Jawa Mosque, Pesona Masjid Bernuansa Jawa di Thailand

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 27 September 2015 18:00
Jawa Mosque, Pesona Masjid Bernuansa Jawa di Thailand
Dari kakek-kakek mereka sudah tinggal di sana, dan salah satunya yaitu Wilai Dahlan. Salah satu cucu pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan

Dream - Selain makanan halal, Thailand mempunyai satu harta karun wisata syariah untuk ditawarkan kepada wisatawan mancanegara. Negeri Gajah Putih ini menyimpan keunikan masjid-masjid yang berusia ratusan tahun.

Satu diantara ratusan masjid tersebut adalah Jawa Mosque, sebuah masjid yang hampir berusia 120 tahun dan didirikan oleh orang-orang asli Jawa yang bermukim di sana.

" Dari kakek-kakek mereka sudah tinggal di sana, dan salah satunya yaitu Wilai Dahlan. Salah satu cucu pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan," ujar Marketing manager Tourism Authority of Thailand Indra Nugraha saat dijumpai di pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair 2015, Jumat, 25 September 2015.

Indra menjelaskan, latar belakang pembangunan masjid itu membuat beberapa ajaran yang disampaikan para pemuka agama di Jawa Mosque banyak bernapaskan Muhammadiyah.

Menurut Indra, satu hal paling menarik dari keberadaan masjid tersebut adalah arsitektur bangunan yang merupakan perpaduan budaya Jawa dan Thailand. Disinilah, satu-satunya masjid di Thailand yang memiliki beduk. 

" Jadi budaya Jawanya masih sangat kental. Lalu bentuk kuburannya pun rata tanpa ada gundukan," ungkap Indra.

Tidak hanya Jawa Mosque, Thailand juga memiliki masjid-masjid yang dibangun oleh orang Indonesia lainnya. Salah satunya adalah masjid Polo atau terkenal dengan sebutan Indonesia Mosque yang terletak di Soi Polo 5 Wittaya Road, Lumphini.

Ada juga masjid yang didirikan orang Thailand keturunan Jawa. Salah satunya adalah masjid bernama Yawa Mosque yang terletak di sebuah gang sempit. Saking sempitnya, kendaraan yang lewat harus ekstra hati-hati saat melalui gang itu.

Selain masjid-masjid di atas, Thailand juga memiliki sejumlah masjid yang bisa dijadikan tujuan wisata seperti Buang Luang Mosque yang dibangun saat pemerintahan raja Taksin pada 1767. Masjid ini menonjolkan keunikan perpaduan arsitektur Thailand dan Islam.

" Lalu ada Ton Son Mosque yang terletak di belakang Wat Arun. Masjid ini merupakan yang terbesar di Bangkok dan dibangun pada kejayaan Ayutthaya di tahun 1688," ungkap Indra melengkapi.

Beri Komentar