Tetap Waspada Ancaman TBC di Tengah Pandemi, Cegah dengan Cara Ini Yuk!

Reporter : Jeffreydien Winanda
Sabtu, 31 Juli 2021 09:00
Tetap Waspada Ancaman TBC di Tengah Pandemi, Cegah dengan Cara Ini Yuk!
Jangan abaikan ancaman TBC di tengah pandemi.

Saat ini, dunia memang masih berperang melawan COVID-19 yang angka penyebarannya tergolong tinggi hingga mendapat status pandemi. Wajar jika banyak orang merasa khawatir dan takut tertular penyakit yang satu ini. Namun, jangan lupakan ancaman penyakit paru-paru lainnya yang juga nggak kalah berbahaya, yaitu Tuberkulosis (TBC).

1 dari 3 halaman

Indonesia Memegang Posisi Kasus Terbanyak Kedua di Dunia dengan Risiko Kematian Tertinggi

Tetap Waspada Ancaman TBC di Tengah Pandemi, Cegah dengan Cara Ini Yuk!© Shutterstock

Dilansir dari Global Tuberculosis Report 2020, Indonesia berada pada peringkat kedua sebagai negara dengan kasus TBC dan TBC RO (Resistan Obat) tertinggi di dunia setelah India. Setiap tahunnya, diperkirakan 845.000 orang di Tanah Air jatuh sakit akibat Mycobacterium Tuberculosis. Dari jumlah tersebut, hanya 568.987 kasus yang terdata oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2019.

Sementara itu, data Sub Direktorat Tuberkulosis Kementerian Kesehatan pada tahun 2020 menunjukkan tingkat kematian yang disebabkan oleh TBC dan TBC RO berjumlah  13.656  jiwa pada tahun 2019.

Dengan angka sebesar ini, maka tak heran upaya untuk memberikan edukasi terkait TBC harus tetap berjalan di tengah pandemi. Munculnya pandemi COVID-19 menjadi tantangan baru dalam upaya pencegahan eliminasi TBC & TBC RO di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Deteksi Dini dengan Mengenali Gejala TBC dan TBC RO

Tetap Waspada Ancaman TBC di Tengah Pandemi, Cegah dengan Cara Ini Yuk!© Shutterstock

Mengenali gejala secara dini menjadi gerbang awal dalam menjaga tubuh terhindar dari segala macam penyakit termasuk TBC dan TBC RO. Terapkan perilaku hidup sehat serta memperbaiki gaya hidup mulai dari diri sendiri dan keluarga.

Langkah sederhana seperti olahraga secara teratur, istirahat cukup, mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang akan membuat tubuh terhindar dari TBC dan TBC RO. Tak hanya TBC, tubuh pun juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga mampu terhindar dari beraneka macam penyakit.

Oleh sebab itu, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan PT Johnson & Johnson Indonesia terus melanjutkan kampanye sosialisasi TBC & TBC RO yang bernama Ayo TOSS TBC (Temukan Tuberkulosis, Obati Sampai Sembuh TBC), di mana salah satu rangkaian kegiatannya adalah TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021.

Program yang melibatkan peran serta masyarakat dan khalayak sasaran usia produktif, terutama para generasi muda ini bisa dimulai dengan menumbuhkan kesadaran seputar TBC & TBC RO loh. Bagaimana sih caranya?

3 dari 3 halaman

Saatnya Ambil Aksi Nyata dengan Mengikuti TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021

Tetap Waspada Ancaman TBC di Tengah Pandemi, Cegah dengan Cara Ini Yuk!© Shutterstock

Pandemi bukan halangan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi terkait penyakit menular yang berpotensi menyerang tubuh manusia. TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 adalah sebuah kegiatan olahraga lari dan bersepeda yang bisa diikuti secara virtual oleh seluruh masyarakat Indonesia di manapun, kapanpun dan dengan siapapun. Peserta bisa langsung mendaftarkan diri secara online dan berpartisipasi dalam kegiatan lari dan bersepeda virtual dari lokasi masing-masing dengan menggunakan aplikasi olahraga berbasis GPS.

Kegiatan yang berlangsung pada 17 Agustus hingga 31 Agustus ini mengajak masyarakat untuk melakukan aksi nyata dalam mendukung pencegahan dan penanggulangan penyakit TBC dan TBC RO di Indonesia. Dalam situasi pandemi saat ini, kegiatan olahraga dapat tetap dilakukan melalui kegiatan yang aman, sesuai dengan protokol kesehatan, dan tidak melibatkan pengumpulan massa.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan didukung oleh PT Johnson & Johnson Indonesia, kamu telah mengajak masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan rutin berolahraga dan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir) sehingga dapat menurunkan risiko TBC.

Setiap detik sangat berharga. Mari bersama selamatkan bangsa Indonesia dari Tuberkulosis guna mencapai Indonesia Bebas TBC 2030. Simak ketentuan dan mekanisme pendaftaran selengkapnya di sini.

Kamu juga bisa mendapatkan semua informasi tentang TBC mulai dari gejala, pencegahan, hingga penanganaannya. Dapatkan informasi lengkapnya di sini ya.

Beri Komentar