Ubah Karakter PNS, Ini 3 Cara Wapres JK

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 26 Mei 2016 18:41
Ubah Karakter PNS, Ini 3 Cara Wapres JK
Wapres yakin cara ini bisa mengubah karakter PNS dalam memberikan pelayanan publik.

Dream - Disorot karena pelayanan kepada masyarakat yang belum memuaskan, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku punya tiga cara mengubah karakter pegawai negeri sipil (PNS).

“ Masyarakat butuh pelayanan yang terbaik dan terdepan serta lebih efektif untuk menciptakan kemakmuran rakyat yang lebih baik,” papar Wapres dikutip dari laman Setkab, Kamis, 26 Mei 2016.

Tiga cara tersebut adalah pertama, perubahan yang sistim pemerintahan setelah otonomi daerah menjadi menyeluruh membutuhkan ASN yang penuh dengan inovasi. Hal ini berbeda dengan era sebelumnya dimana pemerintah mengeluarkan instruksi kepada daerah untuk kemajuan daerahnya sendiri.

Kedua, perubahan teknologi. Menurut Wapres, saat ini cara kita berpemerintahan lebih mengutamakan kemajuan teknologi seperti e-government, smart city dan sebagainya.

Hal ini untuk mempercepat kinerja ASN sehingga tidak perlu berhubungan langsung dengan masyarakat tapi oleh teknologi.

Terakhir, adanya persaingan di internal dan luar. Persaingan antar negara dan daerah. Jika daerah tidak efisien, Wapres khawatir penduduknya akan pindah ke daerah lain. Begitu pula dalam hal pelayanan, jika tidak baik maka akan mengurangi investasi daerahnya.

“ Tiga hal itu harus merubah karakter PNS kita, harus menjadi inovatif karena tidak ada lagi arahan dari pusat. Untuk itu, ASN harus memiliki keahlian, skill dan kecermatan yang baik,” pesan Wapres

Beri Komentar