Foto: Muffest 2021
Dream – Mengusung konsep modest fashion for professional yang bernuansa klasik modern, desainer Nina Septiana merilis koleksi terbarunya lewat label busana Muslimah miliknya: Nina Nugroho.
Dalam koleksi ini, Nina memadukan gaya desain klasik timeless dengan pemilihan warna tegas yang tak lekang waktu dan gaya modern yang up-to-date serta mengikuti kebutuhan dan tuntutan mobilitas dunia modern.
Di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 yang diselenggarakan Indonesian Fashion Chamber (IFC) kali ini, Nina Nugroho mengusung tema ‘ANEMOIA’ yang berarti nostalgia for a time you’ve never known.
Merasa rindu berada di masa di mana semua orang berbusana bagus, Nina tuangkan lewat desain dan disajikan dengan konsep realitas masa kini yang sustainable dan ethical.
Melalui desain busana 2in1 yang disajikan dengan tampilan klasik elegan timelese, tema ini diambil dari keprihatinan akan limbah industri fashion yang selama ini mengancam lingkungan hidup.
Begitu juga dengan Nina Nugroho yang mulai menerapkan konsep “ Sustainable Fashion” sejak awal 2019 dan mengeluarkan produk 2in1 shirt dalam setiap launching produk bulanannya.
Untuk koleksi kali ini, yang terdiri dari 2in1 dan 3in1 shirt, midi, pipe pants, dan skirt, Nina Nugroho menggunakan bahan Swallon Japan, sejenis satine dari Jepang berwarna broken white.
Pemilihan warna broken white ini sejalan dengan nafas umat Islam yang tengah mempersiapkan diri menyambut Ramadhan 1442 H yang tinggal beberapa hari lagi.
Koleksi kali ini diperkaya detil dari bahan Duches berwarna hitam.
Birdcage dan sarung tangan satin dari masa Charleston di tahun 1920 menjadikan koleksi kali ini tampil klasik dan elegan.
Sementara detil aksesori berupa Swarovski untuk kancing dan taburan di busana serta renda hitam menumbuhkan kesan mewah dari busana ini.
Selain tersinspirasi dari keprihatinan dalam terkait limbah industri fashion yang merupakan ancaman serius bagi lingkungan tempat kita tinggal, koleksi kali ini juga muncul dari dorongan untuk menciptakan inovasi sebagai bagian dari solusi kepada masyarakat terkait busana kerja.
‘’Harapannya, semoga masyarakat Indonesia dapat teredukasi melalui informasi tentang sustainable fashion yang diberikan melalui peragaan busana di Muffest 2021,’’ tutur Nina.
Dream - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 resmi digelar mulai 18-28 Maret 2021 di Kota Kasablanka Jakarta.
Namun selain Jakarta, MUFFEST 2021 juga digelar di Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung dalam waktu yang berbeda.
© © Istimewa
Dalam masa pandemi Covid-19 pagelaran fashion ini berkonsep hybrid yang mana digelar secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah, serta secara virtual melalui streaming di website resmi, kanal YouTube serta Instagram live akun @muslimfashionfestival.
© © Istimewa
MUFFEST 2021 mengusung tema “ Recovery for Fashion Industry” yang diharapkan dapat menciptakan suatu gerakan kuat dalam membangkitkan semangat positif dan optimisme bagi seluruh ekosistem industri fesyen muslim dari situasi pandemi yang masih melanda.
© © Instagram.com/muslimfashionfestival
Ali Charisma sebagai National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) mengungkapkan pandemi global menuntut para pelaku usaha fashion muslim untuk beradaptasi dengan perubahan dan tetap bertahan di masa krisis.
MUFFEST 2021 hadir sebagai platform yang dapat membantu pelaku industri fesyen muslim untuk mulai memulihkan bisnis secara estafet.
“ Kami mengupayakan MUFFEST tetap terselenggara untuk membantu pelaku fesyen muslim. Bukan berarti mengabaikan pandemi yang belum berakhir, dan kita respek terhadap peraturan Pemerintah, namun kita harus bisa survive, berusaha, bergerak, untuk menjalankan roda ekosistem fesyen nasional,” ujar Ali dalam acara Press Conference MUFFEST, Kamis, 18 Maret 2021.
Para pelaku industri fashion muslim juga menyambut hadirnya MUFFEST 2021. Pagelaran ini menjadi salah satu solusi atas masalah yang dihadapi di masa pandemi.
Fashion Designer Deden Siswanto dalam kesempatan yang sama mengharapkan kehadiran MUFFEST dapat memberikan kesempatan bagi para fashion designer serta pelaku usaha untuk bisa bergerak, saling bantu, bersaing dengan sehat, dan saling mempromosikan.
© © Istimewa
Perhelatan MUFFEST juga ditargetkan menjadi tolak ukur perkembangan fashion muslim di tanah air dan mengantarkan Indonesia sebagai pusat inspirasi dan belanja fashion musim dunia.
© © Istimewa
MUFFEST 2021 akan menghadirkan exhibition yang memperkuat konsep ritel atau B2C (Business to Customer), fashion show yang menampilkan karya-karya dari desainer busana muslim kebanggaan tanah air, serta didukung dengan kegiatan yang inspiratif dan interaktif, seperti talkshow dan fashion presentation.