Bersedekah Merupakan Cara Mendekatkan Diri kepada Allah, Ini Doa dan Manfaatnya

Reporter : Arini Saadah
Senin, 8 Agustus 2022 11:45
Bersedekah Merupakan Cara Mendekatkan Diri kepada Allah, Ini Doa dan Manfaatnya
Tak melulu dengan harta, dersedekah bisa dilakukan dengan banyak cara.

Dream - Bersedekah adalah amalan yang memiliki pengertian sangat luas. Tak hanya sebatas materi, bersedekah mencakup semua perbuatan baik yang dilakukan dengan tulus. Dengan begitu, manfaat sedekah dirasakan oleh banyak orang.

Bersedekah merupakan praktik yang sudah banyak dilakukan masyarakat. Bahkan kini sedekah telah banyak diorganisir suatu lembaga atau komunitas, sehingga memudahkan orang-orang yang akan melakukannya.

Dalam Islam, bersedekah menjadi sumber keharusan moral dan sebagai wujud iman serta kepatuhan hamba kepada Allah Swt.

Berbeda dengan zakat, manfaat bersedekah tentu lebih banyak karena tidak terikat aturan dan waktu. Bersedekah bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari memberikan barang, harta, tenaga, tersenyum kepada orang lain, memberi nasehat yang baik, mengambil batu di tengah jalan, membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon dan lain sebaginya.

Tak perlu menunggu kaya, bersedekah bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana. Rasulullah SAW bersabda: “ Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu,” (HR Bukhari)

Berikut Dream rangkum dari berbagai sumber tentang bersedekah merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dan penjelasan doa serta manfaatnya bagi manusia.

1 dari 5 halaman

Sedekah Sebagai Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

Tak hanya bermanfaat bagi orang lain, bersedekah juga merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain memperbanyak dzikir dan sholat, kamu juga perlu bersedekah agar semakin dekat dengan Sang Pencipta.

Mengutip dari laman baznas.go.id, sedekah diambil dari bahasa Arab yaitu 'shadaqah', berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti 'kebenaran'. Masih dari sumber yang sama, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat dengan tujuan kemaslahatan umum.

Amalan ini sanga dicintai oleh Allah SWT, terbukti dengan banyaknya ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang sedekah.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Ibrahim ayat 31.

" Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, 'Hendaklah mereka melaksanakan sholat, menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada lagi jual beli dan persahabatan.”

Bersedekah merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah yang tak boleh diabaikan. Mengeluarkan sedekah bisa mencegah kemungkaran dan membantu sesama manusia yang sedang kesusahan. Dalam Surat At-Taubah ayat 99, Allah SWT berfirman, " Apa yang dinafkahkan di jalan Allah itu menjadi jalan mendekatkan diri kepada Allah SWT."

2 dari 5 halaman

Manfaat Bersedekah Menurut Hadis

Ilustrasi© Pexels.com

1. Menghapuskan Dosa-dosa

Manfaat bersedekah dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah diperbuat. Manfaat bersedekah ini bukan hanya omong kosong belaka, melainkan berdasarkan hadis Rasulullah SAW. Tentu saja dengan catatan harus diikuti dengan bertaubat kepada Allah atas segala khilaf yang telah dilakukan.

Beliau SAW bersabda, “ Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi yang dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)

2. Mengurangi Kepedihan Sakaratul Maut

Bersedekah juga dapat mengurangi kepedihan ketika sakaratul maut. Dengan harapan kita bisa dicabut nyawanya oleh Allah Swt dalam keadaan khusnul khatimah.

Rasulullah SAW mengajak kepada umatnya untuk memperbanyak sedekah. Syukur-syukur bisa menjadikan aktivitas sedekah sebagai rutinan.

Rasulullah Saw bersabda, “ Sedekah bisa meredakan kemarahan Allah dan menangkal (mengurangi) kepedihan sakaratul maut.” (Hadis ini tercatat dalam buku Fiqh Sunnah karangan Sayyid Sabiq)

3 dari 5 halaman

3. Membuka Pintu Rezeki

Rutin bersedekah dapat membuka pintu rezeki dari arah mana saja. Semakin banyak bersedekah, maka semakin banyak pula rezeki yang akan diterima. Bersedekah tidak akan mengurangi harta yang kita miliki, sebaliknya malah akan menjadi jalan masuknya rezeki dari Allah SWT.

Rasulullah Saw bersabda, “ Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)

 

4. Melipatgandakan Rezeki

Tidak hanya membuka pintu rezeki, manfaat bersedekah juga akan melipatgandakan rezeki dari arah yang tak terduga. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 261.

" Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."

 

5. Terhindar dari Siksa Api Neraka

Bersedekah bisa menjauhkan kaum Muslim dari pedihnya siksa api neraka. Semakin banyak bersedekah, maka semakin jauh terhindar dari pedihnya azab di neraka.

Rasulullah SAW mengabarkan manfaat bersedekah yang satu ini melalui hadisnya:

“ Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma." (Mutafaqun ’alaih)

4 dari 5 halaman

Doa Agar Dimudahkan dalam Bersedekah

Ilustrasi© Shutterstock.com

Tidak hanya dengan harta, sebenarnya sedekah bisa dilakukan dengan banyak hal baik. Namun demikian, kita diwajibkan bersedekah karena sebagian harta yang kita miliki ada hak milik orang-orang fakir dan anak yatim.

Karena sedekah kerap berkaitan dengan harta, ada kalanya kita menghadapi keterbatasan. Niat sudah sangat ingin memperbanyak sedekah terhalang rezeki yang sedikit.

Agar selalu diberi kemudahan melakukan kebaikan terutama sedekah, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan doa agar dimudahkan dalam bersedekah. Doa ini termaktub dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad dari Tsauban.

Allahumma inni as-aluka fi'lal khairat wa tarkal munkarati wa hubbal masakin wa an-taghfirli wa tarhamni wa idza aradta fitnata qoumin fatawaffani ghaira maftunin. Allahumma inni as-aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wa hubba 'amalin yuqorribu ila hubbika.

5 dari 5 halaman

Arti Doa

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu supaya bisa mencintai orang miskin, ampunilah (dosa-dosa)ku dan juga rahmatilah aku. Jika Engkau hendak menguji suatu kaum, maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak tenggelam dalam ujian. Ya Allah, aku memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu."

Demikian itulah penjelasan tentang sedekah, manfaat serta doanya agar dimudahkan dalam bersedekah.

Bersedekah merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah, sehingga sebagai kaum Muslim kita harus membiasakan diri untuk bersedekah dengan perbuatan baik maupun dengan harta.

Beri Komentar