Catat! Ritual Perawatan Kulit Paling Dasar

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 5 September 2018 19:30
Catat! Ritual Perawatan Kulit Paling Dasar
Melakukan rutinitas perawatan harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

Dream - Merawat kesehatan kulit merupakan hal yang sangat krusial. Kondisi lingkungan dan paparan polusi bisa merusak kulit dengan mudah.

Penuaan dini pun bakal terjadi jika perawatan tak dilakukan dengan cermat. Merawat kulit tidak selamanya rumit. Hal yang diperlukan yaitu komitmen untuk melakukannya secara rutin.

" Paling penting adalah melakukan basic skincare routine, yaitu cleansing, toning, hydrating dan exfoliating," kata Melyawati Hermawan, dokter spesialis kulit dan kelamin di Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu 5 September 2018.

Walaupun bermanfaat bagi kesehatan, melakukan rutinitas perawatan harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Menggunakan toner, pelembap, melakukan eksfoliasi maupun pembersihan secara berlebihan pun bisa merusak kulit.

" Toning dan exfoliating memang tidak harus selalu dilakukan. Tapi, semua orang butuh. Disesuaikan saja dengan kondisi kulit masing-masing. Jangan berlebihan maupun kekurangan supaya kulit tetap sehat," imbuhnya.

 Produk perawatan kulit

Untuk mengetahui tipe kulit dan kebutuhannya, Sahabat Dream harus lebih peka dengan kondisi kulit dan reaksinya terhadap suatu produk. Perhatikan juga kecenderungan kulit.

" Kalau wajahmu beruntusan atau kusam, berarti perlu memperbaiki rutinitas. Tapi kalau wajahmu lebih sehat, berarti kamu cocok dengan rutinitas atau produk tersebut," ungkap Melyawati.

Normalnya, pembersihan dilakukan setiap 2-3 kali sehari. Dilanjutkan dengan toning untuk menyeimbangkan pH wajah. Lanjutkan dengan memakai pelembap secukupnya dan akhiri dengan pengangkatan sel kulit mati.

" Kamu juga bisa memakai essence, serum atau sheet mask selama 15-20 menit setelah toning. Jangan lupa angkat masker agar serumnya tidak diserap kembali oleh sheet mask," ujar Sharon Wijaya, Partner Acquisition Sociolla.(Sah)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan