Profesi Ini Banyak Diburu Pencari Kerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 13 Desember 2018 17:15
Profesi Ini Banyak Diburu Pencari Kerja
Selamat ya jika kamu memiliki dua keahlian yang sedang banyak dibutuhkan perusahaan ini

Dream – Setelah lulus kuliah dan menyandang gelar diploma atau sarjana, tahap berikutnya yang harus dilalui para fresh graduate adalah mencari kerja. Bekerja di profesi sesuai ilmu yang digeluti selama jadi mahasiswa tentu jadi impian. 

Namun ada kalanya harapan tak sesuai kenyataan. Banyak para fresh graduate yang menerima pekerjaan pertama di luar bidang kuliahnya. 

Memilih pendidikan memang tak bisa sembarangan. Salah memilih bisa-bisa dunia kerja yang membutuhkan lulusan dari pendidikan tertentu ternyata sudah semakin berkurang.

Ica, seorang staf Costumer Care perusahaan pengembangan karier Jobstreet, mengungkapkan jika bidang teknologi saat ini tengah menjadi incaran perusahaan. Alasannya, perekonomian Indonesia mengarak ke ekonomi digital.

“ Dari segi industri, yang paling banyak diincar yaitu digital atau bidang technology based digital. Karena perekonomian kita sedang mengarah ke situ,” kata Ica di Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.

Tren itu tak lepas dari semakin banyaknya perusahaan konvensional yang beralih ke digital. Sebuat saja supermarket dan department store yang mulai memiliki fasilitas jual beli online.

Profesi kedua yang sedang jadi tren adalah bidang kreatif. Pekerjaan ini mengandung unsur kreatif, tantangan, dan kebebasan.

“ Milenial sangat suka diberikan kebebasan untuk berinisiatif dan kreatif, yang bisa berkontribusi,” kata Ica.

Ica berbagi tips agar pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Apa saja tipsnya?

1 dari 1 halaman

Ini, lho, Caranya

Menurut Ica, para pencari kerja atau mahasiswa perlu setidaknya menguasai dua hal sebelum terjun ke dunia kerja. Tanpa dua poin ini, peluang diterima oleh perusahaan incaran bisa kecil.

Dua hal itu adalah kecakapan mengenal diri sendiri atau kemampuan diri. Para pencari kerja juga disarankan untuk membaca dengan teliti info lowongan kerja. Jangan sampai kamu tak memperhatikan informasi tentang gaji maupun dan deskripsi pekerjaan.

“ Setelah melakukan dua hal itu, saya yakin pasti akan terpanggil oleh perusahaan,” kata Ica.

(Sah, Laporan: Mega Rasmiyanti)

Beri Komentar