Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ortho-K, Alternatif Aman Bagi Pengguna Lensa Kontak

Ortho-K, Alternatif Aman Bagi Pengguna Lensa Kontak Foto: Shutterstock

Dream - Lensa kontak begitu digemari mereka yang mengalami gangguan mata minus. Lensa ini membantu menjernihkan pandangan tanpa perlu memakai kacamata. 

Sayangnya, umur lensa kontak umumnya tidaklah lama sekitar 1 hari hingga beberapa bulan. Jika batas umurnya terlewati, Sahabat Dream harus mengganti dengan lensa yang baru dan lebih higienis.

Kini, sudah ada lensa kontak yang tak hanya dibuat sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak jenis Orthokeratology atau Ortho-K memiliki kemampuan mengoreksi kelainan refraksi mata minus maupun silinder dengan pemakaian yang tidak sesering biasanya.

shutterstock

"Tindakan ini mengoreksi kondisi mata dengan lensa kontak kaku dan desain khas. Datar di bagian tengah dan mancung di bagian pinggir," ujar ujar Tri Rahayu, dokter mata subspesialis lensa kontak di Bunga Rampai, Jakarta, Rabu 13 November 2019 kemarin.

Tri mengatakan penggunaan jenis ini berbeda dengan lensa kontak biasa. Yaitu hanya ketika tidur.

"Dipakainya pun saat tidur selama minimal 8 jam, bergantung pada besarnya minus atau silindernya," kata Ayu.

Cara Pakainya

Lensa kontak ini efektif dipakai ketika mata terpejam. Lensa akan membentuk kelopak mata agar terjadi pendataran kornea.

"Lensanya dipakai waktu tidur. Ditekan kelopak agar terjadi pendataran kornea. Pagi harinya kornea masih dalam keadaan datar dan seolah-olah seperti lasik tapi bersifat temporer. Jadi bentuknya akan kembali lagi dan minus lagi," jelas Tri.

Selain dapat dipakai saat beraktivitas di dalam dan luar ruangan, Ortho-K juga aman digunakan ketika tidur. Ini karena memiliki material yang dipakai memiliki daya hantar oksigen sangat tinggi.

shutterstock

Mudah Dalam Perawatan

Perawatan Ortho-K sama dengan lensa kontak biasa yang harus dicuci setiap kali selesai dipakai. Bedanya, lensa ini perlu dibersihkan secara rutin dua bulan sekali menggunakan enzim untuk menghilangkan sisa protein dari air mata yang menumpuk.

"Selain itu, pasien juga harus dikontrol satu malam setelah penggunaan, sebulan, tiga dan enam bulan sekali," tambah dia.

Untuk bisa menggunakan Ortho-K, Sahabat Dream perlu melakukan pengukuran kelainan refraksi, kornea dan panjang bola mata.

 

Lebih Murah Daripada Operasi Lasik

Biayanya jauh lebih murah daripada lasik. Sahabat Dream hanya perlu merogoh kocek Rp17 juta untuk mendapatkannya dan bisa digunakan selama 3-4 tahun.

”Ini juga aman digunakan di segala usia. Terutama untuk yang bekerja di lingkungan berdebu, kotor dan tidak memungkinkan untuk memakai kacamata atau anak-anak yang cepat naik minusnya," tutur Tri.

"Ortho-K bisa menangani hingga minus 6 dan silinder 2,5,” tambah dia.

shutterstock

Tips Memilih Lensa Kontak Bagi Pemula

Dream - Lensa kontak jadi pilihan bagi mereka yang memiliki mata minus namun tak mau memakai kacamata. Tak hanya itu, alasan penampilan juga jadi pertimbangan saat mengenakan lensa kontak.

Nah, bagaimana memilih lensa kontak kontak yang tepat? Bagi yang baru ingin memakainya, mungkin akan merasa kebingungan. Pasalnya, banyak sekali produk lensa kontak yang dijual di pasaran.

Hal pertama yang harus dilihat adalah kualitasnya. Ingat, mata adalah organ vital. Jangan sampai karena memakai lensa kontak sembarangan, mata jadi bermasalah.

" Mata itu sangat esensial untuk beraktivitas, jadi kamu harus memperhatikan kenyamanan, keamanan dan kualitas lensa kontaknya," kata Mia Al Maidah, Brand Manager Acuvue di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 30 April 2019.

Lensa kontak bisa dikatakan berkualitas jika menggunakan bahan yang tepat. Kamu juga harus menyesuaikan bahan lensa konyak dengan kondisi mata dan kebutuhan.

Jika bola mata mudah kering dan akan memakai lensa kontak dalam waktu lebih dari 6 jam, gunakanlah yang berbahan silikon hidrogel.

Ukuran Diameter Pupil dan Lensa

Silikon hidrogel merupakan bahan yang mengandung oksigen lebih tinggi sehingga bisa dipakai lebih lama daripada hidrogel biasa. Jangan lupa mengukur lensa mata di optik.

" Ke optik supaya tahu berapa ukuran lensa dan diameter pupil. Karena ukurannya berbeda-beda," ungkap Mia.

 Acuvue

Selebihnya, Sahabat Dream hanya perlu merawat kebersihan lensa kontak dan menggantinya secara berkala. Untuk membersihkan lensa kontak, kamu hanya perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan lensanya.

Jangan lupa copot lensa kontak dan basahi dengan cairan solution, segera setelah sampai di rumah. Terkadang ketika memakai lensa kontak, mata akan lebih mudah kering.

Kamu bisa memakai obat tetes mata sebanyak 4 kali sehari untuk mengatasinya.

Bola mata juga lebih mudah kering jika kamu menggunakan lensa kontak yang kurang berkualitas. Jadi, pastikan cari lensa kontak yang aman untuk kesehatan mata. (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Salah Ya, Begini Cara Pilih Lensa Kontak Berdasarkan Kadar Air

Jangan Salah Ya, Begini Cara Pilih Lensa Kontak Berdasarkan Kadar Air

Lensa kontak tidak hanya dipilih berdasarkan warna yang cantik. Kamu juga perlu memperhatikan kualitas dan dampaknya pada mata.

Baca Selengkapnya
Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya

Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya

Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu untuk hasil yang optimal.

Baca Selengkapnya
Kulit Bermasalah Ketika Pakai Retinol dan Sunscreen,Coba Lakukan Ini

Kulit Bermasalah Ketika Pakai Retinol dan Sunscreen,Coba Lakukan Ini

Tidak semua orang nyaman pakai retinol atau sunscreen, tapi ada beberapa cara agar keduanya lebih nyaman dipakai.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Dokter Kulit Ungkap Remaja Hanya Butuh 4 Skincare Saat Berjerawat

Dokter Kulit Ungkap Remaja Hanya Butuh 4 Skincare Saat Berjerawat

Tidak perlu rangkaian skincare yang rumit untuk menjaga kesehatan kulit saat remaja. Cukup gunakan 3-4 skincare rekomendasi dokter kulit untuk dipakai rutin.

Baca Selengkapnya
Cara Merawat Lubang Tindikan di Telinga Biar Tak Iritasi

Cara Merawat Lubang Tindikan di Telinga Biar Tak Iritasi

Jika tidak dirawat, tindikan bisa sebabkan iritasi atau rasa sakit. Cegah hal tersebut dengan beberapa perawatan kulit.

Baca Selengkapnya
3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

Masih banyak orang salah memakai skincare. Akhirnya, kondisi kulit pun tidak membaik usai merawat kulit. Cari tahu 3 kesalahan terbesar saat memakai skincare.

Baca Selengkapnya
Ampuh Cegah Penuaan Dini, Ini 3 Bahan Alami Setara Retinol

Ampuh Cegah Penuaan Dini, Ini 3 Bahan Alami Setara Retinol

Masih banyak perempuan muda yang ragu untuk mencoba retinol karena khawatir dengan efek sampingnya.

Baca Selengkapnya
4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

Menjaga kelembapan dan kesehatan kulit tidak selalu mudah meski tinggal di lingkungan beriklim tropis. Lakukan 4 cara berikut untuk memastikan kulitmu lembap.

Baca Selengkapnya