Yayasan Amal Ini Sumbangkan Bitcoin Rp67 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 1 Januari 2018 14:02
Yayasan Amal Ini Sumbangkan Bitcoin Rp67 Miliar
Ternyata, bitcoin juga bisa digunakan untuk beramal.

Dream – Siapa yang tidak mengenal Bitcoin? Mata uang virtual ini ngehit tahun ini karena nilai tukarnya menembus angka ratusan juta rupiah.

Duit digital ini bahkan marak digunakan untuk alat tukar jual beli, misalnya beli mobil atau makanan ringan. Tapi, ada yang unik. Uang virtual ini juga digunakan untuk sumbangan.

Dikutip dari Business Insider, Senin 1 Januari 2018, organisasi amal, Pineapple Fund, berkomitmen mendonasikan bitcoin senilai US$5 juta (Rp67,75 miliar) kepada GiveDirectly, organisasi sosial untuk meningkatkan pendapatan di pedesaaan Kenya.

Pineapple Fund merupakan yayasan yang didirikan oleh jutawan bitcoin. Organisasi amal ini akan mendonasikan bitcoin senilai US$86 juta (Rp1,16 triliun) dari donatur bitcoin ke yayasan sosial, termasuk GiveDirectly.

Nantinya, GiveDirectly ini akan mengubah bitcoin ini menjadi uang tunai selama 12 tahun. Ada 120 desa yang akan mendapatkan bantuan tunai. Rinciannya 80 desa akan mendapatkan uang US$22 (Rp298.227) per bulan selama 12 tahun dan 40 lainnya juga menerima jumlah yang sama setiap bulan selama dua tahun.

Beri Komentar