(c) Shutterstock
Siapa bilang jika window shopping cuma bisa dilakukan ketika hangout ke mall saja? Di era digitalisasi seperti sekarang, window shopping juga bisa dilakukan dengan secara online dengan scrolling e-commerce melalui smartphone.
Faktanya, e-commerce menjadi salah satu aplikasi yang sering diakses di smartphone terutama bagi kalangan milenial dan Gen Z. Meski nggak belanja, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di e-commerce seperti mencari voucher diskon serta memasukkan wishlist ke dalam keranjang belanja agar bisa checkout pada kemudian hari.
Dari beberapa e-commerce yang beredar di Indonesia, Tokopedia menjadi salah satu yang menjadi favorit di kalangan milenial serta gen Z. Bukan omong kosong, fakta ini didapatkan berdasarkan survei yang melibatkan ratusan responden dalam kurun waktu sebulan terakhir. Seperti apa sih fakta lengkapnya?
Pencapaian Tokopedia dalam menjadi e-commerce favorit milenial dan gen Z bukanlah isapan jempol belaka. Dalam survei yang dilakukan pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2022 oleh salah satu media berbasis online di Indonesia, Tokopedia menempati posisi pertama sebagai e-commerce favorit dengan persentase 50,4%, diikuti oleh Shopee dengan persentase 45,9%.
Survei ini sendiri melibatkan 577 responden yang tersebar dari berbagai kota di Tanah Air. Survei ini dilakukan oleh responden berusia 17 hingga 35 tahun dan melakukan transaksi di e-commerce lebih dari lima kali dalam sebulan.
Sebagai e-commerce terfavorit, beberapa kategori menjadi yang paling sering diakses serta dibeli oleh para konsumen Tanah Air terutama dari kalangan milenial dan gen Z. Tokopedia pun masih menjadi e-commerce favorit untuk berbelanja produk fesyen, lalu diikuti Shopee dan Lazada. Tercatat, produk fashion item menjadi kategori yang paling banyak dibeli konsumen dengan persentase sebesar 26,5%.
Sementara itu, produk kecantikan dan perawatan diri menempati posisi kedua dalam kategori yang paling banyak dibeli dengan 14,7%, makanan serta kebutuhan harian berada di posisi ketiga dengan 13,2%, disusul kategori peralatan rumah tangga yang menempati peringkat keempat dengan 8,7%.
Meningkatnya transaksi digital dan belanja online dalam platform e-commerce juga semakin dipermudah dengan berkembangnya layanan dompet digital. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa sebanyak 65,7% responden memilih dompet digital sebagai metode pembayaran yang sering digunakan.
Selain itu, 19,4% responden memilih bertransaksi dengan metode pembayaran internet banking atau mobile banking, kemudian 8,7% responden memilih metode pembayaran cash on delivery (CoD).
Menariknya, dompet digital yang menjadi metode pembayaran terfavorit di e-commerce memunculkan nama GoPay di daftar puncaknya. GoPay menjadi dompet digital terfavorit milenial dan gen Z dalam berbelanja di Tokopedia yang dibuktikan dengan persentase survei di angka 42,1%, disusul oleh ShopeePay (24,6 persen) serta OVO (18,2 persen).
Nah sekarang sudah tahu kan e-commerce terfavorit yang menjadi surganya belanja online bagi kalangan milenial dan gen Z? Yuk temukan berbagai kebutuhan mulai dari fashion item, produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi di Tokopedia!
Advertisement
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Hari Santri, Ribuan Santri Hadiri Istighasah di Masjid Istiqlal
4 Cara Top Up Roblox dengan Mudah dan Aman, Biar Main Makin Seru!
Ada Mobil Listrik di Konser Remember November Vol.3 - Yokjakarta