan.

Hasil survei konsumen Mondelez International The State of Snacking 2020 menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan ringan masyarakat Indonesia telah meningkat selama pandemi.

Sebanyak 77 persen responden mengeksplor makanan baru. Sementara, 54 persen di antaranya mendapatkan ide makanan ringan di media sosial. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pelaku UMKM kuliner agar bisa mempertahankan penjualannya di masa pandemi.

1 dari 2 halaman

Tren kuliner kekinian

Membuat Kue© Shutterstock

Kuliner 'kekinian' diklaim menjadi hal yang sangat digemari dan populer di media sosial. Biasanya, tren kuliner tersebut menambahkan bahan yang sudah populer seperti keju dan cokelat.

" Dengan didukung ide kreatif, bahan makanan yang sederhana bisa menjadi istimewa. Sehingga, meningkatkan peluang peningkatan harga jualnya," kata Fatmah Bahalwan, Chef dan Penggiat UMKM Kuliner dalam acara 'Mondelez Indonesia #DukungUMKMKuliner', Kamis 2 September 2021.

Di samping itu, pemakaian bahan populer yang berkualitas tinggi dan disukai masyarakat juga bisa membuat konsumen lebih tertarik.

2 dari 2 halaman

Affan Achmad Affandi, Founder Martabak Orient juga mengaku selalu berusaha untuk melek tren kuliner dan menggunakan media sosial ketika mempromosikan bisnisnya. " Martabak Orient juga bergabung di GoFood agar bisa mempromosikan berbagai produk dan membuka akses ke pelanggan seluas-luasnya."

UMKM kuliner bisa mengikuti berbagai pelatihan seputar perkembangan bisnis kuliner kekinian seperti yang diadakan Mondelez Indonesia pada Minggu, 5 September 2021 untuk meningkatkan kreativitas dalam menghadirkan menu kuliner kekinian serta pemanfaatan digital marketing sebagai strategi promosi usaha selama pandemi.

Selain itu, UMKM kuliner juga bisa mendapatkan inspirasi menu kekinian untuk mengembangkan kreativitas di situs www.snacks-desserts.id.

" Dukungan terhadap UMKM kuliner ini sejalan dengan tujuan perusahaan, yakni 'Empower People to Snack Right'. Kami berharap inisiatif ni turut meningkatkan bisnis UMKM kuliner, sekaligus mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional," tutup Prashant Peres, President Director Mondelez Indonesia.

Beri Komentar