Transjakarta Tambah Operasional Armada di Malam Tahun Baru 2020

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 31 Desember 2019 17:15
Transjakarta Tambah Operasional Armada di Malam Tahun Baru 2020
Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang dan usai perayaan Tahun Baru.

Dream - Perusahaan angkutan umum Transjakarta menambah operasional armada bus di malam Tahun Baru 2020. Jumlah bus yang akan mengangkut para penumpang yang merayakan Tahun Baru disiapkan sebanyak 183 unit khusus Armada Malam Hari (Amari).

" Dari total normalnya 55 unit, ternyata sesuai prediksi ini akan meningkat pesat, termasuk beberapa masukan dari masyarakat sehingga kita tambah tiga kali lipat lebih selama pergantian tahun baru," ujar Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta, Achmad Izzul Waro, dikutip dari Liputan6.com.

Izzul mengatakan penambahan armada diberlakukan di seluruh koridor kecuali 11 dan 12. Dua koridor ini tidak banyak diminati.

Selain itu, beberapa rute yang mendapat tambahan armada yaitu 2C (Monas-JIExpo), 5H (Harmoni-Ancol), 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika), S12 (BSD-Stasiun Fatmawati), dan rute S31 (Bintaro-Stasiun Fatmawati).

Transjakarta juga menerapkan pengalihan rute. Ini mengingat adanya penutupan di beberapa ruas jalan sebelum malam perayaan Tahun Baru 2020.

Ada tiga skema pengalihan yang akan diterapkan. Pertama, rute yang mengalami pengalihan yaitu koridor 1 diarahkan menjadi Kota-Harmoni-Tomang-Koridor 9-Blok M pergi-pulang.

Skema kedua, koridor 1 dari Blok M menuju GBK-Semanggi PP. Sedangkan skema ketiga, koridor 1 dari Kota menuju Harmoni-Monas-Patung Kuda PP.

1 dari 5 halaman

Car Free Night Tahun Baru di Jakarta Mulai Sore Ini, Cek Rute Pengalihan Arus

Dream - Malam Tahun Baru di DKI Jakarta akan berlangsung di sejumlah titik di ibukota. Pusat keramaian diperkirakan akan terjadi di sepanjang jalur Car Free Night yang akan mulai diberlakukan hari ini, Selasa, 31 Desember 2019.

Kegiatan Car Free Night menyambut pergantian Tahun Baru 2020 akan digelar mulai pukul 17.00 WIB. Sepanjang kegiatan akses jalur di acara tersebut akan ditutup total. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, pelaksanaan car free night akan digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, serta Jalan Medan Merdeka Selatan.

" Mulai pukul 17.00 WIB akan dilaksanakan car free night mulai dari Thamrin sampai Sudirman juga ada tambahan sedikit di Medan Merdeka Selatan," ucap Yusri dilaporkan Liputan6.com, Selasa, 31 Desember 2019.

Sementara itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menggelar rekayasa sejumlah arus lalu lintas di jalanan Ibu Kota saat malam perayaan tahun baru.

Berdasarkan informasi akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, pengalihan arus lalu lintas dilakukan di beberapa titik lokasi, Selasa, 31 Desember 2019.

Rekayasa arus lalu lintas di DKI Jakarta (Twitter @tmcpoldametrojaya)© Twitter @tmcpoldametrojaya

Rekayasa arus lalu lintas di DKI Jakarta (Twitter @tmcpoldametrojaya)

2 dari 5 halaman

Jalan Tugu Tani dan Jalan Thamrin

Berdasarkan catatannya, ada sejumlah arus jalan yang mengalami rekayasa.

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Djuanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

2. Arus lalu lintas dari Tugu Tani menuju ke Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Tugu Tani Menuju ke Jalan Merdeka Selatan ditutup diluruskan ke arah Jalan Perwira.

4. Arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Barat ditutup diarahkan Jalan Abdul Muis.

 

3 dari 5 halaman

Arah Semanggi

5. Arus lalu lintas dari Jalan Museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Galungung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke Tanah Abang. Demikian juga sebaliknya dari Tanah Abang diluruskan ke arah Manggarai atau Pasar Rumput.

7. Arus lalu lintas dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya.

8. Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi/arah dari barat ke Pancoran.

9. Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.

 

4 dari 5 halaman

Bunderan Senayan dan Jalan Asia Afrika

10. Arus lalu lintas yang dari Jalan Asia Afrika menuju Bunderan Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.

11. Arus lalu lintas yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir.

12. Arus lalu lintas yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir/diarahkan ke kiri Jalan Sisingmangaraja.

13. Arus lalu lintas yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura.

 

5 dari 5 halaman

Panggung Gembira

Yusri mengatakan, ada lima panggung yang tersebar di sepanjang lokasi car free night. " Ada lima panggung gembira yang disiapkan pemerintah daerah, kita siapkan pengamanan di sana. Pertama di Monas, kedua di depan Kantor Gubernur, yang ketiga di Bunderan HI, ada juga di Jalan Dukuh Atas dan di depan Kantor Jaya di daerah Thamrin," ucap dia.

Dalam rangka pengamanan tersebut Polda Metro Jaya telah menyiapkan sekitar 10.000 personel untuk mengawal gabungan untuk mengawal jalannya perayaan tahun baru di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Beri Komentar