3 Tips Membuat Kesan Pertama Sempurna dalam Dua Detik

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 6 Juni 2019 17:29
3 Tips Membuat Kesan Pertama Sempurna dalam Dua Detik
Penelitian terbaru menemukan bahwa 18 persen dari kita menciptakan kesan bahkan sebelum mengeluarkan kata-kata. Pakar bahasa tubuh India Ford mengungkapkan tips menciptakan kesan pertama yang baik.

Dream - Seseorang hanya butuh dua detik untuk menciptakan kesan pertama yang baik saat bertemu. Peluang selama dua detik itu sangat berharga. Terutama pada situasi penting seperti kencan atau wawancara kerja.

Ada penelitian menyatakan bahwa hanya 7 persen komunikasi yang kita lakukan bersumber dari perbincangan. Sedangkan hampir seluruh sisanya berasal dari bahasa tubuh yang terpancar saat melakukan komunikasi.

Penelitian terbaru menemukan bahwa 18 persen dari kita menciptakan kesan bahkan sebelum mengeluarkan kata-kata. 

Mengutip laman Mirror Online, pakar bahasa tubuh India Ford mengungkapkan tips menciptakan kesan pertama yang baik.

 

1 dari 3 halaman

Mulai dari Cara Berjabat Tangan

Menurut Ford, berjabat tangan merupakan bagian etika berbisnis. Karenanya, sangat penting untuk dilakukan dengan benar. 

" Tingkat kepercayaan diri dan kredibilitas diukur dari kualitas jabat tangan. Melakukannya dengan benar saat pertama kali sangat penting," kata Ford.

Jabat tangan yang terasa lemah akan menghancurkan kredibilitas seseorang. Membuat orang itu tampak rapuh dan pasif. Ketika berjalan ke arah orang baru dikenal, entah itu klien atau rekan kerja baru, harus menatap matanya sambil diiringi dengan senyuman.

Melakukan kontak mata yang efektif secara tidak langsung akan mengirimkan pesan rasa percaya diri yang tinggi. " Setelah itu ulurkan tangan dan lakukan jabat tangan posisi telapak tangan vertikal. Jabat tangan dengan 2-3 kali goyangan," jelas Ford.

Cara jabat tangan ini akan membantu meningkatkan persepsi bagi lawan terhadap tingkat kepercayaan diri, kredibilitas dan kompetensi Anda. Karena itu, usahakan untuk membawa tas yang bisa ditaruh di pundak supaya tangan kananmu lebih bebas.

 

2 dari 3 halaman

Kekuatan Senyuman

" Ketika bertemu orang baru, senyuman sangat penting karena itu menciptakan kesan pertama yang hebat," katanya. 

Menurut Ford, orang yang penuh percaya diri akan lebih banyak tersenyum ketika bertemu orang baru.

Orang baru yang bertemu dengannya akan menganggapnya sebagai orang supel, ramah, menarik dan bahagia. Yang lebih menakjubkan adalah bahwa senyuman tidak hanya memengaruhi cara orang lain memandang Anda, tetapi juga berdampak pada keadaan emosimu.

Itu karena ketika kita tersenyum, tubuh melepaskan serotonin dan endorfin yang secara alami membuat kita merasa lebih percaya diri, lebih bahagia dan santai.

" Anda tidak harus terlihat seperti pembawa acara yang memasang senyuman sepanjang acara. Cukup naikkan sudut mulut sekitar 1,2 cm. Ini secara instan akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri, lebih bahagia dan mudah didekati," kata  Ford.

3 dari 3 halaman

Tampil Percaya Diri

Berjalan di tengah acara seperti pesta, bisa jadi situasi yang sulit dan canggung. Terutama jika Anda tidak mengenal sebagian besar tamu undangan. " Bahasa tubuh kita memiliki kekuatan untuk memperkuat kehadiran kita dalam situasi apa pun," ujar Ford.

Cara berjalan, berdiri, duduk dan melakukan kontak mata dapat meningkatkan kesan pertamamu saat berjalan ke ruangan yang penuh dengan orang. Kabar baiknya adalah siapa pun dapat belajar bagaimana menggunakan bahasa tubuh untuk memperkuat kesan pertama.

" Pernah melihat bagaimana selebritis papan atas selalu tampak mudah memikat setiap orang begitu mereka memasuki ruangan? Semuanya bergantung pada postur," tuturnya. Postur yang baik adalah fondasi dari citra yang kuat.

Memahami cara berdiri dan berjalan akan langsung membantu Anda tampil lebih percaya diri, anggun dan memikat. " Jika Anda memperlihatkan postur seperti seorang VIP, maka Anda akan mendapatkan pelayanan seperti seorang VIP juga," ungkap Ford.

(Sah, Sumber: Mirror.co.uk)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary