Nasib Wanita Ini Berubah Drastis Usai Kirim Meme ke Perusahaan yang Tolak Lamaran Kerjanya

Reporter : Nabila Hanum
Senin, 8 Agustus 2022 09:48
Nasib Wanita Ini Berubah Drastis Usai Kirim Meme ke Perusahaan yang Tolak Lamaran Kerjanya
Banyak orang tidak percaya balasan yang bernada bercanda dan tidak formal itu malah membuat nasibnya berubah.

Dream - Menjadi seorang jobseeker atau pencari kerja memang butuh kesabaran. Apalagi jika yang didapat adalah email penolakan.

Meski begitu, banyak pakar dan mentor karier menyarankan agar para pelamar menunjukkan sikap profesional saat mencari pekerjaan, termasuk ketika permohonan kerja tidak diterima.

Pelamar diharapkan untuk membalasnya dengan sopan dan memberikan ucapan terima kasih. Tapi tampaknya aturan itu tidak berlaku bagi wanita berikut ini.

1 dari 4 halaman

Alih-alih mengirim balasan terima kasih, wanita ini malah mengirim meme kepada perusahaan yang menolaknya yang jauh dari kesan formal. Siapa sangka, meme yang ia kirim justru membuatnya mendapat kesempatan wawancara.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @swedishswan, wanita tersebut membagikan pengalaman uniknya melamar kerja. Ia melakukan hal yang tidak biasa saat mendapat surat penolakan atas lamaran kerjanya.

Ketimbang mengucapkan terima kasih atas informasi penolakan itu, ia malah mengirimkan sebuah meme. Karena selera humornya tampaknya perusahaan itu berubah pikiran.

2 dari 4 halaman

" Aku sangat menginginkan pekerjaan ini jadi aku mengambil pelajaran dari Gen Z dan aku membalasnya dengan ini (meme)," katanya.

Tak disangka, meme bertuliskan " y tho" yang bisa diartikan " tapi kenapa?" itu malah mendapat respon positif.

" Mereka lalu mengirim email lagi berkata mereka sebenarnya sekarang ingin mewawancaraku. Aku tidak percaya itu berhasil," ujarnya sambil tertawa.

3 dari 4 halaman

Banyak orang tidak percaya balasan yang bernada bercanda dan tidak formal itu malah membuatnya paling tidak selangkah lebih dekat dari diterima kerja.

Pengalaman uniknya mendapat berbagai komentar, termasuk dari rekruiter yang mengakui jika cara itu kadang memang bisa berhasil.

" Sebagai rekruiter, jika seseorang mengirimkan itu padaku, aku benar-benar jadi mau mewawancarainya," tulis seorang warganet, dikutip dari Newsweek.

Sayangnya, di video berikutnya wanita tersebut mengungkapkan bila ia kembali tak lolos wawacara di perusahaan tersebut.

Beri Komentar