Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Simple

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 27 Agustus 2019 14:12
Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Simple
Saat ini penyakit insomnia menjadi kerap melanda sebagian besar orang. Yuk kenali cara mengatasi insomnia secara efektif dan mudah berikut ini.

Dream – Siapa nih yang sering mengalami Insomnia? Pengidap insomnia biasanya akan kesulitan tidur bahkan sering kali begadang. Kalaupun tidur, mereka hanya akan terlelap sesaat dan bangun hingga pagi hari.

Penelitian dari organisasi kesehatan PBB, World Health Organization (WHO) menunjukan setidaknya terdapat 27 persen orang responden mengaku mengalami insomnia. Penderita insomnia lebih banyak perempuan daripada laki-laki.

Perempuan lebih rentan mengalami insomnia karena mereka lebih sensitif terhadap perubahan apapun. Perempuan lebih mudah mengalami kecemasan berlebihan dan itu menjadi salah satu penyebab gangguan tidur.

Insomnia sendiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak bahkan hanya untuk tidur sekalipun. Pada umumnya, insomnia kan terjadi pada seseorang jika mereka akan melakukan tidur di malam hari. 

Sering kali kalian menjumpai seseorang yang mengalami insomnia sering terlihat kelelahan terutama setelah bangun tidur. Tentu ganguan tidur ini akan menyiksa kamu yang harus beraktivitas di pagi harinya.

Untuk itu, perlulah kalian untuk mengetahui cara mengatasi insomnia yang mudah untuk dilakukan. Yuk simak informasi lengkapnya sebagai berikut ini.

1 dari 5 halaman

Rutin Berolahraga

 Teruji Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah dengan berolahraga secara teratur. Selain bisa menyehatkan tubuh, berolahraga secara rutin juga bisa mengatasi gangguan kesulitan tidur atau insomnia yang kalian alami loh.

Dengan aktivitas fisik ini sistem peredaran darah menjadi lancar, mempercepat metabolisme hingga mampu untuk mengurangi stress.

Kondisi tersebut mampu membuat tubuh menjadi lelah dan kalian akan merasakan mengantuk yang lebih cepat. Kalian bisa melakukan olahraga kecil jika memang tidak menyukai jenis olahraga berat.

Lakukanlah setidaknya 30 menit setiap harinya dan usahakan berolahraga di bawah sinar matahari pagi.

2 dari 5 halaman

Mendapatkan Sinar Matahari

 Teruji Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup bagi tubuh kalian merupakan salah satu cara mengatasi insomnia loh. Tentu imbauan ini tak lantas membuat kamu lupa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terlalu terik. 

Kalian bisa berjemur setidaknya selama 5-10 menit di bawah sinar matahari pagi. Waktu yang ideal untuk bisa mendapatkan sinar matahari yang bagus adalah pada pukul 6 pagi hingga pukul 8 pagi.

Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari pagi mampu memberikan asupan vitamin D bagi tubuh kalian. Jangan lupakan juga, sinar matahari pagi bisa mengatur kembali jam biologis kalian yang kacar termasuk mengatur jam tidur kalian.

3 dari 5 halaman

Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

 Teruji Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu yang paling penting dalam cara mengatasi insomnia. Kondisi kamar teutama tempat tidur yang nyaman dan bersih mampu membuat tidur kalian menjadi lebih berkualitas dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Hindari menggunakan bantal yang terlalu keras dan kecil. Gunakan bantal yang cukup nyaman untuk digunakan bagi kalian.

Kamar yang memiliki cahaya redup juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan membuat kalian lebih cepat terlelap. Memang, tidak semua orang bisa tertidur dalam kondisi kamar yang gelap. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kalian untuk mencoba agar insomnia yang kalian derita bisa teratasi.

4 dari 5 halaman

Hindari Mengonsumsi Kafein

 Teruji Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah menghindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Sudah banyak diketahui jika kafein merupakan salah satu bahan adiktif yang bisa diandalkan untuk mengatasi rasa kantuk.

Nah jika kalian menderita insomnia sebaiknya kurangi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Jangan khawatir, kalian masih bisa kok untuk tetap menikmati sensasi mengonsumsi minuman berkafein. Akan tetapi, setidaknya aturlah kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh kalian.

Untuk mencegah terjadinya insomnia, kalian bis amnegonsumsinya setidaknya 4 jam sebelum memasuki jam tidur kalian. Hal tersebut agar efek dari kafein bisa berkurang pada saat kalian akna beranjak tidur.

5 dari 5 halaman

Hindari Banyak Mengonsumsi Makan Malam

 Teruji Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Menghindari mengonsumsi makna malam secara berlebihan juga akan membantu kalian dalam cara mengatasi insomnia. Dengan mengonsumsi makan malam yang berlebihan anntinya akan membuat perut menjadi terisi penuh.

Kondisi ini akan mengakibatkan kalian menjadi kesulitan untuk tidur sebab perut terasa penuh bahkan hingga menimbulkan rasa perih.

Rasa perih yang dirasakannya tersebut merupakan kondisi dimana asam lambung yang naik hingga ke tukak lambung. Kebiasaan setelah makan langsung merebahkan diri di kasur inilah penyebab utama yang kerap dilakukan oleh sebagian besar orang. Kalian bisa makan malam setidaknya 2-4 jam sebelum memasuki jam tidur kalian. Jangan lupa juga untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makan malam kalian.
 
 
 
(Sumber: hellosehat dan doktersehat)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone