Hati-hati Memilih Foto Paspor

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 29 Oktober 2015 05:01
Hati-hati Memilih Foto Paspor
Ada beberapa kasus di mana paspor ditolak karena petugas sulit mengidentifikasi identitas akibat foto terlihat berbeda dari wajah asli.

Dream - Jangan anggap remeh foto paspor Anda. Pasalnya, ternyata ketidakcermatan dalam memilih foto paspor dapat berdampak sangat buruk.

Jika berat badan Anda bertambah atau gaya rambut dan wajah Anda berubah sebaiknya perbarui pula foto paspor Anda agar tidak ditolak saat berpergian ke luar negeri atau bahkan dideportasi.

Ada beberapa kasus di mana paspor ditolak karena petugas sulit mengidentifikasi identitas akibat foto terlihat berbeda dari wajah asli. Karena itu disarankan untuk selalu membawa foto terbaru ketika berpergian ke luar negeri.

Menurut Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, jika penampilan masih sesuai dengan foto paspor sekarang, maka tidak perlu mengajukan permohonan paspor baru.

Departemen Luar Negeri Amerikat Serikat menyebutkan beberapa faktor yang membuat seorang turis harus mempunyai foto baru di paspor.

" Jika seseorang melakukan operasi wajah, tindikan atau tato di wajah, bertambah berat badan, bahkan mengganti jenis kelamin, maka perlu memperbarui identitas mereka," tulis website Departemen Luar Negeri Amerika Serikat seperti dikutip dari Dailymail.

Bahkan ada contoh kasus yang pernah menimpa warga Zimbabwe bernama Atterbell Maplanka yang dideportasi karena tubuhnya bertambah gemuk, sedangkan foto paspornya terlihat berbeda. Pria berusia 36 tahun itu pulang dari Inggris pada tahun 2000.

Namun berat badannya bertambah dua kali lipat saat itu. Karena itu, penampilannya berubah sehingga terlihat tidak sama dengan foto di paspor. Alhasil Maplanka dilarang kembali mengunjungi Inggris hingga kini. (Ism) 

Beri Komentar