Ortho-K, Alternatif Aman Bagi Pengguna Lensa Kontak

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 14 November 2019 15:48
Ortho-K, Alternatif Aman Bagi Pengguna Lensa Kontak
Lensa ini bisa mengatasi kelainan retraksi kornea mata.

Dream - Lensa kontak begitu digemari mereka yang mengalami gangguan mata minus. Lensa ini membantu menjernihkan pandangan tanpa perlu memakai kacamata. 

Sayangnya, umur lensa kontak umumnya tidaklah lama sekitar 1 hari hingga beberapa bulan. Jika batas umurnya terlewati, Sahabat Dream harus mengganti dengan lensa yang baru dan lebih higienis.

Kini, sudah ada lensa kontak yang tak hanya dibuat sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak jenis Orthokeratology atau Ortho-K memiliki kemampuan mengoreksi kelainan refraksi mata minus maupun silinder dengan pemakaian yang tidak sesering biasanya.

 shutterstock

" Tindakan ini mengoreksi kondisi mata dengan lensa kontak kaku dan desain khas. Datar di bagian tengah dan mancung di bagian pinggir," ujar ujar Tri Rahayu, dokter mata subspesialis lensa kontak di Bunga Rampai, Jakarta, Rabu 13 November 2019 kemarin.

Tri mengatakan penggunaan jenis ini berbeda dengan lensa kontak biasa. Yaitu hanya ketika tidur.

" Dipakainya pun saat tidur selama minimal 8 jam, bergantung pada besarnya minus atau silindernya," kata Ayu.

1 dari 5 halaman

Cara Pakainya

Lensa kontak ini efektif dipakai ketika mata terpejam. Lensa akan membentuk kelopak mata agar terjadi pendataran kornea.

" Lensanya dipakai waktu tidur. Ditekan kelopak agar terjadi pendataran kornea. Pagi harinya kornea masih dalam keadaan datar dan seolah-olah seperti lasik tapi bersifat temporer. Jadi bentuknya akan kembali lagi dan minus lagi," jelas Tri.

Selain dapat dipakai saat beraktivitas di dalam dan luar ruangan, Ortho-K juga aman digunakan ketika tidur. Ini karena memiliki material yang dipakai memiliki daya hantar oksigen sangat tinggi.

 shutterstock

2 dari 5 halaman

Mudah Dalam Perawatan

Perawatan Ortho-K sama dengan lensa kontak biasa yang harus dicuci setiap kali selesai dipakai. Bedanya, lensa ini perlu dibersihkan secara rutin dua bulan sekali menggunakan enzim untuk menghilangkan sisa protein dari air mata yang menumpuk.

" Selain itu, pasien juga harus dikontrol satu malam setelah penggunaan, sebulan, tiga dan enam bulan sekali," tambah dia.

Untuk bisa menggunakan Ortho-K, Sahabat Dream perlu melakukan pengukuran kelainan refraksi, kornea dan panjang bola mata.

 

3 dari 5 halaman

Lebih Murah Daripada Operasi Lasik

Biayanya jauh lebih murah daripada lasik. Sahabat Dream hanya perlu merogoh kocek Rp17 juta untuk mendapatkannya dan bisa digunakan selama 3-4 tahun.

”Ini juga aman digunakan di segala usia. Terutama untuk yang bekerja di lingkungan berdebu, kotor dan tidak memungkinkan untuk memakai kacamata atau anak-anak yang cepat naik minusnya," tutur Tri.

" Ortho-K bisa menangani hingga minus 6 dan silinder 2,5,” tambah dia.

 shutterstock

4 dari 5 halaman

Tips Memilih Lensa Kontak Bagi Pemula

Dream - Lensa kontak jadi pilihan bagi mereka yang memiliki mata minus namun tak mau memakai kacamata. Tak hanya itu, alasan penampilan juga jadi pertimbangan saat mengenakan lensa kontak.

Nah, bagaimana memilih lensa kontak kontak yang tepat? Bagi yang baru ingin memakainya, mungkin akan merasa kebingungan. Pasalnya, banyak sekali produk lensa kontak yang dijual di pasaran.

Hal pertama yang harus dilihat adalah kualitasnya. Ingat, mata adalah organ vital. Jangan sampai karena memakai lensa kontak sembarangan, mata jadi bermasalah.

" Mata itu sangat esensial untuk beraktivitas, jadi kamu harus memperhatikan kenyamanan, keamanan dan kualitas lensa kontaknya," kata Mia Al Maidah, Brand Manager Acuvue di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 30 April 2019.

Lensa kontak bisa dikatakan berkualitas jika menggunakan bahan yang tepat. Kamu juga harus menyesuaikan bahan lensa konyak dengan kondisi mata dan kebutuhan.

Jika bola mata mudah kering dan akan memakai lensa kontak dalam waktu lebih dari 6 jam, gunakanlah yang berbahan silikon hidrogel.

5 dari 5 halaman

Ukuran Diameter Pupil dan Lensa

Silikon hidrogel merupakan bahan yang mengandung oksigen lebih tinggi sehingga bisa dipakai lebih lama daripada hidrogel biasa. Jangan lupa mengukur lensa mata di optik.

" Ke optik supaya tahu berapa ukuran lensa dan diameter pupil. Karena ukurannya berbeda-beda," ungkap Mia.

  Acuvue

Selebihnya, Sahabat Dream hanya perlu merawat kebersihan lensa kontak dan menggantinya secara berkala. Untuk membersihkan lensa kontak, kamu hanya perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan lensanya.

Jangan lupa copot lensa kontak dan basahi dengan cairan solution, segera setelah sampai di rumah. Terkadang ketika memakai lensa kontak, mata akan lebih mudah kering.

Kamu bisa memakai obat tetes mata sebanyak 4 kali sehari untuk mengatasinya.

Bola mata juga lebih mudah kering jika kamu menggunakan lensa kontak yang kurang berkualitas. Jadi, pastikan cari lensa kontak yang aman untuk kesehatan mata. (ism)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie