7 Cara Mengobati Masuk Angin, Minum Obat hingga Istirahat yang Cukup

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Jumat, 22 Mei 2020 15:53
7 Cara Mengobati Masuk Angin, Minum Obat hingga Istirahat yang Cukup
Simak tips berikut ini

Dream - Di Indonesia, dikenal sebuah istilah masuk angin yang sering dirasakan banyak orang. Istilah “ masuk angin” sejak dulu diartikan sebagai sebuah kondisi tubuh yang merasa tidak enak badan. Padahal dalam dunia medis, tidak ada istilah “ masuk angin”. 

Sebenarnya, kondisi masuk angin adalah kondisi ketika seseorang merasakan berbagai gejala tak nyaman, seperti flu, demam, perut kembung, panas dalam, mual, hingga meriang. Biasanya hal ini terjadi saat seseorang terkena virus, terutama ketika sedang tidak fit.

Dilansir dari sehatq, cara mengatasi masuk angin sebenarnya berakar dari bagaimana seseorang bisa mendengarkan sinyal dari tubuh. Saat tubuh terasa tidak sehat, sebenarnya itu sinyal untuk beristirahat. Sebaiknya kamu meninggalkan rutinitas yang melelahkan dan rehat sejenak hingga merasa sehat. 

Berikut 7 cara mengobati masuk angin yang bisa kamu lakukan agar cepat sehat dan bugar kembali.

1 dari 3 halaman

Cara Mengobati Masuk Angin

4 Tips Mengolah Sayur Saat Ramadhan Untuk Menjaga Kadar Nutrisinya© MEN

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati masuk angin, berikut bisa kamu coba:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Ketika tubuh merasa kurang sehat, hal utama yang dibutuhkan tubuh adalah asupan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi. Makanan yang sehat akan membantu sel darah putih dalam melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh.

Pastikan asupan mineral dan vitamin tercukupi selama tubuh sedang tidak bugar. Pilihlah makanan yang bersifat alkali seperti sayur dan buah-buahan serta kurangi dulu makanan bersifat asam seperti daging, ikan, hingga alkohol.

2. Makan dengan Warna Beragam

Untuk mengobati masuk angin, kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan warna beragam. Semakin tinggi kandungan gizi dan fitonutriennya maka semakin baik untuk tubuh.

Hal ini membantu tubuh kembali bugar dan mempercepat proses pemulihan. Terlebih, saat sedang masuk angin nafsu makan bisa saja menurun drastis. Ketika mulai bisa makan, pilih yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh. 

 

2 dari 3 halaman

Cara Mengobati Masuk Angin

Ini yang Dilakukan Ketika Lupa Menghapus Makeup Sebelum Tidur© MEN

3. Banyak istirahat

Saat tubuh merasa kurang sehat, kamu bisa memperbanyak istirahat karena tubuh membutuhkannya. Pastikan waktu istirahatmu berkualitas dengan membuat ruangan senyaman mungkin.

Hindari menghabiskan waktu istirahat dengan bermain handphone karena akan membuat istirahatmu jadi tidak maksimal. Perlu diingat bahwa memaksakan diri beraktivitas hanya akan membuat proses penyembuhan semakin lama.

4. Hidrasi Tubuh dengan Baik

Saat kamu merasa masuk angin, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh dengan minum banyak air putih. Banyak minum air putih akan membantu meredakan gejala flu. 

Kamu juga bisa makan sup hangat, atau racikan air dengan lemon dan madu, atau teh hangat untuk membuat tubuh merasa lebih nyaman.

5. Minum obat

Setelah memenuhi kebutuhan gizi dan istirahat yang cukup, untuk mengobati masuk angin tak ada salahnya minum obat. Konsultasikan keluhanmu kepada dokter agar mendapatkan dosis obat yang sesuai. 

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Masuk Angin

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Untuk Cegah Corona© MEN

6. Belum Butuh Antibiotik

Tidak semua penyakit memerlukan antibiotik untuk mengatasinya. Ketika masuk angin, tubuh sebenarnya sedang memerangi virus dan bukan bakteri. Artinya, antibiotik bukan hal yang tepat untuk mengatasi masuk angin. Jadi lakukan cara lain untuk membuat tubuh lebih sehat.

7. Menjaga kebersihan 

Hal utama yang perlu kamu lakukan selain berbagai cara yang sudah disampaikan adalah dengan menjaga kebersihan. Lakukan kebiasaan cuci tangan dan menutup wajah jika bersin maupun batuk. 

Ketika kamu membiarkan tangan terpapar virus, bisa jadi virus akan menyebar ke bagian tubuh lain atau bahkan orang lain. Selain itu, jangan biarkan tisu bekas flu berserakan di kamarmu karena agar membuat kondisi kamar menjadi tidak sehat.

Beri Komentar