Kisah Juara DIW 2022 Shafira Fitri Baraja: Tekad Kalahkan Keraguan

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 9 Maret 2022 07:12
Kisah Juara DIW 2022 Shafira Fitri Baraja: Tekad Kalahkan Keraguan
Ia berhak mendapatkan hadiah umroh gratis dari Dream.co.id.

Dream - Memang jodoh nggak kemana. Seperti itulah kira-kira ungkapan yang menggambarkan Shafira Fitri Baraja ketika dinobatkan sebagai juara utama Dream Inspiring Women (DIW) 2022 di acara Dream Day 2022 yang berlangsung pada akhir Februari 2022 lalu.

Shafira yang sudah mengetahui Dream.co.id sejak tiga tahun lalu, justru baru berkesempatan mengikuti event tahunan DIW pada tahun 2022. 

Keinginan kuat untuk mengikuti ajang DIW 2022 sempat membuat Shafira yang bakal mendapatkan hadiah umroh gratis, melawan tantangan di hadapannya. Keraguan untuk melanjutkan keikutsertaannya karena tantangan dari panitia DIW disingkirkan ketika melihat kembali dukungan yang diberikan lingkungan sekitarnya.

Shafira Fitri Baraja© Instagram.com/shabaraja

DIW 2022 yang digelar secara online ini memberikan tiga tantangan kepada para peserta yang berjumlah ratusan orang untuk bisa beratahan hingga lolos ke tahap selanjutnya. Setelah melalui proses verifikasi, peserta ditantang menciptakan video kreasi bertema inspirasi.

Lewat seleksi oleh panitia DWI, terpilih 50 peserta terbaik yang dinyatakan berhak melaju ke tahap selanjutnya.

1 dari 4 halaman

Prinsip Hidup dan Dukungan Kalahkan Keraguan

Shafira menjadi satu dari 50 peserta yang dinyatakan lolos ke tahap 50 besar. Di tahap inilah ujian keteguhan hati dara yang tinggal di Bandung diuji. 

Para peserta diwajibkan membuat video kreasi yang berisikan tentang " Hijaber Anti Hoax" . Dengan durasi maksimal tiga menit. Dengan buah pikiran originalnya, para peserta wajib menyampaikan idenya menangkal hoax lewat sebuah konten yang menarik.

Shafira Fitri Baraja© Instagram.com/shabaraja

" Semua challenge aku lakukan dengan happy karena aku dikasih full support sama suami, tapi challenge (pembuatan video hijaber anti hoax) itu paling challenging. Susah-susah gampang, tapi aku bertahan sampai akhir," kata Shafira saat mengungkapkan curahan hatinya di Instagram @shabaraja.

Namun semua pikiran yang mengganggu itu ditepisnya. Selain dukungan orang terdekatnya, Shafira kembali diingatkan oleh prinsip hidup yang selama ini dipegangnya. 

" Aku punya prinsip kalau aku harus selesaikan apa yang aku mulai," tegasnya.

Tekad kuat yang ternyata membawa buah manis bagi Shafira. Jelang penghujung Februari 2022, nama Shafira ditetapkan masuk sebagai 15 peserta terbaik dan berhak melaju ke tahap Grand Final DIW 2022. 

" Walau nggak bisa ketemu top 15 dan juri secara langsung, tapi tetap ada deg-degan. Tetap seperti berada di stage," kata hijaber kelahiran 19 Januari 1999 mengenang momen penjurian. 

2 dari 4 halaman

Jawaban yang maksimal

Dengan Dewan Juri masing-masing Pemimpin Redaksi Dream.co.id, Syahid Latif, juara 3 DIW 2019, Annisa Rahmah, serta selebriti sekaligus Puteri Indonesia 1996 Alya Rohali, antusiasme Shafira kembali menggelora menjalani final yang digelar Minggu, 27 Februari 2022.

Di grand final ini, 15 grand finalis mendapat masing-masing satu pertanyaan dari para juri dan diberi satu menit untuk menjawab.

Grand Final Dream Inspiring Women 2022© Dream.co.id/Dwi Ratih

Penilaian yang diambil pun mulai dari penampilan, bagaimana cara mereka menjelaskan apa yang dikatakan serta isi pemaparan yang disampaikan.

" Aku dapet question dari Mba Alya Rohali mengenai pendapat seorang ibu rumah tangga yang masih berhak dan perlu tidak untuk sekolah tinggi-tinggi? Aku selalu meyakini bahwa ibu adalah madrasah pertama bagi seorang anak jadi sekolah setinggi-tingginya bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan bagi perempuan khususnya ibu," jelas Shafira.

" Justru kita sangat berhak, ilmu apapun yang kita pelajari pasti berdampak baik dan bermanfaat untuk anak kita kelak," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Babak baru buat Shafira

Jawaban tersebut mengantarkan Shafira sebagai juara DIW 2022 dan menghantarkannya selangkah lebih dekat ke tempat paling diimpikan muslim seluruh dunia, Mekkah Al-mukarramah dan kota Rasulullah, Madinah.

Menggenggam gelar sebagai juara Dream Inspiring Women 2022, Shafira berharap bisa menjadikan DIW sebagai wadah untuk menampung minat dan bakat yang manfaatnya bisa dirisakan orang lain.

Grand Final Dream Inspiring Women 2022© Dream.co.id/Dwi Ratih

Menambah wawasan dan relasi menjadi salah satu penyemangat wanita yang berprofesi sebagai model ini untuk menjadi bagian dari DIW dan Dream.co.id.

Berkesempatan ngobrol santai bareng Shafira dan juara lainnya lewat Instagram Live, kamu bisa simak perbincangan kami lengkapnya di sini!

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

4 dari 4 halaman

NGOBRAS DREAM: Berkenalan dengan 3 Juara Dream Inspiring Women 2022 yang Penuh Bakat

Dream - Ajang Dream Inspiring Women (DIW) 2022 telah digelar Februari lalu. Dari ribuan peserta yang mendaftar, akhirnya terpilih tiga pemenang. 

Mereka adalah Shafira Barana sebagai juara pertama, Reka Pitaloka menjadi juara ke dua, dan Vita Septriana di posisi ke tiga. Ketiganya merupakan hijabers berbakat dan inspiratif. 

Selamat! Inilah Para Juara Dream Inspiring Women di Dream Day 2022

Lewat acara NGOBRAS pada tanggal 7 Maret 2022, ketiga pemenang diperkenalkan pada masyarakat Indonesia. Ketiga perempuan inspiratif ini memiliki kesibukannya masing-masing, namun tetap bisa menginspirasi dengan caranya masing-masing. 

Penasaran dengan cerita mereka? Yuk langsung tonton siaran ulang NGOBRAS di IGTV-nya Dreamcoid!

Beri Komentar