Pria Tak Masalah Belanja Dengan Cara Mencicil. (Foto: Shutterstock)
Dream – Siapa bilang wanita selalu lebih doyan belanja ketimbang pria. Sejumlah studi bahkan menyebut pria lebih gahar berbelanja ketimbang wanita, termasuk dengan sistem cicilan.
Menurut keterangan tertulis Kredivo, Rabu 6 Maret 2019, beberapa studi yang dikutip dari Harvard Business Review menunjukkan pria memang cenderung lebih berani mengambil resiko daripada wanita, termasuk dalam hal keuangan. Perbedaan gender memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan resiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan.
“ Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga para pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman,” kata Head of Marketing Kredivo, Indina Andamari.
Indina mengatakan Kredivo merilis data tentang tren belanja awal 2019. Ada 50 ribu sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam kurun November 2018—Januari 2019. Ada 57,6 persen penggunanya adalah pria dan 42,4 persen lainnya wanita.
Ada 21 persen pengguna yang memanfaatkan layanan cicilan di e-commerce, 30 persen menggunakan layanan pinjam tunai, dan 85 persen layanan bayar dalam 30 hari.
Yang menarik, kata Indina, pria lebih mendominasi bagian cicilan. Hal ini ditemukan bahwa ada 66,7 persen pengguna yang memanfaatkan layanan cicilan, sedangkan wanita hanya 33,3 persen. “ Dapat disimpulkan, pria mendominasi layanan cicilan ini dibandingkan wanita,” kata dia.
Studi itu, kata Indina, menemukan bahwa pria dan wanita melirik fesyen dan aksesori. Dari total pengguna pria, ada 39,3 persen yang membeli fesyen dan aksesori, 36,8 persen untuk gawai, dan 18 persen untuk rumah tangga.
Kalau dilihat dari total pengguna wanita, sebanyak 55 persen pengguna membeli fesyen dan aksesori, 41 persen produk kesehatan dan kecantikan, dan 26,2 persen perlengkapan rumah tangga.
Indina mengatakan, kalau dilihat dari total nilai belanja, kata Indina, kategori gadget dan aksesoris berada di peringkat pertama. Pembelian gadget oleh pria mencapai 51 persen dari keseluruhan nilai transaksi, sedangkan pembelian gadget oleh wanita mencapai 38 persen dari keseluruhan nilai transaksi.
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Penampilan Alya Zurayya di Acara Dream Day Ramadan Fest 2023 Day 6
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik