9 Manfaat Vaksin bagi Tubuh Manusia, Bentuk Antibodi hingga Cegah Risiko Kematian

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 24 November 2021 17:34
9 Manfaat Vaksin bagi Tubuh Manusia, Bentuk Antibodi hingga Cegah Risiko Kematian
World Health Organisation (WHO) menyebutkan 2-3 juta jiwa terselamatkan tiap tahunnya di seluruh dunia sejak ditemukannya vaksin.

Dream - Manfaat vaksin sangat penting untuk mencegah penularan penyakit. Sebab vaksin bisa memberikan pertahanan dan perlindungan terhadap tubuh dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Selain itu, manfaat vaksin juga dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi.

Vaksin mengandung virus atau bakteri, baik yang masih hidup maupun yang sudah dilemahkan. Vaksinasi dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol).

Sejak vaksin ditemukan, sejumlah penyakit yang dulunya mematikan dan membuat kelumpuhan, kini menjadi sangat jarang hingga punah. World Health Organisation (WHO) menyebutkan dua hingga tiga  juta jiwa terselamatkan tiap tahunnya di seluruh dunia.

Salah satu kesuksesan vaksin yang paling besar adalah ketika WHO berhasil menghapuskan cacar dengan cara memperluas cakupan vaksinasi cacar hingga ke seluruh dunia pada 1956, hingga pada akhirnya pada 1980, cacar dinyatakan telah tereradikasi.

Lantas apa saja manfaat vaksin bagi tubuh? Simak ulasan selengkapnya berikut ini ya, Sahabat Dream.

1 dari 7 halaman

Manfaat Vaksin

1. Mencegah Penyebaran Penyakit

Manfaat vaksin bagi tubuh yang pertama adalah sebagai alat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

Seperti contoh kasus kematian bayi dan anak akibat wabah penyakit campak dan pertusis yang pernah menghantam dunia. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ditemukan vaksin untuk kedua penyakit tersebut.

2 dari 7 halaman

2. Mencegah Risiko Kematian dan Cacat

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat vaksin selanjutnya adalah kemampuannya untuk melindungi tubuh dari risiko cacat dan kematian. Hal ini karena pemberian vaksin terbukti dapat menurunkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit yang dapat mengakibatkan kematian maupun kecacatan. Sebagai contoh, pemberian vaksin cacar pada anak-anak dapat membantu mencegah mereka terjangkit cacar di kemudian hari.

Selain itu pula adanya pemberian vaksin campak dan rubela yang dapat membantu menurunkan risiko penularan virus tersebut dari ibu hamil kepada janin dalam kandungan maupun kepada bayi yang baru lahir.

3 dari 7 halaman

3. Hemat Waktu dan Biaya

Ilustrasi© Freepik.com

Manfaat vaksin yang tak kalah penting adalah bisa menghemat waktu dan biaya. Vaksin menjadi salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat suatu penyakit.

Pemberian vaksin dapat membantu seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan sakit berkepanjangan, yang tak hanya merugikan dari segi finansial namun juga waktu.

4 dari 7 halaman

Manfaat Vaksin Covid-19

Vaksin terbaru yang terbukti mampu mengatasi pandemi virus corona adalah vaksin Covid-19. Kamu tidak usah khawatir, Sahabat Dream, karena vaksin COVID-19 sudah dinyatakan aman oleh BPOM serta dinyatakan halal oleh MUI, meski memiliki beberapa efek samping.

4. Membentuk Respons Antibodi

Manfaat vaksin COVID-19 adalah kemampuannya menciptakan respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok. Sementara sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

5 dari 7 halaman

5. Cegah Infeksi Virus Corona

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat vaksin COVID-19 yang selanjutnya adalah mampu mencegah virus corona masuk ke tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2.

6. Menghentikan Virus

Manfaat vaksin COVID-19 yang tak kalah penting adalah menghentikan penyebaran virus ke seluruh tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus COVID-19 masuk ke tubuh.

6 dari 7 halaman

7. Menurunkan Risiko Keparahan dan Kematian

Vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus corona. Maka dari itu, kamu yang terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil. Jika seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Alhasil, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

8. Terbentuknya Herd Immunity

Manfaat vaksin Covid-19 selanjutnya bisa membentuk herd immunity. Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus corona sangat kecil.

Jika diberikan secara massal, vaksin ini juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Hal ini berarti, orang yang belum bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

7 dari 7 halaman

9. Meminimalkan Dampak Ekonomi dan Sosial

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti semula.

Beri Komentar