Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Gampang Rawat Karet Ban Mobil ala Rifat Sungkar

Cara Gampang Rawat Karet Ban Mobil ala Rifat Sungkar Perawatan Ban

Dream - Tak dipungkiri karet-karet pada ban mobil kurang mendapat perhatian dari si pemilik. Padahal bagian tersebut butuh perawatan rutin karena mendukung keselamatan berkendara.

Menurut pembalap yang juga Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia Rifat Sungkar, ada beberapa hal yang bisa menjadi panduan mudah untuk mengetahui karet harus diganti.

Mulai karet berubah warna, jika dipegang atau ditekan keras, kemudian bentuknya berubah dan sudah pecah-pecah atau getas.

"Untuk memelihara ban, tekniknya harus selalu mempertahankan angin ban pada kondisi baik. Yang juga penting, setiap setahun sekali mobilnya di-spooring. Kalau tidak, tingkat keausan ban akan berbeda luar dan dalam, sehingga akan menjadi masalah baru," kata Rifat Sungkar dalam acara MMKSI virtual interview, Selasa 21 Desember 2021.

Suami artis Sissy Priscillia juga menyarankan agar karet ban tetap dalam kondisi prima, ketika parkir usahakan tidak langsung terkena sinar matahari. Sebab musuh utama dari karet adalah panas matahari.

 

Selain itu, kotoran yang menempel di karet ban juga harus selalu dibersihkan. Perlakuan serupa juga harus diberikan untuk komponen karet lainnya.

"Kotoran yang menempel, apalagi habis terkena hujan, itu akan membuat karet lebih gampang keras, dan efeknya akan lebih gampang getas. Untuk membersihkannya, bisa juga menggunakan pembersih cairan yang bersilikon," papar Rifat.

Perawatan ban

Selain itu, hal penting lainnya adalah lakukan rotasi pada ban mobil, serta pastikan tekanan angin tidak kurang dari tekanan angin yang direkomendasikan.

Termasuk pada ban serep mobil. Sebab meskipun tidak dipakai, tekanan ban serep juga bisa turun lantaran suhu lokasi penyimpanannya naik-turun.

"Pastikan ban serep selalu dicek terutama tekanan anginnya, dan dibersihkan supaya tidak cepat getas," imbuh Rifat.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sudah Tahu Belum? Segini Ukuran Bagasi yang Boleh di Bawa Naik Kereta Api

Sudah Tahu Belum? Segini Ukuran Bagasi yang Boleh di Bawa Naik Kereta Api

Aturan bagasi ini telah lama sudah ditetapkan dan bukan aturan baru.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.