Puncak Haji, Jemaah Indonesia Diberangkatkan ke Arafah dalam 3 Tahap

Reporter : Nabila Hanum
Jumat, 8 Juli 2022 13:06
Puncak Haji, Jemaah Indonesia Diberangkatkan ke Arafah dalam 3 Tahap
Masing-masing maktab akan memberangkatkan jemaah sesuai kesepakatan dan petugas akan memonitor serta mengawal pergerakan jemaah haji di sektor.

Dream - Rombongan jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dari Mekah ke Arafah pada Kamis, 7 Juli 2022. Nantinya pemberangkatan para jemaah haji itu akan dibagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama akan berangkat pada pukul 07.00 - 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS), tahap kedua pukul 10.00 - 14.00 dan tahap ketiga pukul 14.00 - 17.00.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah, Mukhammad Khanif mengatakan, masing-masing maktab akan memberangkatkan jamaah dengan 16 bus yang diurutkan berdasarkan penentuan oleh maktab dan ketua-ketua kloter.

" Jadi pemberangkatan bukan berdasarkan sektor, tapi per maktab. Jadi, maktab sudah membuat perjanjian dengan ketua-ketua sektor di masing-masing maktab. Semua maktab akan memberangkatkan, jadi kita memiliki urutan maktab dari 1-44," katanya.

1 dari 3 halaman

Masing-masing maktab, katanya, akan memberangkatkan jemaah sesuai kesepakatan dan petugas akan memonitor serta mengawal pergerakan jemaah haji di sektor.

Dengan begitu diharapkan sampai dengan pukul 17.00 WAS, seluruh jemaah haji sudah diberangkatkan dari Mekah ke Arafah.

" InsyaAllah pukul 17.00 jemaah sudah berangkat semua dan kita berharap tahun ini lancar dan semua jemaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari," katanya.

Untuk memastikan semua jemaah diberangkatkan ke Arafah, petugas akan melakukan sweeping ke hotel-hotel jemaah di sektor-sektor. Begitu pula di Masjidil Haram, akan ada petugas khusus yang memastikan semua jemaah telah berangkat ke Arafah.

Setelah dinyatakan tidak ada lagi jemaah di Mekkah, baru kemudian petugas diberangkatkan ke Arafah. Khanif berharap jemaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji pada Jumat, 8 Juli 2022.

Jemaah juga bisa membawa bekal, seperti kurma untuk menambah asupan serta diingatkan selalu bawa air minum karena cuaca yang panas agar tidak dehidrasi.

2 dari 3 halaman

Berpakaian Ihram, Rombongan Jemaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan ke Arafah

Dream - Rombonga jemaah haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan menuju Arafah, Kamis 7 Juli 2022. Bus rombongan pertama yang ditumpangi jemaah dari LOP6 dan JKG29 tiba di Arafah sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Para jemaah selanjutnya memasuki tenda yang sudah disediakan yang berada di Maktab 1. Terlihat para jemaah senang melihat tenda sudah disediakan untuk beristirahat.

" Alhamdulillah. Semua fasilitas sesuai harapan kami. Tidak ada kekurangan. Alhamdulillah. Ini Kenikmatan dari Allah," kata salah seorang jemaah haji, Zaenal Muttaqien.

Sementara itu, pantauan Tim MCH (Media Center Haji) Arafah, Kamis pagi, seluruh fasilitas sudah siap digunakan jemaah haji Indonesia. Rata-rata satu tenda terpasang enam pendingin ruangan dengan suplai listrik dari PLN Saudi.

3 dari 3 halaman

Selain karpet, jemaah juga dibuat nyaman dengan adanya kasur dan bantal di dalam tenda. Dengan kasur, jemaah diharapkan bisa beristirahat dengan baik.

Tenda-tenda juga telah ditandai nama kloter dan asal. Untuk satu maktab, terdapat 8-9 tenda. Di tenda berukuran 10x25, akan diisi lebih kurang 234 jemaah. Di tiap maktab juga dilengkapi sejumlah kamar kecil terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Begitu juga toilet jemaah. Jika tahun sebelumnya jumlah toilet per maktab hanya 21, sekarang diperbanyak menjadi 38. Juga ada tambahan toilet portabel sehingga mampu mengurangi antrean toilet, khususnya di toilet perempuan.

Sementara itu, Kasi PAM Arafah, Miskat mengatakan, Satgas Arafah mengerahkan sekitar 127 personel. Di mana mereka nantinya akan dibagi di lima posko yang telah disiapkan.

" Ada dua sektor. Satu sektor dibagi dua. Sehingga dua sektor menjadi empat. Satu sektor diambil dari sekretariat yang ada di Daker untuk menempati posko yang disiapkan," ujarnya.

Beri Komentar