Tjerita Tjinta Anne Avantie di Panggung Palembang Fashion Week 2020

Reporter : Amrikh Palupi
Rabu, 11 Maret 2020 06:35
Tjerita Tjinta Anne Avantie di Panggung Palembang Fashion Week 2020
Anne Avantie menemukan perasaan cinta di Palembang

Dream - Anne Avantie ikut meramaikan ajang fashion di panggung Palembang Fashion Week 2020. Di acara yang digelar Spot and Convention Center, Palembang ini Anne membawa koleksinya bertema Tjerita Tjinta'.

Anne mengatakan koleksi bertajuk Tjerita Tjinta' ini merupakan perayaan 30 tahun Anne Avantie berkarya di dunia fesyen di Indonesia.

Desainer asal Semarang Jawa Tengah ini mengatakan tampil Palembang Fashion Week 2020 membuatnya dipenuh perasaan jatuh cinta. Alasannya selama menggelar Pasar Tiban di Palembang, respon masyarakat disana begitu luar biasa dan hangat penuh cinta.

" Saya menemukan perasaan cinta di Palembang. Untuk itu, saya memberikan tema pada gelaran kali ini dengan 'Tjerita Tjinta'. Sebagai ungkapan rasa cinta saya kepada masyarakat Palembang," ujar Anne Avantie dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 10 Maret 2020.

karya Anne Avanti© karya Anne Avanti

Foto : dok Anne Avantie

Anne mengatkan busana yang ditampilkan di PFW 2020 ini merupakan karya masterpiece dan hanya 20 persen yang baru. Dan karya masterpiece itu merupakan hasil dari karyanya selama 30 tahun perjalanan karirnya.

Tak hanya itu, Anne bahkan menunjukan kembali karya ciptaannya 17 tahun yang lalu.

Untuk meramaikan PFW 2020 ini, istri dari Joseph Hendry Susilo memboyong Kezia Warouw (Putri Indonesia 2016), Bunga Jelitha Ibrani (Putri Indonesia 2017), Sonia Fergina Citra (Putri Indonesia 2018) tampil di atas panggung menunjukan busana karyanya.

 

1 dari 5 halaman

Harapan Anne Avantie

Anne berharap pagelaran busana kali ini bisa memberikan inspirasi kepada generasi selanjutnya untuk terus berkarya. Ia juga ingin para desainer lokal agar tetap terus belajar dalam menghasilkan sebuah karya. 

" Bagi saya, desainer itu bukan hanya menghasilkan baju bagus, tapi menciptakan brand, lalu pasar, hingga industri. Pada akhirnya bisa menyerap tenaga kerja sehingga bisa menjadi berkat di masyarakat," tuturnya.

karya Anne Avanti© karya Anne Avanti

Foto : dok Anne Avanti

Gelaran Palembang Fashion Week 2020 diselenggarakan sejak 5 hingga 8 Maret dan menggaet lebih dari 20 desainer di area Palembang dan Sumatera Selatan.

Pagelaran fesyen ini sendiri digagas oleh Palembang Icon, pusat perbelanjaan yang dikelola oleh Lippo Malls dan telah terselenggara selama 7 tahun.

2 dari 5 halaman

Sentuhan Anne Avantie di Seragam Baru Pramugari Garuda

Dream – Desainer Indonesia Anne Avantie kembali unjuk bakat. Kali ini ia menerbangkan kebaya tradisional ke angkasa di layanan Garuda Indonesia yang bertajuk Kebaya Pertiwi Special Flight.

Layanan penerbangan spesial dengan rute Jakarta-Semarang memakai pesawat GA 238 ini, merupakan bentuk apresiasi sekaligus upaya memperkenalkan keindahan ragam kebaya Indonesia.

 

Kebaya pramugari Garuda karya Anne Avantie (1)© Garuda Indonesia.

 

Para pramugari mengudara dengan memakai pakaian seragam yang berbeda dari biasanya, yaitu Kebaya Pertiwi persembahan desainer ternama Anne Avantie.

" Kebaya lebih dari sekadar pakaian wanita Indonesia, kebaya mengandung pesan akan kekayaan dan keunggulan budaya dan kearifan lokal Indonesia yang sudah mendunia," kata Ari Askhara, Direktur Utama Garuda Indonesia lewat keterangan rilis yang diterima Dream, Rabu 3 Juli 2019.

Setibanya di Semarang, seluruh penumpang GA 238 disambut langsung oleh Anne Avantie dengan memberikan selendang batik spesial dari Avantie Handycraft dan melakukan sesi foto bersama.

 

 

3 dari 5 halaman

Kebaya Mengandung Filosofi Wanita

Kebaya Pertiwi hadir dengan filosofi mengenai feminitas wanita, khususnya para pramugari yang dengan senantiasa melayani penumpang. Kali ini Anne bermain dengn motif ceplok sekar wangi khas Trenggalek.

" Melalui siluet kebaya berkerah Kartini sebagai wujud emansipasi wanita, serta pemilihan motif ceplok sekar wangi yang memiliki warna lembut adalah simbol dari kelembutan dan keanggunan para pramugari dalam memberikan pelayanan ke seluruh penumpang Garuda Indonesia," ujar Anne Avantie.

 

Kebaya pramugari Garuda karya Anne Avantie (2)© Garuda Indonesia.

 

Kebaya dihadirkan dengan warna lembut bernuansa pastel lavender yang dipadu dengan kain jarik ungu serta rok batik berwarna cokelat. Pramugari terlihat lebih elegan dengan pilihan makeup soft serta riasan rambut updo.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah mengeluarkan layanan unik di penerbangan, seperti konser musik akustik di pesawat #GIAccoustic, sajian ragam makanan khas Indonesia Signature Dish, perayaan hari Kartini dengan Male Flight dan penerbangan bernuansa tempo dulu Vintage Flight

4 dari 5 halaman

Badai Pasti Berlalu' Anne Avantie untuk Korban Gempa Lombok

Dream - Bencana alam yang menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyita perhatian khalayak. Salah satunya datang dari dunia fashion, yang diwujudkan dalam rancangan terbaru desainer Anne Avantie.

Pada gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, Anne Avantie mempersembahkan koleksi 'Badai Pasti Berlalu'. Terdiri dari 50 articles yang khusu dibuat menggunakan kain khas tenun Lombok.

Lewat karyanya, Anne ingin menginspirasi warga lokal supaya tetap semangat membuat tenun.

" Saya ingin bangkitkan semangat yang tertimpa bencana bahwa duka harus berlalu. Mereka harus tetap menenun supaya bisa menghidupi beban keluarga dan kreatif tak mengenal waktu," ujarnya di Senayan City, Jakarta Selatan pada Selasa, 23 Oktober 2018.

Anne Avanti JFW 2019© dream.co.id

Koleksi Anne Avantie (Agus Apriyanto/ Kapanlagi.com)

Proses pengerjaan memakan waktu selam tiga bulan. Menurut Anne, tenun Lombok diproses menggunakan benang lungsin dan pakan, dengan mempertahankan warna khas Wastra Nusantara.

Kemudian, kain tenun itu disempurnakan dengan detail brokat, manik-manik, bordir dan sulam.

" Ini merupakan simbol harapan baru, dimana kita harus 'menyulam' kembali masa depan mereka," imbuhnya.

Anne Avantie JFW 2019© dream.co.id

Koleksi Anne Avantie (Agus Apriyanto/ Kapanlagi.com)

Anne tak sendiri, karena turut menggandeng Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, sebagai muse dalam pagelarannya. Kehadiran Susi menjadi salah satu bentuk dukungan dan kepedulian dalam aksi sosialnya tersebut.

" Nanti closing-nya top model internasional, Ibu Susi Pudjiastuti. Saya juga memberikan donasi ke CSR Bu Susi dalam bentuk 10 kapal supaya nelayan bisa kembali kerja" .

5 dari 5 halaman

Anne Avantie Gelar Pasar Tiban Bertema Hari Pendidikan

Dream - Anne Avantie kembali menggelar 'Pasar Tiban'. Menggandeng para usaha kecil menengah (UKM), acara ini digelar di Lippo Mal Puri, Jakarta Barat sepanjang pekan ini hingga 6 Mei 2018.

Pasar Tiban yang hadir ke-16 kali ini sekaligus memperingati hari Pendidikan yang jatuh pada 2 Mei 2018 ini.

" Setiap bulan temanya berbeda, tiap bulan tergantung apa yang disepakti pihak mall. Ini berhubungan dari hari pendidikan nasional," ujar Anne Avantie di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Rabu, 2 Mei 2018.

anne avantie© nur ulfa

Pagelaran ini menghadirkan bazar-bazar hasil karya Anne, mulai dari batik hingga kebaya. Tak hanya itu, ada pula Parade Show bertajuk 'Soerat Tjintakoe' yang menampilkan model-model profesional, yakni Miss Universe Indonesia tahun 2005, Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2002 Melanie Putria serta dipandu host Melanie Ricardo dan Edric Tjandra.

Selain itu ada bazar kuliner khas Indonesia dari para UKM seperti, Rujak, pecel sayur, dan es dawet ayu. Tak ketinggalan mainan-mainan tempo dulu yang dihadirkan untuk anak-anak.

Pasar Tiban© nur ulfa

" Kita gandeng UKM Dengan niatan memberikan manfaat kebaikan kepada UKM juga agar hasil karya mereka mendapatkan lapak jualannya dari Pasar Tiban," katanya.

Untuk harga-harga batik dan kebaya yang ditawarkan di Pasar Tiban ini mulai dari Rp100 ribu hingga Rp2,9 juta. " Ada diskon 50 persen juga. Ya terjangkau harganya."

Beri Komentar