Diajak Nikah, Wanita Ini Minta Mahar 2.300 Lembar Saham Bluechip

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 2 September 2019 09:36
Diajak Nikah, Wanita Ini Minta Mahar 2.300 Lembar Saham Bluechip
Apa saham yang dipilih dan berapa nilainya?

Dream – Bukan segelas air atau sepasang ikan cupang, pernikahan sepasang wanita di Solo ini mencuri perhatian karena pengantin pria memberikan mahar unik untuk sang calon istri. Mempelai wanita bernama Bellawati Dityasari mendapat mahar dari kekasihnya berupa ribuan lembar saham.

Perempuan asal Kartasura, Solo, ini menikah dengan mahar 2.300 lembar saham unggulan atau tenar disebut bluechips di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Dikutip dari Fimela, Minggu 1 September 2019, Bellawati menceritakan mahar pernikahannya diberikan sang suami R.M. Zaga Raditya Kusumaprabu. Ide memberikan saham sebagai mas kawin muncul ketika Bella bergabung dengan komunitas investor saham pemula dan mengikuti Kelas Pasar Modal yang diadakan BEI di Solo.

Dari pelajaran yang diterimanya selama ini, Bellawati meminta pada suami agar memberikan mas kawin di pernikahannya dalam bentuk saham, 

Dunia saham bukan hal baru bagi Zaga dan keluarganya yang memiliki background pendidikan akuntan. Tanpa banyak bertanya lagi, permintaan Bella dipenuhi kekasih yang kini telah menjadi suaminya.

“ Kami berdua merasa lebih cocok menggunakan saham karena memang sedang suka belajar investasi saham,” kata Bella kepada Fimela.

1 dari 4 halaman

Minta 1 Lot Diberi 23 Lot Saham Keping Biru

Awalnya, Bella mengajukan mahar saham dengan ketentuan mininal 1 lot saham bluechip. Sang calon suami ketika itu menyanggupi dan menambah permintaan itu menjadi 23 lot saham dengan total 2.300 lembar.

Saham-saham ini terdiri atas 100 lembar saham Indofood CBP Sukses Makmur senilai total Rp1,16 juta, 200 lembar Bank Mandiri senilai Rp1,48 juta, dan 2 ribu saham Sritex senilai Rp680 ribu.

Total mahar saham bluechips yang diberikan Zaga kepada Bella mencapai Rp3,32 juta.

Angka 23 dari lot saham yang dibeli Zaga memang sengaja disesuaikan dengan tanggal pernikahan mereka pada 23 Agustus 2019 lalu.

2 dari 4 halaman

Yakinkan Orang Tua

Tak semua orang paham tentang investasi saham. Bella pun mengakuinya. Dia juga menjelaskan kepada orang tua tentang konsep saham.

" Meyakinkan orangtua kita dengan suatu mahar yang antimainstream itu pasti sulit," kata dia.

Bella mengatakan dia tak terlalu berpikir lembar saham yang akan diberikan untuk mahar.

" Untuk jumlah sahamnya jangan terlalu berpikir sedikit atau banyaknya, karena sebaik-baiknya perempuan adalah yang meminta mahar sekecil-kecilnya dan sebaik-baiknya pria adalah yang bisa memberikan mahar sebesar-besarnya,” kata dia.

Bella mengharapkan mahar pernikahannya bisa menginspirasi anak-anak muda untuk mulai berinvestasi saham.

“ Investasi saham merupakan bagian dari financial planning untuk rumah tangga kami,” kata dia. 

3 dari 4 halaman

Pengantin Lain yang Sudah Melakukan Mahar Berupa Saham

Dream - Banyak benda yang bisa menjadi hadiah dari seorang pria ke calon istrinya. Mobil, cincin emas dan permata, rumah, hingga sejumlah benda berharga lainnya.

Namun pernahkah kamu mendengar seorang mempelai memberikan hadiah pada gadis pujaannya selembar sertifikat saham emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baru-baru ini seorang pria di Sumatera Utara memutuskan menjadikan saham sebagai hadiah pernikahannya. Kabar itu diunggah akun Instagram Bursa Saham Sumatera Utara @idx_sumut.

" Bertambah satu lagi Investor Sumatera Utara yang menggunakan saham sebagai Hadiah Pernikahannya. Selamat kepada kakak Rizki Annisa, S.TP & Muhammad Fadhli Lubis S.Kom," tulis IDX, Kamis, 18 Juli 2019.

Pernikahan hadiah saham© Instagram

4 dari 4 halaman

Saham Emiten Ini Dijadikan Mahar

Rizki dan Fadhli menggelar akad dan resepsi pernikahan pada 13 Juli 2019 di Padangsidimpuan. 

" Hadiah pernikahan 10 lot saham mayora (MYOR). Semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warrahmah. Amiin," tulis akun tersebut.

Pernikahan hadiah saham© Instagram

Pada perdagangan saham hari ini, saham Mayora Indah berada di level Rp2.110. Dengan asumsi harga itu, nilai hadiah berupa saham yang diberikan pemuda itu mencapai Rp2,11 juta.

Setahun sebelumnya, Direktur Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Erwin Febriansyah, dan Nekky Sulastri menikah dengan mahar saham. Pernikahan yang digelar 21 April 2018.

Erwin memberikan mahar saham senilai 21 lot yang dicetak melalui Phintraco Sekuritas.

Beri Komentar