Tips Membuat Anak Lebih Ekspresif dan Percaya Diri

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 3 Juli 2020 06:12
Tips Membuat Anak Lebih Ekspresif dan Percaya Diri
Penting untuk memperkaya pengalaman anak.

Dream - Kepercayaan diri sangat penting bagi anak untuk bisa bersosialisasi dan meraih mimpinya. Namun, tidak semua anak bisa memiliki kepercayaan diri yang besar di masa kecil mereka.

Di era media sosial yang seringkali terjadi kasus bully, kepercayaan diri seorang anak bisa meluntur. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, orangtua bisa mulai memperkaya pengalaman anak.

“ Sebelum bisa berekspresi dan percaya diri, dilihat dulu, apakah anak sudah menerima cukup banyak informasi, peristiwa dan pengalaman atau belum,” tutur Dian Nirmala, Psikolog Anak dan Pendidikan dalam webinar kampanye #UngkapkanDenganOreo, baru-baru ini.

Ketika sudah memiliki pengalaman cukup banyak dan mengalami jatuh bangun dalam percobaan, biasanya anak akan lebih percaya diri.

 

1 dari 1 halaman

Biarkan anak berkreasi dan berikan apresiasi

 Bermain dengan Anak© Shutterstock.com

Pengalaman ini juga bisa membuat anak lebih terbuka untuk bercerita apapun kepada orangtua tanpa harus dipancing terlebih dahulu.

“ Kadang, anak nggak mau dipancing. Cukup berikan ruang untuk menambah pengalaman brekspresi. Selanjutnya, kita evaluasi apa yang anak rasakan, dapatkan dan apa yang berkesan,” jelasnya.

Untuk melatih kreativitas dan menambah pengalaman, orangtua bisa mengajak anak bermain atau membiarkan barang di rumah tergeletak agar dimainkan.

“ Biarkan barang tergeletak dan rumah berantakan. Lihat apa kreasi yang bisa dilakukan si kecil. Jangan lupa berikan apresiasi ketika anak berhasil. Kalau sudah kasih penghargaan ke anak, anak pasti merasa berharga dan bisa,” tutupnya.

Beri Komentar