Batik dan Generasi Kartini Masa Kini

Reporter :
Kamis, 8 April 2021 11:32
Batik dan Generasi Kartini Masa Kini
Gelaran ini merupakan kolaborasi Disparekraf DKI Jakarta Kolaborasi dengan Hotel Grandhika Iskandarsyah.

Dream - Masuk bulan April, artinya kita akan menyambut Hari Kartini yang diperingati tiap tanggal 21. Hari Kartini menjadi momen apresiasi jasa RA Kartini sebagai sosok yang sudah memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

Turut peringati Hari Kartini tahun ini, Hotel Grandhika Iskandarsyah Jakarta yang berada di bawah naungan PT Adhi Commuter Properti, berkolaborasi bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreator (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, menggelar ‘Batik dan Generasi Kartini Kini’.

Acara itu merupakan gelaran pameran batik kreasi modern yang berlangsung mulai 7-30 April 2021, di Lobby Hotel Grandhika Iskandarsyah Jakarta.

‘Batik dan Generasi Kartini Kini’ ini juga merupakan helatan dalam memamerkan karya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Disparekraf Provinsi DKI Jakarta.

Beberapa UMKM yang ramaikan acara ini ada Klambi Abite, Pinkapicca Craft dan Tiba. Rata-rata, peserta yang ikut didominasi perempuan yang dapat merepresentasikan generasi kartini masa kini.

1 dari 3 halaman

Diikuti para Kartini masa kini

‘Batik dan Generasi Kartini Kini’© Dream.co.id/Shania Suha

Klambi Abite merupakan produk dari Noviatry Metri Mudita ini akan menghadirkan kreasi baju batik kombinasi dengan kain lurik bertemakan fashion etnic.

Sementara Pinkapicca Craft UMKM dari Amalia Rachmadhani akan menghadirkan tampilan fashion item seperti, topi, sandal, masker, dan tas dengan bahan batik.

Serta yang terakhir ada Tiba UMKM karya Selvie Lie yang menghadirkan pakaian dengan motif batik dengan desain modern yang cocok untuk generasi millenials.

“ Event ini digelar untuk memberikan apresiasi kepada Kartini masa kini khususnya para pelaku UMKM perempuan yang terus berkarya dengan inovasi dan kreativitas dalam bidangnya,” ujar Adi Sampurno, General Manager Hotel Grandhika Iskandarsyah Jakarta, dalam acara konferensi Press pada Rabu, 7 April 2021.

 

2 dari 3 halaman

Acara ini jadi wadah positif

‘Batik dan Generasi Kartini Kini’© Dream.co.id/Shania Suha

Dalam konferensi pers, turut hadir perwakilan Disparekraf DKI Jakarta, Helma Dahlia sebagai Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, yang turut berbahagia dengan kolaborasi ini.

Ia mengatakan bahwa cara ini berhasil menjadi wadah positif pada UMKM binaannya dalam mempromosikan serta mengangkat produk karya anak bangsa.

“ Kami berharap ke depannya pihak hotel, Disparekraf maupun UMKM binaan bisa terus maju dan bekerjasama dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ungkap Helma Dahlia.

3 dari 3 halaman

Dilakukan dengan prokes ketat

‘Batik dan Generasi Kartini Kini’© Dream.co.id/Shania Suha

Dalam rangka memeriahkan event yang berlangsung mulai 7 April 2021 ini, Hotel Grandhika Iskandarsyah Jakarta juga akan menghadirkan fashion show produk UMKM dan talkshow inspiratif dari generasi Kartini kini pada 21 April mendatang di lobby area.

Dalam acara talkshow inspiratif tersebut, akan ada materi tentang bagaimana menjadi sosok kartini masa kini yang tangguh, inspiratif, dan inovatif.

Tentu dalam acara pagelaran batik kreasi modern, serta rangkaian acara lainnya, tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Beri Komentar