5 Cara Mencegah Batu Ginjal yang Alami dan Mudah Diterapkan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 16 Agustus 2019 06:12
5 Cara Mencegah Batu Ginjal yang Alami dan Mudah Diterapkan
Batu ginjal bisa dicegah sebelum terjadi dengan 5 cara alami berikut ini.

Dream - Batu ginjal menjadi salah satu penyakit ginjal yang umum terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan mineral dalam ginjal yang mengganggu kinerja ginjal dan menyebabkan rasa sakit pada saat Buang Air Kecil (BAK).

Gejala batu ginjal tidak langsung tampak begitu terkena penyakit ini. Bahkan penyakit ini tidak menunjukkan gejala pada beberapa tahun pertama.  Gejala justru muncul setelah batu ginjal menjadi lebih parah.

Rasa sakit pada bagian samping perut dan punggung menjadi tanda yang paling umum terjadi akibat penyakit yang satu ini. Selain itu, rasa sakit seperti terbakar saat kencing juga menjadi gejala batu ginjal dalam tahap yang lebih serius.

Untuk mencegah batu ginjal, bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan perawatan tubuh secara alami. Seperti 5 cara mencegah batu ginjal berikut ini.

1 dari 5 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Cairan yang Cukup

 Air Mineral

Cairan yang cukup dalam tubuh menjadi kunci utama untuk mencegah batu ginjal. Hal ini disebabkan karena cairan yang cukup akan membuat produksi urine dalam ginjal menjadi normal dan sistem ekskresi bisa melakukan pembuangan zat-zat tak penting dalam tubuh secara lancar.

Zat-zat tak penting dalam ginjal akan dibuang bersama urine, oleh sebab itu tubuh membutuhkan banyak air untuk memperlancar eksresi, sehingga tidak ada yang tertinggal dan mengendap dalam ginjal. Kurangnya produksi urin akan mempengaruhi konsentrasi garam dalam urin dan menyebabkan penumpukan mineral dalam ginjal.

Setidaknya minum 8 gelas air dalam satu hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal saja, cairan yang cukup akan memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Konsumsi Kalsium

 Susu Rendah Lemak

Cara mencegah batu ginjal selanjutnya ialah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Sebagian orang berpikir untuk menjaga kesehatan ginjal, harus menghindari makanan berkalsium karena batu ginjal disebabkan oleh penumpukan kalsium.

Faktanya, kekurangan kalsium justru dapat menyebabkan risiko batu ginjal semakin meningkat, tidak hanya itu risiko osteoporosis juga akan meningkat. Dan, perlu diketahui pula, kelebihan kalsium juga tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, konsumsi kalsium harus cukup sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian tubuh. Dan untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup, Sahabat Dream bisa mengonsumsi makanan seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak dan yogurt rendah lemak.

3 dari 5 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Mengurangi Konsumsi Garam

 Garam

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi dapat menyebabkan peningkatan risiko batu ginjal. Kandungan garam yang berlebihan dalam urin, dapat mencegah penyerapan kalsium dari urin ke darah dan membuat kandungan kalsium dalam urin meningkat, sehingga menyebabkan batu ginjal.

Mengurangi konsumsi garam dapat menjaga kadar kalsium dalam urin, sehingga dapat menurunkan risiko batu ginjal. Cara mencegah batu ginjal dengan mengurangi konsumsi garam dapat diterapkan melalui pengurangan konsumsi makanan berikut ini:
-    Makanan olahan
-    Sup kaleng
-    Sayuran dalam kaleng
-    Daging olahan
-    Makanan yang mengandung monosodium glutamate
-    Makanan yang mengandung sodium nitrat
-    Makanan yang mengandung baking soda

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Memperhatikan Konsumsi Makanan

Memperhatikan pola makan dan mengatur konsumsi makana menjadi salah satu cara mencegah batu ginjal yang alami dan efektif. Sama halnya seperti memperbanyak konsumsi kalsium dan mengurangi konsumsi garam, cara mencegah batu ginjal ini berkaitan dengan makanan.

 Makanan Sehat


Untuk menjaga kesehatan ginjal, Sahabat Dream bisa membatasi konsumsi makanan berikut ini:
-    Bayam
-    Cokelat
-    Ubi
-    Kopi
-    Kacang
-    Dan, masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang harus dikurangi.

Selain makanan di atas yang banyak mengandung oksilat, makanan yang mengandung protein hewani seperti daging sapi, ikan, dan jenis daging unggas, juga harus dikurangi karena dapat meningkatkan kadar asam dalam urin.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Obat Herbal

 Tumbuhan Herbal

Cara mencegah batu ginjal yang terakhir ialah mengonsumsi obat dan produk herbal yang aman. Salah satu tumbuhan herbal yang bermanfaat untuk mencegah batu ginjal ialah Chanca Piedra yang juga dikenal sebagai tanaman pemecah batu ginjal.

Selain rajin mengonsumsi produk herbal, Sahabat Dream juga dapat mencegah batu ginjal dengan menghindari konsumsi vitamin C yang berlebihan. Suplemen vitamin C yang banyak kita jumpai, dapat meningkatkan risiko batu ginjal, karena dapat mengendap dalam ginjal.

Kunci utama untuk mencegah batu ginjal ialah menerapkan gaya hidup sehat, diikuti dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang cukup. Apabila semua cara mencegah batu ginjal di atas dilakukan dengan baik ditambah dengan pola hidup sehat, tentu batu ginjal tidak akan menyerang tubuh kita. (mut)

Sumber: Healthline

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting