5 Kebiasaan Buruk Cara Membawa Tas yang Bisa Timbulkan Penyakit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 5 Juni 2019 11:01
5 Kebiasaan Buruk Cara Membawa Tas yang Bisa Timbulkan Penyakit
Mulai dari sakit pinggang, keseleo, hingga sakit kepala.

Dream - Selain untuk aksesori, fungsi utama tas adalah untuk membawa dan memindahkan barang-barang.

Dengan beragam modelnya, cara membawa tas pun bermacam-macam. Ada yang digendong, ditenteng, didorong, dan sebagainya.

Nah, ternyata, cara membawa tas yang salah bisa menyebabkan banyak risiko. Mulai dari sakit pinggang, keseleo, hingga sakit kepala.

Apakah Sahabat Dream termasuk orang yang punya kebiasaan yang salah saat membawa tas? Simak penjelasan yang dikutip dari Everyday Health berikut ini.

1 dari 3 halaman

Sering Dilakukan Tanpa Disadari

1. Membawa tas berat di satu sisi

American Chiropractic Association mengatakan berat tas seharusnya tidak lebih dari 10% dari berat tubuh. Membawa tas melebihi berat tubuh di satu sisi dapat menyebabkan sakit punggung dan bahu.

" Tas yang berat dapat menyebabkan sakit kepala. Orang-orang sering mengeluh terkena migrain. Padahal setelah saya lihat itu akibat dari kebiasaan membawa tas yang buruk," kata Karen Erickson, DC, chiropractor di New York.

Karen mengatakan, tas yang terlalu berat akan menciptakan tekanan yang besar pada otot trapezius di bahu.

Otot ini terhubung ke bagian belakang leher hingga kepala. Sehingga bisa menyebabkan sakit kepala yang parah akibat terjadi ketegangan otot.

 5 Kebiasaan Buruk Cara Membawa Tas yang Bisa Timbulkan Penyakit

2. Memakai tas dengan tali yang tipis

Tali tas yang tipis dengan beban yang berat bisa menyebabkan otot bahu menjadi sakit. Apalagi jika tali tasnya terbuat dari logam atau semacamnya, bisa memperburuk rasa sakitnya. Karena tali tas yang tebal bisa mendistribusikan berat tas.

" Jika memakai tas dengan tali yang tipis, kemudian bahu terasa sakit, saya sarankan untuk memindahkannya ke depan, seperti orang menggendong bayi. Cara ini akan mengistirahatkan bahu untuk sementara waktu," kata Erickson.

2 dari 3 halaman

Sering Meletakkan Tas di Lantai

3. Memakai backpack terlalu rendah

Agar tas ransel beratnya merata, pastikan untuk memakainya dengan benar. Pertama, gunakan kedua tali ransel pada kedua bahu, bukan salah satu bahu.

Selain itu, pastikan agar ransel tidak menggantung terlalu rendah di punggung. Idealnya tas ransel harus di bagian bawah tulang rusuk, bukan di tulang pinggang.

 5 Kebiasaan Buruk Cara Membawa Tas yang Bisa Timbulkan Penyakit

4. Sering meletakkan tas di lantai

Seperti kita, tas juga 'duduk' di mana-mana. Mulai dari lantai kamar, mobil atau kereta api, kantor, swalayan, trotoar, toilet dan kemudian balik lagi ke rumah.

Sering meletakkan tas di lantai di mana saja merupakan kebiasaan buruk. Selain membuat tas cepat kotor, tas juga bisa membawa bibit penyakit, seperti E.coli atau bakteri jahat lainnya.

Hindari meletakkan tas di tempat-tempat umum, jika perlu lap bagian bawah tas setiap kali sampai di rumah.

3 dari 3 halaman

Banyak Bawa Barang

5. Membawa banyak barang dalam satu tas

Hindari membawa banyak barang dalam satu tas dengan alasan supaya lebih ringkas dan tidak ribet. Gunakan tas berbeda untuk pakaian gym atau sepatu. Jangan masukkan semuanya dalam satu tas.

Erickson menyarankan orang-orang untuk tidak membawa air minum yang dimasukkan ke dalam tas.

" Air akan membuat beban bertambah berat. Rekomendasi lainnya keluarkan uang koin dari dalam tas, ini semakin meringankan beban ketika membawa tas," kata Erickson.

Sumber: Everyday Health

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie