5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Melakukan Perjalanan Bisnis ke Luar Negeri

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 15 November 2019 07:05
5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Melakukan Perjalanan Bisnis ke Luar Negeri
Bagaimanapun tujuan traveling kamu kali ini adalah untuk bekerja, bukan sekadar berwisata.

Siapa yang nggak bangga saat diberi mandat oleh perusahaan untuk melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Apalagi jika ini menjadi pengalaman pertama kali. Tentu saja, ada banyak sekali bayangan, apa saja yang kira-kira bisa dilakukan selepas tiba di negeri tujuan nanti.

Namun, sebelum termakan euforia, pastikan kamu mengingat 5 hal ini. Bagaimanapun tujuan traveling kamu kali ini adalah untuk bekerja, bukan sekadar berwisata. Kira-kira apa saja hal penting yang wajib banget diingat sebelum melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri?

Cek Berulang Dokumen Penting yang Perlu Dibawa

Selain paspor dan visa, hal penting lainnya yang perlu kamu siapkan secara matang adalah berkas dan dokumen pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan bahan presentasi kepada klien. Persiapkan jauh-jauh hari, dan selalu cek berulang hingga sehari sebelum berangkat. Kemas dalam file folder yang rapi, sehingga nggak sampai terpisah-pisah, dan bisa dengan cepat diambil dan dikemas kembali, saat sewaktu-waktu dibutuhkan.

Pastikan Semua Peralatan Kerja Nggak Ketinggalan

Selain dokumen penting, hal lain yang perlu kamu pastikan, agar nggak sampai ketinggalan adalah peralatan kerja. Biasanya yang rawan ketinggalan yang punya warna gelap dan berukuran kecil, seperti charger. Untuk memudahkan penyimpanan dan pengemasan, sediakan pouch bag khusus untuk menyimpan berbagai macam charger. Selain lebih rapi, juga memudahkanmu saat mengecek kembali sebelum pergi.

Bawa Beberapa Pakaian Formal

Perjalanan bisnis biasanya lebih banyak diisi dengan kegiatan formal, seperti meeting hingga gala dinner. Makanya, pastikan untuk membawa beberapa potong pakaian formal. Selain itu, bawa juga beberapa pakaian semi kasual, untuk mengikuti beberapa kegiatan hiburan yang kadang diselipkan dalam agenda perjalanan bisnis, seperti tur. Biar lebih mudah, kamu bisa meminta itinerary yang pasti, sehingga bisa lebih cerdas membawa pakaian yang sesuai isi koper.

Jangan Terlena Liburan Sebelum Pekerjaan Kelar

Bisa jadi destinasi luar negeri yang bakal kamu kunjungi nanti adalah salah satu tempat impianmu. Namun, jangan sampai terlena untuk liburan atau jalan-jalan lebih dulu, sebelum urusan pekerjaanmu kelar. Ingat, kamu dibayar perusahaan untuk urusan bisnis. Jika memang ingin sekalian jalan-jalan, kamu bisa sekalian extended stay untuk cuti liburan. Tinggal dinegosiasikan dengan perusahaan saja.

Minta Layanan Perjalanan Bisnis yang Nyaman

Di satu sisi, jangan sampai fokus perjalanan bisnismu terganggu, dengan urusan administrasi perjalanan. Mintalah perusahaan untuk memberikan layanan perjalanan bisnis terbaik dan nyaman. Jika bisa, kamu cukup fokus urusan bisnis bersama klien, sementara urusan administrasi, seperti booking hotel, pesawat, kendaraan selama di luar negeri, pulsa, hingga internet, biar diatur oleh perusahaan.

Kabar baiknya, kamu bisa merekomendasikan Traveloka Corporates yang menyediakan perjalanan bisnis menjadi lebih mudah, terpercaya dan aman. Lewat Traveloka Corporates trip perusahaan bisa direncanakan lebih gampang. Dari pesan tiket pesawat, booking hotel, pemesanan tiket kereta api, bus, penyewaan mobil, airport transport, maupun segala produk lainnya yang tersedia di Traveloka bisa dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan business travel.

Menariknya lagi, Traveloka Corporates ini juga punya banyak keunggulan lho. Mulai keunggulan member perusahaan, yang memberikan layanan terbaik dengan manajemen akun khusus korporat dan customer service selama 24 jam. Selain itu, ada benefit perjalanan bebas repot dari awal sampai akhir, karena dari tahap pemesanan, perjalanan ke tujuan, hingga kamu bisa menikmati destinasi tanpa ribet dengan bantuan Traveloka Corporates.

Paling penting, Traveloka Corporates menyediakan beragam pilihan pembayaran, seperti kartu kredit dan transfer bank. Bahkan, Traveloka Corporates juga dapat memenuhi kebutuhan pembayaran spesifik perusahaan lho. Tunggu apalagi, daftarkan perusahaanmu di Traveloka Corporates sekarang juga!

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone