Bahaya Obat Anti Nyamuk untuk Anak

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 4 Mei 2017 18:30
Bahaya Obat Anti Nyamuk untuk Anak
Obat nyamuk yang ada di pasaran menimbulkan efek buruk mulai dari gangguan pernafasan hingga memicu kanker.

Dream - Orang tua selalu menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Termasuk dalam memilih obat nyamuk agar terhindar dari gigitan serangga.

Selama ini, penggunaan obat nyamuk bakar dianggap bisa menyebabkan iritasi hingga infeksi saluran pernapasan. Namun ternyata, obat nyamuk oles dan semprot juga menimbulkan efek yang sama.

Terlalu sering menggunakan obat nyamuk bakar juga bisamemicu kanker. Dilansir dari Time, dichlorovynil dimetyl phosfat yang ada dalam obat nyamuk dapat menimbulkan kerusakan pada sistem saraf dan memicu kanker bila terpapar dalam jangka waktu yang lama.

Zat kimia aktif diethyltoluoamide (DEET) dalam obat nyamuk termasuk lotion juga berbahaya karena dapat menyebabkan alergi kulit, iritasi, eritema (kemerahan kulit) dan bahkan kanker kulit apabila penggunaan DEET di atas 30 persen.

Sedangkan penggunaan obat nyamuk semprot juga tak kalah berbahaya karena  mengandung pestisida. Obat nyamuk semprot meningkatkan risiko leukemia (kanker darah) atau limfoma (kanker getah bening) pada anak-anak.

 Shutterstock© dream.co.id

Temuan ini berdasarkan penelitian Harvard T.H. Chan School of Public Health dengan mengkombinasikan data dari 16 studi pendahuluan. Data itu membandingkan paparan pestisida pada anak-anak yang terkena leukemia atau limfoma serta yang tidak terkena. Penelitian ini mencacah level insektisida dan herbisida (pembunuh gulma) di dalam rumah, di halaman, dan di luar rumah.

Hasilnya,  47 persen anak-anak yang terpapar insektisida di dalam rumah lebih mungkin terkena leukemia dan 43 persen lebih mungkin terkena limfoma. " Ingat bahwa pestisida didesain dan diproduksi untuk membunuh makhluk hidup," kata kepala peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health Boston, Massachusetts, Chensheng Lu, kepada Live Science.

Hasil temuan tentang obat nyamuk ini pasti membuat para orang tua risau. Namun membiarkan anak tersiksa digigit nyamuk tentu bukan hal yang bijak. Berjaga semalaman saat anak tidur juga bukan solusi yang tepat.

 BabyGo© dream.co.id

Untunglah ada BabyGo Slap Mosquito Repellent Bracelet. Obat nyamuk berbahan dasar 100 persen minyak alami tumbuhan pengusir nyamuk, tanpa kandungan berbahaya dan tanpa DEET.

Wadahnya menggemaskan dengan bentuk seperti gelang tangan dengan warna-warni yang cerah dan menarik. Diisi dengan natural oil yang berbentuk polymer khusus, gelang anti nyamuk BabyGosecara perlahan akan mengeluarkan aroma yang efektif mengusir nyamuk. Satu polymer isi ulang ini dapat bertahan selama 15 hari.

Sahabat Dream, lindungi buah hatimu dengan BabyGo Slap Mosquito Repellent Bracelet. Tersedia kemasan isi ulangnya.

 BabyGo© dream.co.id

Beri Komentar