8 Manfaat Buah Naga untuk Anak, Solusi MPASI yang Menyehatkan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 17 Maret 2021 17:13
8 Manfaat Buah Naga untuk Anak, Solusi MPASI yang Menyehatkan
Buah naga cocok diberikan pada anak-anak karena memberikan manfaat yang sangat berlimpah. Apa saja manfaat itu?

Dream - Manfaat buah naga tidak hanya baik untuk kesehatan orang dewasa saja, tetapi juga menyehatkan bayi.

Buah naga menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia dengan bentuknya yang unik. Bahkan daging buahnya ada yang berwarna merah keunguan dan ada juga yang putih. Buah naga bukanlah buah asli Indonesia, melainkan dari Meksiko.

Kamu bisa mengonsumsi buah naga dengan berbagai bentuk olahan. Bisa dimakan langsung dengan dipotong-potong, dijus, dibuat kue, campuran salad, dan sebagainya.

Buah dengan kulit menyerupai sisik naga ini memiliki kandungan berupa vitamin B, C, kalsium, fosfor, antioksidan, serat, mineral, polifenol, fitonutrien, dan masih banyak lagi. Bahkan buah naga juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Jadi, cocok sekali untuk menjadi camilan menyehatkan setiap hari.

Buah naga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan yang menyehatkan untuk bayi, yakni untuk dijadikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Para ibu pastinya wajib tahu apa saja manfaat dari buah naga untuk bayi.

Berikut adalah rangkumannya yang telah dilansir Bola.com.

1 dari 8 halaman

Melindungi Anak dari Radikal Bebas

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Manfaat buah naga yang pertama adalah untuk melindungi si kecil dari serangan radikal bebas. Seperti diketahui bahwa radikal bebas ini sangatlah berbahaya karena bersifat merusak.

Untungnya buah naga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Di mana hal ini berfungsi untuk melindungi sel membran pada anak dari radikal bebas.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar memberikan buah naga pada anak untuk dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu, anak pun bisa terlindungi dari berbagai penyakit umum yang bisa menyerang kapan saja.

2 dari 8 halaman

Mendukung Perkembangan Otot dan Tulang Gigi Anak

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mendukung perkembangan otot serta tulang gigi pada si kecil. Tidak hanya itu saja, vitamin C juga berperan dalam membantu perkembangan pembuluh darah pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Bahkan keberadaan vitamin ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Mengingat usia anak-anak masih sangat rentan dengan serangan penyakit.

3 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Ginjal Anak

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal si kecil. Hal ini karena buah ini mempunyai kemampuan berupa detoksifikasi yang dapat membantu tubuh anak agar terhindar dari berbagai jenis racun yang membahayakan.

Dengan memberikan buah naga pada anak untuk dikonsumsi, maka ginjal anak pun akan lebih bersih dan sehat. Serta mampu menjaga saluran kemih agar selalu sehat.

4 dari 8 halaman

Mencegah Terjadinya Anemia

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Masa anak-anak kerap kali mengalami kesulitan untuk menyerap zat besi yang menyebabkannya mengalami anemia. Masalah kesehatan seperti ini bisa juga terjadi karena anak tidak memperoleh zat besi melalui penerapan pola makan yang cukup.

Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan buah naga yang ampuh untuk mencegah anemia pada anak. Karena buah naga sendiri mengandung zat besi serta vitamin C yang bisa mencukupi kebutuhan asupan zat besi anak setiap harinya.

5 dari 8 halaman

Melancarkan Pencernaan Anak

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Manfaat buah naga mampu untuk melancarkan pencernaan pada anak. Ini tidak terlepas dari sebuah penelitian yang menemukan bahwa buah naga adalah sumber prebiotik alami.

Di mana prebiotik alami memiliki peran penting untuk mendukung perkembangan bakteri baik di usus dan bisa melancarkan pencernaan. Buah naga juga kaya akan serat yang bisa menghindarkan anak dari sembelit.

6 dari 8 halaman

Membentuk Tulang Yang Kuat Pada Anak

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Buah naga mengandung beberapa mineral yang baik untuk anak. Diantaranya berupa potasium dan senyawa flavonoid serta fenolik. Senyawa-senyawa itulah yang bisa membantu untuk membentuk tulang yang kuat pada tubuh si kecil.

Jika si kecil diberikan buah naga secara teratur, maka hal ini akan menjaga dari adanya kecenderungan arthritis yang bisa terjadi di masa depan.

7 dari 8 halaman

Meningkatkan Berat Badan Anak Secara Sehat

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Anak-anak adalah masanya untuk meningkatkan berat bedan, tetapi harus dengan cara yang sehat. Manfaat buah naga membuktikan mampu untuk membantu menaikkan berat badan sang buah hati secara sehat.

Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi dan berfungsi untuk menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Sehingga, berat badan si kecil bisa naik dan dirinya tetap sehat.

8 dari 8 halaman

Melindungi Jantung Anak

Ilustrasi Buah Naga© Foto. pixabay

Manfaat buah naga yang terakhir adalah untuk melindungi jantung anak. Hal ini karena adanya kandungan berupa vitamin dan mineral yang bisa membuat jantung anak menjadi lebih kuat dan terlindungi.

Apalagi untuk kamu yang memiliki anak aktif. Maka jantungnya akan memiliki risiko terjadi gangguan. Dengan memilih buah naga untuk diberikan pada anak sebagai MPASI, maka bisa menjaga kondisi jantung anak tetap sehat.

Itulah beberapa manfaat buah naga yang sangat baik untuk mendukung kesehatan sang buah hati. Pastikan sahabat Dream tidak meninggalkan buah ini dalam makanan si kecil demi kesehatannya yang lebih baik.

Beri Komentar