Yang Berbeda dari Koleksi Ramadan `Minimal`

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 3 Mei 2019 16:16
Yang Berbeda dari Koleksi Ramadan `Minimal`
Meski edisi Ramadan, 20 koleksi itu bisa digunakan sepanjang waktu

Dream - Umat muslim tinggal beberapa hari lagi akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan 1440 Hijiriah.
 
Umumnya, berbagai brand di Indonesia mengeluarkan produk edisi Ramadan untuk menyambut bulan penuh berkah itu. Termasuk Minimal yang turut meramaikan nuansa Ramadan dengan 20 koleksi edisi khusus. 
 
" Koleksinya mulai dari sheer Maxi dress, loosefitting kaftan, outer, tunic serta long shirt dress untuk memenuhi kebutuhan fashion wanita saat momen Ramadan," ujar Head of Marketing Minimal, Gysel di Minimal Store Grand Indonesia, Jakarta, kemarin. 

 ilman

 
Ia mengatakan, harga dan model untuk koleksi Ramadan tahun ini dibuat berbeda. Untuk harga edisi Ramadan tahun ini dijual dari Rp249 ribu hingga Rp549 ribu. Sementara untuk tahun lalu paling mahal mencapai Rp749 ribu.
 
" Model tahun ini lebih simpel, bahan lebih gak berat juga, yang ringan lebih jatuh," ucap dia.
 
Menurutnya, meski edisi Ramadan, Minimalis mengusung tema simpel dalam produknya sehingga para pelanggan bisa mengenakan sepanjang waktu.
 
Koleksi model Ramadan ini, kata dia, nantinya akan semua tersedia di minggu ke dua Ramadan.  " Kalau untuk online semuanya sudah tersedia," kata dia. 

1 dari 3 halaman

Koleksi Ramadan HijabChic dan Indah Nada Puspita: Wearable dan Simple

Dream - Brand fashion muslim HijabChic mengajak influencer hijab Indonesia, Indah Nada Puspita bekerjasama membuat sejumlah karya busana terbaru. Sebagian dari koleksi hasil kolaborasi ini dikeluarkan khusus selama Ramadan dengan edisi terbatas.

Konsep busana yang diusung keduanya lebih fokus pada rancangan dress nyaman bagi para muslimah. Motif minimalis dan simpel yang diaplikasikan dalam tiap potongan baju tidak lantas mengaburkan kesan elegan dan anggun.

Itu terlihat dari salah satu koleksi mereka bernama Fatimah. Dress berwarna peachini didesain dengan ribbon belt, dipercantik dengan sedikit ornamen semacam brokat di bagian dada dan ujung potongan lengan.

Indah Nada Puspita sendiri meyakini dress rancangannya bisa merepresentasikan beragam karakter wanita muslim. Dengan kata lain, model pakaian ini bisa sesuai untuk semua kalangan usia serta bisa dikenakan dalam acara resmi atau aktivitas santai harian.

" Konsep awalnya itu sebenarnya aku ingin baju yang simpel, tapi bisa wearable untuk semua jenis occasions," kata wanita yang akrab disapa Nada ini saat ditemui di sela peresmian toko HijabChic di The Saparua, Jalan Ambon, Bandung, Rabu, 1 Mei 2019 kemarin.

  Indah Nada Puspita/Dream.co.id

"  Nah, (koleksi kolaborasi ini) sasarannya lebih ke perempuan aktif yang nggaksuka ribet, tapi suka berpenampilan menarik dan sopan," ia melanjutkan.

Nada mengaku menikmati setiap proses kreatif dalam proyeknya ini. Karena, keterlibatannya tidak dibatasi hanya dari segi pembuatan desain saja.

Pihak HijabChic memberikan ruang lebih terkait pemilihan warna. Bahan kain, penentuan aspek detil ornamen yang akan digunakan hingga mengecek kualitas produk sebelum dipasarkan.

  Indah Nada Puspita/Dream.co.id

Hal itu tidak terlepas dari chemistry dan kepercayaan satu sama lain yang sudah terbangun selama tiga tahun terakhir.

" Tentu ada diskusi, brainstorming dengan pihak HijabChic. Semua prosesnya menyenangkan," katanya.

" Koleksi kolaborasi ini menyatukan senses of style-nya aku dengan HijabChic. Aku harap semuanya suka dengan karya kami," tambah Nada.

Di tempat yang sama, General Manager HijabChic, Rizky Amelia mengatakan, ada delapan busana yang diluncurkan dari hasil kolaborasi ini.

Empat busana sudah resmi dijual pada tanggal 25 April lalu, salah satu koleksinya bernama Fatimah. Sisanya dijadwalkan keluar pada bulan Ramadan.

  HijabChic

Foto: Rizky Amelia (General Manager HijabChic) & Indah Nada Puspita

Total waktu yang dihabiskan dalam pengerjaan desain edisi spesial ini sekitar satu bulan. Lagi-lagi, faktor chemistry menjadi hal yang memudahkan keduanya dalam menyepakati konsep untuk ditawarkan customer.

" Kami (HijabChic) dan Nada sudah punya konsep dasar yang sama, yaitu bikin desain chic, ready to wear dan nyaman. Tentu ada saran juga dari customer yang kami tampung. Semua prosesnya menyenangkan," kata Rizky Amelia.

  HijabChic

" Kita benar-benar ngobrol langsung, proses sampai ada desain itu cepat, sekitar sebulan. Pokoknya produk ini Indah Nada banget dan limited edition," sambungnya.

Lebih lanjut perempuan yang biasa disapa Kiky ini menjanjikan akan terus berinovasi dalam membuat busana muslim. Meski tak detil, namun kolaborasi seperti ini akan dilakukan secara berkelanjutan.

Selain itu, selama Ramadan, HijabChic sudah menyiapkan program menarik untuk customer. " Pokoknya, kalau diskon pasti ada. Inovasi lain juga akan terus dilakukan. Kami akan update di media sosial kami," imbuhnya seraya tersenyum. 

2 dari 3 halaman

Tak Kesampingkan Offline Store

Dalam kesempatan itu, Kiky mengungkapkan bahwa penjualan HijabChic didominasi melalui online store.

Tak hanya skala nasional, capaian customer-nya pun sudah menembus pangsa pasar di luar negeri.

" Penjualan secara online kontribusinya masih lebih besar, sekitar 80 persen. Mungkin karena memang kita awal (bisnis) berangkatnya dari online," imbuhnya.

  HijabChic

Ia mengaku terus menjaga sekaligus memperbaiki dan membenahi pelayanan pembelian secara online.

Apalagi, cakupan pasar dan potensi untuk bisnisnya sangat luas, terutama di negara semacam Malaysia, Brunei Darusaalam, Singapura hingga Dubai.

  HijabChic

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan ekspansi bisnis melalui toko di berbagai wilayah Indonesia.

Sejauh ini, sudah ada tujuh cabang, dua di antaranya di Kota Bandung. Sisanya tersebar di Surabaya, Banjarmasin, Malang dan Makassar.

Ingin mendekatkan customer menjadi satu dari sekian alasan yang mendasari pemikiran terkait keputusan terus membuka toko.

"  Nggak semua orang kan suka belanja online. Ada juga customer yang ingin langsung megang bahan, nyobain," tutup Kiky. (ism, Laporan: Aksara Bebey)

3 dari 3 halaman

Pesta Diskon Selama Ramadan

Dream - Kebutuhan belanja selama bulan Ramadan biasanya lebih banyak dari bulan-bulan lain. Biasanya, masyarakat merogoh duit lebih banyak dari biasanya.

Namun tidak usah takut, sebab biasanya banyak toko memberikan potongan harga pada bulan Ramadan. Seperti Hero, Guardian, Giant, dan Ikea, yang pada bulan Puasa kali ini menebar berbagai diskon.

" Di Giant dan Hero ada berbagai macam promosi yang diadakan, namun untuk promosi makanan yang diutaman sirup dan kue, promonya biasnaya kita kasih potongan harga," kata Karlina Elizabet, perwakilan manajemen Hero dan Giant di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 2 Mei 2019.

Tak hanya promo untuk bahan makanan selama Ramadan, diskon lain juga diberikan untuk kebutuhan rumah. Ikea memberikan penawaran menarik, seperti cashback Rp1,5 juta untuk pembelian minilman Rp15 juta.

" Selama puasa biasanya keluarga pada kumpul di dapur, maka dari itu, Ikea ada promo untuk kitchenset dan wajan, untuk wajan diskon 20 persen selama Ramadan," kata Ririn Basuki, perwakilan Ikea.

Selain itu, Guardian yang merupakan store health dan beauty juga menawarkan promo yang menarik. Yaitu selama Ramadan ada ratusan produk kesehatan dan kecantikan yang diskonnya mencapai 30 persen.

" Menyambut ramadan kita ada diskon 30 persen untuk produk kesehatan dan kecantikan, termasuk make up halal," ujar Erin Arifin, head of marketing Guardian.

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa