16 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat, Alami dan Mudah di Rumah

Reporter : Sugiono
Rabu, 27 Maret 2019 14:14
16 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat, Alami dan Mudah di Rumah
Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, alami, dan mudah yang bisa dilakukan di rumah adalah melakukan olahraga teratur atau mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Dream - Pemeriksaan tekanan darah atau hipertensi sangat penting dilakukan secara teratur. Tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat.

Tekanan darah tinggi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, keturunan (genetik), ataupun keduanya.

Tekanan darah yang terlalu tinggi tersebut diyakini bisa langsung meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung.

Karena itu, mereka yang menderita masalah ini berusaha mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, alami, dan mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, alami, dan mudah yang bisa dilakukan di rumah adalah melakukan olahraga teratur atau mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Dengan menggunakan cara menurunkan tekanan darah tinggi tersebut, diharapkan risiko terserang penyakit kardiovaskular bisa berkurang. Lebih bagus lagi jika cara menurunkan tekanan darah tinggi ini memberikan kesembuhan.

Selama ini banyak yang menganggap kalau tekanan darah tinggi hanya disebabkan oleh makanan yang tidak sehat seperti kaya garam dan minyak. Padahal ada penyebab lainnya yang sering kali tak disadari dan disepelekan.

Tiga pemicu tekanan darah tinggi ini, meski sering diabaikan, ternyata efeknya bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

Gula Berlebihan

Bukan hanya garam, gula juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Terutama gula yang berbentuk cairan dalam minuman kemasan. Orang-orang yang mengonsumsi banyak gula dalam makanan diketahui mengalami peningkatan yang signifikan dalam level tekanan darahnya. Jadi, batasi juga konsumsi gula harian.

Kesepian

Ini bukan hanya tentang jumlah teman yang kamu miliki. Tetapi juga bagaimana hubungan yang terbentuk dengan pasangan, kerabat dan teman. Tekanan darah orang yang kesepian dalam sebuah penelitian naik lebih dari 14 poin. Untuk itu, pastikan kamu tak merasa kesepian agar tidak mengalami tekanan darah tinggi. Cari aktivitas positif yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Tidak Cukup Kalium

Ginjal membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium untuk menjaga jumlah cairan yang tepat dalam darah. Jika kamu makan menu rendah garam, tapi tekanan darah masih tinggi mungkin harus memperbanyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak, atau ikan. Kalium bisa didapatkan dengan mengonsumsi pisang, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Melihat begitu dahsyatnya efek dari tiga pemicu tersebut, maka Sahabat Dream perlu tahu cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, alami, dan mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Normalnya, tekanan darah pada orang yang sehat berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Tapi bagi yang menderita tekanan darah tinggi, kondisi tekanan darahnya bisa mencapai 140/90 mmHg.

Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, alami dan mudah yang bisa dilakukan di rumah, yang dilansir dari Liputan6.com, 26 Maret 2019.

16 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat, Alami dan Mudah di Rumah

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Alami

1. Berolahraga

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang alami adalah dengan melakukan olahraga. Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu, dapat menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi secara perlahan namun pasti. Mengapa harus teratur dilakukan? Alasannya adalah karena jika berhenti berolahraga, maka tekanan darahmu akan meningkat kembali.

Bentuk olahraga yang mungkin bisa dicoba untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. Dengan menggabungkan latihan kardiovaskular (seperti berlari maupun berenang), ternyata dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan memperbaiki efisiensi jantung. Kombinasi tersebut akan mengurangi tekanan darah kamu.

2. Menjaga Berat Badan

 Menjaga berat badan sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan mudah adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Artinya, berat badan yang yang sesuai dengan tinggi badan. Menjaga berat badan yang sehat sesuai tipe tubuh dapat membantu menjaga tekanan darah. Oleh karena itu, cara menurunkan tekanan darah tinggi yang alami adalah dengan membuang berat badan berlebih.

3. Mengurangi Konsumsi Garam

Cara menurunkan tekanan darah tinggi pada wanita hamil adalah mengurangi konsumsi garam. Salah satu penyebab tingginya tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebih. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan darah tinggi, kamu harus mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari sekitar satu sendok teh garam per hari.

4. Diet Sehat

Cara menurunkan tekanan darah tinggi keempat adalah dengan mengonsumsi makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan kolesterol.

5. Berhenti Merokok

 Berhenti merokok bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi pada pria dan wanita adalah berhenti merokok. Setiap batang rokok dapat berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah lho. Oleh karena itu, berhenti merokok akan membantu dalam menurunkan tekanan darah.

6. Beraktivitas di Luar Ruangan

Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami lainnya adalah dengan beraktivitas di luar ruangan sehingga kulit kamu terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ditemukan bahwa ketika kulit terkena sinar matahari, reaksi kimia tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

Itulah beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami yang perlu Sahabat Dream ketahui.

1 dari 1 halaman

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Makanan

Selain dengan melakukan berbagai aktivitas, ada cara menurunkan tekanan darah tinggi yang mudah seperti mengonsumsi makanan penurun darah tinggi. Berikut ini adalah deretan makanan penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan mudah.

7. Yogurt

 Amankah Mengkonsumi Yoghurt Saat Puasa?

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang enak adalah dengan mengonsumsi yogurt. Kekurangan kalsium adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Nah, untuk itu, kamu perlu untuk menambahkan kalsium ke dalam asupan. Salah satu makanan yang kaya akan kalsium adalah yogurt. Selain itu, probiotik dalam yogurt juga dapat menjadi makanan penurun darah tinggi seperti yang ditemukan pada beberapa penelitian.

8. Susu Skim

Cara menurunkan tekanan darah tinggi bisa juga dengan susu skim. Selain yogurt, susu skim juga mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, susu skim mengandung lemak rendah yang juga diperlukan sebagai salah satu minuman dan makanan penurunan darah tinggi.

9. Kentang

 Menguak Manfaat Kentang untuk Kecantikan

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, alami, dan mudah adalah dengan mengonsumsi kentang. Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung kalium dan magnesium tinggi. Kedua mineral ini mampu menurunkan tekanan darah.

Kentang juga memiliki kandungan serat yang kamu perlukan. Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun darah tinggi, sebaiknya kamu mengonsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

10. Pisang

Cara menurunkan tekanan darah tinggi bisa dengan mengonsumsi buah pisang. Ya, buah pisang selain murah meriah juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, sehingga dapat membantu kamu dalam menurunkan tekanan darah.

11. Sayuran Hijau

Cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau. Selain pisang, sayuran hijau seperti bayam, kale, lobat hijau, sawi, dan lainnya juga mengandung kalium tinggi. Terlebih lagi, sayuran hijau juga mengandung kalsium yang juga berguna sebagai makanan penurun darah tinggi. Setengah cangkir bayam matang mampu memberikan 12% dari kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

12. Buah Berry

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi buah berry. Buah-buahan kelompok berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu sebagai makan penurun darah tinggi. Kamu bisa menambahkan blueberry, raspberry, dan strawberry pada yogurt atau sereal pagi kamu.

13. Ikan

 Hukum Mengonsumsi Ikan Yang Memakan Kotoran

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat adalah rutin mengonsumsi ikan. Manfaat ikan terhadap tekanan darah ini juga telah diteliti. Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal menyebutkan bahwa makan ikan berlemak, seperti salmon, sebanyak tiga kali seminggu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah diastolik selama lebih dari delapan minggu.

Para peneliti mengatakan bahwa banyak penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang terkandung di ikan memiliki efek penurun tekanan darah. Kamu bisa memasak ikan dengan cara mengoleskan minyak zaitun dan tambahkan dengan lada hitam, lalu panggang ikan sampai matang.

14. Buah Bit

Cara menurunkan tekanan darah tinggi lainnya adalah dengan buah bit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat yang secara alami ditemukan dalam buah bit mampu menjadi salah satu sumber makanan penurun darah tinggi.

15. Cokelat

 Cokelat Bisa Bantu Kembalikan Ingatan Yang Hilang

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang enak dan mudah adalah dengan mengonsumsi cokelat. Mengonsumsi cokelat yang kaya akan flavonoid (biasa ditemukan pada dark chocolate) ternyata dapat membantu kamu dalam penurunan tekanan darah tinggi.

Kandungan flavonoid dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah, hasilnya dapat menurunkan tekanan darah, seperti dijelaskan dalam penelitian lain. Semakin tinggi kandungan kakao dalam produk cokelat (sebanyak 70% kakao), semakin baik untuk kesehatan kamu.

16. Oatmeal

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang mudah adalah dengan mengonsumsi oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, sehingga dapat membantu kamu sebagai makanan penurun darah tinggi. Sarapan dengan oatmeal adalah ide bagus sebagai makanan pertama kamu sebelum menjalani hari. Jika kamu merasa rasa oatmeal terlalu hambar, bisa menambahkan buah segar atau sedikit madu.

Demikianlah cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, alami, dan mudah yang bisa dilakukan di rumah. Cukup simpel dan sederhana, bukan? Semoga cara menurunkan tekanan darah tinggi ini bisa bermanfaat.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Rizky Mandasari)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup