6 Cara Mengatasi Bibir Kering

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 26 Agustus 2019 14:36
6 Cara Mengatasi Bibir Kering
Terdapat berbagai macam faktor yang membuat bibir menjadi kering. Yuk simak cara mengatasi bibir kering berikut ini.

Dream – Semua orang tentu pernah mengalami bibir kering, baik wanita maupun pria. Apalagi pada saat puasa, bibir kering merupakan salah satu masalah paling umum terjadi.

Tidak jarang pula, bibir kering bisa berujung pendarahan, meski sedikit. Kondisi itu terjadi karena kulit yang berada di bibir cenderung lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya. Meskipun begitu, masalh bibir kering bisa diatasi ataupun dicegah dengan penanganan yang baik.

Bagi wanita, bibir kering bahkan menjadi momok menakutkan. Selain bisa munurunkan rasa percaaya diri, bibir kering membuat para wanita tidak bisa mengaplikasikan lipstik dengan sempurna.

Terdapat beberapa faktor yang membuat bibir menjadi kering, salah satunya karena tubuh mengalami dehidrasi. Bibir kering juga bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain terpapar matahari dan tubuh sedang sakit.

Nah, untuk mengatasi bibir kering, terdapat beberapa cara juga. Yuk simak informasi mengenai cara mengatasi bibir kering berikut ini:

1 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering: Banyak Minum

6 Cara Mengatasi Bibir Kering, Lakukan Hal Ini!© shutterstock

Cara mengatasi bibir kering yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan bibir kering adalah dehidrasi.

Untuk bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang, kalian tidak bisa sembarangan mengonsumsi minuman.

Air putih merupakan minuman terbaik dan teraman yang bisa kalian konsumsi setaip saat. Dengan mengonsumsi air putih yang banya, niscaya masalh bibir kering kalian akan segera teratasi.

Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam cara mengatasi bibir kering.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering: Menjaga Pola Makan

6 Cara Mengatasi Bibir Kering, Lakukan Hal Ini!© pixabay.com

Menjaga pola makan juga menjadi cara jitu mengatasi bibir kering. Beberapa jenis makanan memiliki kandungan yang mampu mengatasi masalah bibir kering.

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B. Nutrisi ini dikenal mampu membantu mengatasi masalah pada bibir kering serta pecah-pecah, terutama karena sinar matahari. Kalian bisa mendapatkan vitamin B pada makanan, seperti unggas, ikan, serta kacang-kacangan.

Makanan yang mengandung vitamin C juga bagus untuk mengatasi bibir kering. Vitamin C dikenal mengandung antioksidan sangat tinggi sehingga mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, serta sayuran hijau.

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga mampu mengatasi bibir kering. Asam lemak omega-3 memang dikenal memiliki segudang manfaat yang bagus bagi kesehatan, termasuk mengatasi bibir kering serta pecah-pecah.

Kalian bisa menemukan asam lemak omega-3 pada makanan, seperti ikan salmon, ikan mackerel, hingga telur ayam omega-3.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering: Menggunakan Lip Balm

6 Cara Mengatasi Bibir Kering, Lakukan Hal Ini!© pixabay.com

Cara lain mengatasi masalah bibir kering adalah dengan selalu menggunakan lip balm. Lip balm dibuat memang untuk melembapkan bibir.

Namun, ternyata manfaatnya tidak hanya itu saja, lip balm juga mampu melidungi bibir dari paparan sinar matahari ataupun udara kering.

Memang saat ini, lip balm merupakan salah satu benda yang bisa kalian temukan di meja rias maupun tas setiap wanita. Meskipun begitu, tidak jarang juga para pria menggunakan lip balm.

Pililah lip balm yang telah mengandung SPF. Kandungan tersebut bisa membantu bibir kalian terkena efek dari paparan sinar matahari. Tidak hanya itu saja, untuk hasil yang maksimal kalian juga bisa menggunakan petroleum jelly secara rutin setiap harinya.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering: Menggunakan Madu

6 Cara Mengatasi Bibir Kering, Lakukan Hal Ini!© shutterstock

Bagi kalian yang malas menggunakan petroleum jelly, cara mengatasi bibir kering juga bisa dengan menggunakan madu.

Madu sejak dari dulu telah dikenal secara efektif mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tubuh. Hal tersebut juga tidak luput dalam emngatasi masalah bibir kering serta pecah-pecah.

Madu merupakan salah satu pelembab alami yang mengandung nutrisi bersifat antibakteri. Selain mampu utnuk mengatasi masalah bibir kering, madu juga mampu membantu mengatasi masalah pada mulut.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering: Hindari Menjilat Bibir

Ini wajib kamu hindari. Jangan membasahi bibir dengan air liur.  menggigit bibir. Memang banyak orang yang membasahi bibir dengan air liur ketika terasa kering.

Namun cara tersebut justru bisa membuat bibir semakin kering serta pecah-pecah loh. Sebab, saliva atau air liur memiliki sifat cepat menguap.

Pada saat air liur tersebut mengering, sisa air liur yang menempel di bibir akan mengikis lapisan kulit. Jangan kaget, jika kalian nantinya akan mendapati bibir yang semakin kering dan pecah-pecah.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering: Hindari Makanan Pedas

6 Cara Mengatasi Bibir Kering, Lakukan Hal Ini!© shutterstock

Hindari makanan pedas dan asin. Makanan pedas dan asin membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Bahkan, tidak jarang menyebabkan luka di bagian bibir kalian.

Tidak hanya itu saja, kedua makanan ini juga bisa membuat tenggorokan kalian akan semakin terasa kering dan membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi.  Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan pedas dan asin dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Sumber: doktersehat dan hellosehat

Beri Komentar