Ungkap Gajinya Saat jadi Walikota Bandung, Ridwan Kamil Sering Dikomplain Istri

Reporter : Alfi Salima Puteri
Sabtu, 2 Juli 2022 13:47
Ungkap Gajinya Saat jadi Walikota Bandung, Ridwan Kamil Sering Dikomplain Istri
Ridwan Kamil mengaku gajinya saat menjadi walikota sangat kecil dari pada saat menjadi arsitek.

Dream - Sebuah video lawas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali beredar di media sosial lantaran ia membongkar secara blak-blakan terkait gaji yang didapatnya saat menjadi Walikota.

Salah satu akun Instagram yang membagikan video tersebut adalah @insta_julid pada Jumat, 1 Juli 2022. Video itu merupakan potongan video wawancara Ridwan Kamil dengan Najwa Shihab. Saat itu Najwa menanyakan berapa besaran gaji Ridwan Kamil.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, gaji yang didapatnya tidak banyak bahkan sempat dikomplain oleh sang istri, Atalia Praratya.

Ridwan Kamil mengaku gajinya saat menjadi walikota sangat kecil dari pada saat menjadi arsitek.

1 dari 4 halaman

" Kang Emil gajinya berapa sih walikota Bandung?" tanya Najwa Shihab.

" Nah ini, seumur-umur baru dikomplain istri. Karena gajinya gak cukup buat bulanan Gaji Walikota tuh Rp5,8 juta, terus kita ada namanya dana operasional dari PAD kurang lebih Rp20 jutaan jadi totalnya Rp25 jutaan," jawab Ridwan Kamil.

 Namun menurut Ridwan Kamil gaji sebesar Rp25 juta itu tidak pernah sampai utuh ke sang istri. Lantaran banyak masyarakat yang juga memerlukan bantuan darinya.

2 dari 4 halaman

" Karena jadi walikota itu saya baru sadar, orang tuh pada minta-minta. Pak ini buat sunatan masal dan pendukung juga, ada yang betul-betul harus dibantu. Jadi pulang ke rumah agak kepotong sana-sini," ungkap Ridwan Kamil.

Setelah itu Najwa Shihab kembali ke pertanyaan ke awal berapa total bersih yang diberikan ke istri.

" Total total kurang dari di angka belasan saya bawa pulang ke istri. Padahal zaman jadi arsitek kan bisa 5x lipatnya. Karena saya menjadi walikota tidak untuk mencari nafkah, karena ada tabungan saya punya kantor di 3 kota, Bandung, Bali, Jakarta, jadi insha Allah cukuplah," tutur Ridwan Kamil.

 

3 dari 4 halaman

Najwa Shihab kemudian bertanya apakah tabungan pria yang akrab disapa Kang Emil itu cukup sampai lima tahun ia menjabat sehingga tidak akan korupsi.

“ Aamiin, siap (enggak korupsi),” jawab Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya.© Instagram @ataliapr

Beri Komentar