Penampakan Seragam KORPRI Baru, Desainnya Karya Pegawai Anies Baswedan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 31 Juli 2021 16:30
Penampakan Seragam KORPRI Baru, Desainnya Karya Pegawai Anies Baswedan
Tampil lebih fresh. Apa filosofi di dalamnya?

Dream – Tim dari Pemprov DKI Jakarta memenangkan sayembara rebranding desain seragam KORPRI Nasional. Desain yang dibuat tim ini akan ditetapkan sebagai seragam baru untuk seluruh anggota KORPRI di Tanah Air.

“ Desain ASN Biro Umum dan ASD Pemprov DKI Jakarta memenangkan sayembara Rebranding Disain Seragam KORPRI Nasional!” tulis Pemprov DKI Jakarta melalui akun Facebook, @DKIJakarta, Sabtu 31 Juli 2021.

Pemprov DKI Jakarta menyebut pemenang desain ini adalah Kasubbag PSAP, Biro Umum dan ASD, Bayu Andalas.

1 dari 2 halaman

Filosofi di Balik Bhumi Nusa Sagara

Desain ini bernama “ Bhumi, Nusa, Sagara”. Motif batik ini dibuat simetris untuk menampilkan kesan profesionalisme dan seragam. Motif batik itu diambil dari budaya Nusantara yang beragam dari lima pulau terbesar di Indonesia, sesuai dengan Pancasila.

Seragam KORPRI ini berkonsep warna emas (bhumi) yang mencerminkan kesuburan bumi Nusantara dan pembangunan berazazkan lingkungan, biru muda (Nusa) tentang pulau-pulau dan udara bersih di Indonesia, serta biru laut (Segara) yang mencerminkan lautan--Indoenesia merupakan negara maritim.

Langgam yang digunakan adalah motif batik dari Aceh (Sumatera), Kawung (Jawa), tato badan (Kalimantan), Pa'tedong/kepala kerbau (Sulawesi), dan Burung Cenderawasih (Papua).

" Disain seragam Korpri ini mengusung konsep yang segar, trendi, kekinian tetapi tetap berpijak pada budaya luhur bangsa," tulis Pemprov DKI Jakarta.

Desain Batik Korpri© Facebook Pemprov DKI Jakarta

(Foto: Facebook @DKI Jakarta)

2 dari 2 halaman

Singkirkan Ratusan Peserta

Desain ini menjadi pilihan pertama juri dan berhasil mengalahkan 414 desain dari peserta umum se-Indonesia. Desain baju KORPRI itu juga mendapatkan suara terbanyak dari poling online yang melibatkan 27 ribu pemilih.

Desain baru itu diharapkan bisa menarik perhatian ASN dan bisa merepresentasikan KORPRI yang lebih baik.

" Selamat dan sukses! Semoga filosofi desain baru ini membawa perubahan baik untuk KORPRI," tulis Pemprov DKI Jakarta.

Beri Komentar