Cara Seru Ajak Generasi Muda Cegah Pemanasan Global Lewat Lagu

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 24 November 2021 17:12
Cara Seru Ajak Generasi Muda Cegah Pemanasan Global Lewat Lagu
Lagu lestari jadi media ajak generasi muda peduli lingkungan

Dream - Dampak terbesar dari pemanasan global saat ini adalah perubahan iklim yang mengakibatkan suhu bumi menjadi lebih panas. Suhu yang meningkat ini mengakibatkan kekeringan dan membawa perubahan besar bagi beberapa habitat dan organisme.

Mengurangi emisi gas rumah kaca bumi harus lebih gencar dilakukan. Namun sayangnya masih banyak generasi muda yang belum mengerti mengenai emisi gas rumah kaca karena aktivitas sehari-hari.

Limbah sisa makanan salah satunya. Limbah nasi, daging, dan sayuran, dari sisa makanan dengan pestisida yang membusuk menghasilkan gas metana yang mengakibatkan emisi gas rumah kaca.

Selain itu, aktivitas sehari-hari seperti penggunaan energi listrik, kendaraan bermotor, juga membakar sampah dapat memicu pemanasan global.

Meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya anak muda tentang pemanasan global melalui musik, JTZ meluncurkan Lestari (Life We Can’t Waste). Ini hasil kolaborasi musisi-musisi muda Indonesia, yaitu Nikita Dompas, Anda Perdana, Faye Risakotta, dan Herald Genio.

Lestari© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Semangat project lagu Lestari adalah kolaborasi dalam memerangi efek perubahan iklim sekaligus ingin mendekatkan diri kepada generasi muda sebagai penerus. Kami ingin mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam upaya global ini,” jelas Communication Manager Katingan Mentaya Project (KMP), Syane Luntungan, pada konferensi virtual, Selasa 23 November 2021.

1 dari 2 halaman

Tingkatkan Kesadaran Global Warming Lewat Lagu

Musisi memiliki cara tersendiri untuk mengajak masyarakat lebih mencintai bumi dan mencegah pemanasan global. Melalui musik dan lirik, musisi dapat menghantarkan pesan untuk menggerakan masyarakat untuk ikut peduli dengan masalah lingkungan ini.

Lestari© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kita tidak bisa tinggal diam dan ingin ikut melakukan pencegahan terhadap pemanasan global dan climate change ini, dan kami tuangkan melalui lagu agar semua orang terutama generasi muda mulai start action dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan dalam keseharian kita,” jelas Nikita, Music Director Lestari (Life We Can’t Waste).

© Dream
2 dari 2 halaman

Ikut Cegah Pemanasan Global

Project Lestari (Life We Can’t Waste) ini tidak hanya melibatkan para musisi saja, beberapa kolaborator yang terdiri dari Praktisi Circular Fashion, Waste Management, dan Waste Processor turut mendukung pembuatan video klip ini.

Para Kolaborator seperti Ensemble, Bluesville, Pijak Bumi, Pable, dan Rekosistem mempunyai perhatian yang sama dan ikut memberikan dukungannya untuk project ini melalui bidang mereka.

Lestari© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Keterlibatan para seniman dan kolaborator ini semakin membuat kami merasa tidak sendiri dalam mengkampanyekan isu global tersebut karena membutuhkan peran aktif semua pihak,” tutup Syane.

Beri Komentar