Urusan Belanja, Pria Lebih Suka Nyicil daripada Wanita

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 6 Maret 2019 17:13
Urusan Belanja, Pria Lebih Suka Nyicil daripada Wanita
Sejumlah studi bahkan menyebut pria lebih gahar berbelanja ketimbang wanita, termasuk dengan sistem cicilan.

Dream – Siapa bilang wanita selalu lebih doyan belanja ketimbang pria. Sejumlah studi bahkan menyebut pria lebih gahar berbelanja ketimbang wanita, termasuk dengan sistem cicilan.

Menurut keterangan tertulis Kredivo, Rabu 6 Maret 2019, beberapa studi yang dikutip dari Harvard Business Review menunjukkan pria memang cenderung lebih berani mengambil resiko daripada wanita, termasuk dalam hal keuangan. Perbedaan gender memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan resiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan.

“ Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga para pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman,” kata Head of Marketing Kredivo, Indina Andamari.

Indina mengatakan Kredivo merilis data tentang tren belanja awal 2019. Ada 50 ribu sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam kurun November 2018—Januari 2019. Ada 57,6 persen penggunanya adalah pria dan 42,4 persen lainnya wanita.

Ada 21 persen pengguna yang memanfaatkan layanan cicilan di e-commerce, 30 persen menggunakan layanan pinjam tunai, dan 85 persen layanan bayar dalam 30 hari.

Yang menarik, kata Indina, pria lebih mendominasi bagian cicilan. Hal ini ditemukan bahwa ada 66,7 persen pengguna yang memanfaatkan layanan cicilan, sedangkan wanita hanya 33,3 persen. “ Dapat disimpulkan, pria mendominasi layanan cicilan ini dibandingkan wanita,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Pria dan Wanita Lebih Melirik Fashion

Studi itu, kata Indina, menemukan bahwa pria dan wanita melirik fesyen dan aksesori. Dari total pengguna pria, ada 39,3 persen yang membeli fesyen dan aksesori, 36,8 persen untuk gawai, dan 18 persen untuk rumah tangga.

Kalau dilihat dari total pengguna wanita, sebanyak 55 persen pengguna membeli fesyen dan aksesori, 41 persen produk kesehatan dan kecantikan, dan 26,2 persen perlengkapan rumah tangga.

Indina mengatakan, kalau dilihat dari total nilai belanja, kata Indina, kategori gadget dan aksesoris berada di peringkat pertama. Pembelian gadget oleh pria mencapai 51 persen dari keseluruhan nilai transaksi, sedangkan pembelian gadget oleh wanita mencapai 38 persen dari keseluruhan nilai transaksi.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary