Fenomena Langka, Gurun Tandus Berubah Jadi Hutan Rimbun

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 27 Oktober 2015 14:44
Fenomena Langka, Gurun Tandus Berubah Jadi Hutan Rimbun
Arsitek lanskap Oman menyebut fenomena yang terjadi di kota Salalah merupakan salah satu keajaiban global.

Dream - Oman memiliki kota 'ajaib' di mana terdapat gurun pasir tandus bisa berubah menjadi hutan yang lebat.

Adalah kota Salalah. Kota ini kesehariannya dikenal sangat panas. Wilayahnya didominasi gurun tandus dan kering. Namun menariknya, pada musim hujan yang berlangsung bulan Juli hingga September, gurun di sana benar-benar menghilang dan berubah menjadi hutan yang begitu lebat dan hijau.

Terdengar mustahil jika ada gurun pasir berubah menjadi hutan yang hijau. Namun tidak bagi gurun yang ada di kota Salahah.

Tak hanya gurun yang berubah menjadi hutan, udara terik yang biasa ditemui di kawasan gurun pasir pun tak terasa di sana.

Saat gurun berubah menjadi hutan, akan muncul pula air terjun lengkap dengan aliran air sungai di permukaannya.

Dilansir Dream dari CNN, fenomena unik dan langka di kota Salalah ini disebut dengan 'Salalah Monsoon'. Fenomena ini hanya terjadi selama tiga bulan dalam setahun. Tepatnya pada musim hujan yang berlangsung antara Juli hingga September.

Pada saat itu, temperatur udara di Salalah bisa turun puluhan derajat. Akibatnya beragam tanaman tumbuh subur di kawasan yang tadinya berupa padang pasir panas.

Selepas 3 bulan, kota ini kembali menjadi tandus dan panas seperti kota di negara-negara Timur Tengah lainnya. Suhu rata-rata di sana bahkan bisa mencapai 50 derajat celcius.

Menurut arsitek lanskap Oman bernama Andrew Anderson, fenomena yang terjadi di kota Salalah merupakan salah satu keajaiban global. Bahkan pada saat-saat tertentu di kawasan itu muncul pula kabut tebal seperti di pegunungan. Ajaib!

Beri Komentar