Bagaimana Budaya Muslim Pengaruhi Dunia Fashion Global?

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 6 Oktober 2021 12:13
Bagaimana Budaya Muslim Pengaruhi Dunia Fashion Global?
Sebelumnya, busana muslim hanya dilihat dari sudut pandang agama saja. Namun kini, jadi hal paling penting.

Dream – Identik dengan busana yang menutupi aurat, busana Muslim jadi bagian penting industri mode global. Apalagi, teknologi telah mendorong desainer fashion Muslim, terutama busana hijab, untuk terus menelurkan karyanya.

Sebelumnya, busana Muslim hanya dilihat dari lingkup agama saja. Namun, kini telah diperhitungkan di dunia mode dan menjadi ceruk bisnis penting dalam pasar global.

Busana Muslim yang telah mejadi bagian penting dari gaya hidup menjadikannya semakin populer, terutama bagi kalangan muda Berbagai kreativitas, dan warna mode muslim jadi daya tarik tersendiri.

Target market

Dilansir Muslimgirl.com, seorang ahli menyatakan 1,6 miliar Muslim menghabiskan setidaknya Rp2 juta untuk berbelanja pakaian muslim pertahunnya.

Melihat tren tersebut, banyak merk terkenal juag meluncurkan produk-produknya ke fashion Muslim. Negara yang sudah berkontribusi besar dalam pengembangan fashion Muslim di antaranya Indonesia, Thailand, dan masih banyak negara lainnya.

Negara-negara tersebut membidik Eropa sebagai target pasar.

1 dari 4 halaman

Apa saja produknya?

Ilustrasi© shutterstock

Banyaknya wanita dan pria Muslim yang menggunakan busana Islami pada acara berkelas, seperti olimpiade, membuat para desainer dan beberapa perusahaan mencoba mengikuti perilaku konsumennya.

Seperti menghadirkan t-shirt lengan panjang yang memberi efek modern namun tetap sedehana. Ada juga gaun muslim dengan desain modern, baju olahraga yang hijab friendly dan celana-celana yang didesain longgar.

Pakaian tersebut bermaksud agar memudahkan para kaum Muslim serta pecinta busana jadi lebih mudah dan praktis untuk mendapatkan busana.

Tidak hanya itu saja, beberapa brand juga turut syal dan topi untuk lengkapi tampilan muslim yang modis. Gaya anak muda yang terus berkekmbang, jadi acuan para produsen untuk hadirkan busana-busana menarik di tiap tahunnya.

2 dari 4 halaman

Tak akan ada habisnya

Ilustrasi© shutterstock

Saat ini, kebanyakan wanita lebih suka untuk tutupi area tubuhnya, mulai dari leher, hingga pergelangan kaki. Meski terlihat simpel, namun tren fashion tersebut tampak jadi tampilan yang eyecatchy.

Seperti toko busana terkenal di Milan, Paris, dan lainnya yang terus kembangkan motif, warna dan rancangan fashion Muslim mengikuti tren yang terus berjalan.

Maka tidak heran pandangan orang tentang Muslim jadi lebih terpandang.

Ditambah, karena fashion Muslim yang tidak hanya menarik tetapi juga nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak di era modern seperti sekarang ini, para desainer terus mengembangkan desain dan motif yang laku di dunia global.

Menjadikan pangsa pasar busana muslim yang semakin luas, tidak akan ada habisnya.

Laporan: Delfina Rahmadhani

3 dari 4 halaman

Aurel Pakai Sandal Bergaya Sederhana, Harganya Bikin Melotot

Dream – Aurel Hermansyah terkenal dengan selera fashion yang tinggi. Ia kerap tampil modis dengan item branded. Penyanyi berumur 23 tahun yang tengah mengandung anak pertama itu terlihat anggun dengan busana hijabnya.

Ia semakin sering mengenakan busana yang lebih tertutup seperti gamis dengan gaya unik. Selain keren, pakaian yang dikenakan pun berharga fantastis.

10 Gaya Busana Rhoma Irama saat Muda, Nyentrik Banget!

Beberapa waktu lalu, Aurel terlihat santai dan elegan dengan balutan gamis berwarna merah hati. Dipadukan dengan hijab berwarna hitam, lalu tas jinjing dan sepatu sandal yang memiliki warna senada.

4 dari 4 halaman

Berapa harganya?

Dari keseluruhan penampilan tersebut, warganet salah fokus pada sepatu sandal yang dikenakan anak sulung Anang Hermansyah itu. Foto yang diabadikan dengan akun @fashion_aureliehermansyah membeberkan harganya senilai $570 atau lebih dari Rp8 Juta.

Sepatu sandal berwarna hitam polos itu berhasil membuat penampilan santai pemain film Ashiap Man itu sempurna ketika berbelanja. Warganet yang melihat sontak ramai-ramai berkomentar.

“  Ngelihat modelnya kaya sendal merk bata eh pas lihat merk Gucci coy spontan langsung melotot nih mata,” ujar @rositaita057

“  Ngeri harganya min,” kata @utami61453

“  Kalau aku beli motor aja segitu mah sayang, tapi kalau mama Nur mah cocok deh,” komentar @dwiratna307

Laporan : Delfina Rahmadhani

Beri Komentar