Bantu Rohingya, Indonesia Semoga Tiru Kaum Anshor

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 6 Juni 2015 17:17
Bantu Rohingya, Indonesia Semoga Tiru Kaum Anshor
Di era Nabi, kaum Anshor dengan penuh keikhlasan menerima kedatangan kafilah Muhajirin yang mengungsi ke Madinah

Dream - Arus pengungsi muslim Rohingya ke Serambi Mekah, Nanggroe Aceh Darussalam diharapkan menjadikan Indonesia ibarat kaum anshor di zaman Nabi Muhammad. Kala itu, kaum muslim di Madinah menerima kedatangan kafilah dari Mekah yang terusir dari kotanya. 

" Semoga kita bangsa Indonesia mewarisi keihklasan kaum Anshor di Madinah," kata Vice Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ibnu Hajar saat menjadi tamu undangan Pengajian Akbar Hijab Day 2015 di Mal Senayan City, Jakarta, Sabtu, 6 Juni 2015.

Muslim Rohingnya selama 15 tahun terakhir memang kerap terusir dari tanah Myanmar. Mereka dipaksa menjadi pengungsi dan mencari suaka ke beberapa negara.

Ibnu menceritakan, Myanmar selam aini kerap menolak berbagai lembaga bantuan dunia dan hal yang berbau Islam masuk ke negaranya. Beruntung, tim dari ACT berhasil bisa masuk ke Negara Militer tersebut. " Alhamdulillah, kami dapat masuk," ungkap Ibnu.

Ketika tiba di Myanmar, Ibnu mengaku melihat langsung perlakuan pemerintah Myanmar terhadap muslim Rohingya. Pembunuhan, pembakaran, bahkan penyiksaan kerap terjadi.

Dalam momen Hijab Day kali ini, ACT mengajak pengunjung untuk turut membantu muslim Rohingnya. Dia berharap bantuan masyarakat Indonesia akan menyelematkan mereka. 

Laporan: Maulana Kautsar

 

Beri Komentar