Kota Bekas Kerajaan Firaun Terancam Hilang

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 3 Februari 2015 14:30
Kota Bekas Kerajaan Firaun Terancam Hilang
Kota ini tercatat dalam inskripsi Firaun Seti dengan tarikh 1303 SM.

Dream - Sebuah kota yang dulunya menjadi bagian kekuasaan kerajaan Firaun terancam hilang. Kota bernama Rafah yang kini menjadi bagian dari Mesir akan diubah menjadi kota penyangga bernama New Rafah.

Rafah adalah sebuah daerah yang berlokasi di bagian utara Teluk Sinai, Mesir. Kawasan ini berada di sepanjang perbatasan Gaza dan rumah bagi ribuan keluarga.

Otoritas Mesir berharap pembangunan kota penyangga New Rafah bisa menghilangkan aktivitas penyelundupan dan aktivitas militan yang kerap terjadi.

Untuk memindahkan penduduk Rafah, Mesir berencana memberikan kompensasi atau menyediakan rumah pengganti guna meredam protes dari kelompok kanan.

Mengutip laman news.com.au, Selasa, 3 Februari 2015, rencana ini pertama kali muncul pada akhir Oktober lalu. Untuk tahap pertama, zona penyangga ini bakal menyebar sepanjang 500 meter dari perbatasan.

Gubernur Sinai Utara, Abdel Fatah Harhoor telah mengumumkan rencananya untuk menciptakan kawasan penyanggar seluas 5 kilometer di sepanjang perbatasan Gaza. Proyek ini bakal memakan seluruh wilayah Rafah.

Upaya penumpasan kelompok ekstrimis di Sinai semakin intensif dilakukan sejak pertengahan 2013. Ribuan orang tentara dikabarkan telah dalam 18 bulan terakhir.

Mengutip wikipedia, Rafah tercatat sebagai sebuah kota yang hadir ribuan tahun yang lalu. Kota ini tercatat dalam inskripsi Firaun Seti I yang berkuasa 1303 tahun sebelum masehi dengan nama Rph.

Kota ini pernah ditaklukan Alexander Yannai dan dikuasai Hasmoneans sebelum dibangun kembali pada era Pompey dan Gabinius. Resrotasi terakhir tercatat dilakukan pada 57 tahun sebelum masehi.

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis