Mengintip Daihatsu Rocky e-smart Hybrid, Penuh Fitur Canggih

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 19 Agustus 2022 08:48
Mengintip Daihatsu Rocky e-smart Hybrid, Penuh Fitur Canggih
Rocky Hybrid ini juga punya struktur ringkas (compact) dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari.

Dream – Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya memperkenalkan varian Daihatsu Rocky HEV (Hybrid Electric Vehicle) yang pertama kali hadir di pasar Jepang pada November 2021 lalu. Pengunjung GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD City, bisa melihat langsung keungguan mobil yang telah dibekali 19 fitur keselamatan aktif ini. 

Kehadiran Daihatsu Rocky HEV sekaligus menunjukan komitmen perusahaan dalam tahapannya menuju tren elektrifikasi secara bertahap yang sedang berlangsung di Indonesia. 

Daihatsu Rocky© Daihatsu

Menerapkan teknologi e-SMART HYBRID, Daihatsu Rocky HEV mengadopsi sistem serial, yang berarti tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama.

1 dari 5 halaman

Di GIIAS 2022 ini, Daihatsu memilih menampilakan Rocky Hybrid varian X HEV 2 WD. Kendaraan ini memiliki mesin baru 1.200 cc dengan 3 cylinder (tipe WA-VEX) yang didesain khusus untuk teknologi Hybrid.

Dari segi desain, Daihatsu Rocky Hybrid mempunyai struktur ringkas (compact) dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari. Struktur ini membuta Rocky HEV bisa berakselerasi responsif, efisien dalam penggunaan bahan bakar, serta memiliki harga terjangkau dan kompetitif di kelasnya.

Daihatsu Rocky© Daihatsu

Tak cuma itu saja, Daihatsu Rocky Hybrid juga memiliki desain mekanisme yang compact, di mana Transaxle atau transmisi yang digunakan untuk kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan FF memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel, sehingga menghasilkan desain yang ringkas.

Bobot kendaraan juga berkurang dan lebih ringan berkat penyematan baterai lithium ion yang compact berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.

2 dari 5 halaman

Untuk keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist sehingga Sahabat Dream nggak perlu khawatir saat berkendara.

Mulai dari 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

Daihatsu Rocky© Daihatsu

Selain itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman.

Daihatsu Rocky© Daihatsu

Pada bagian lainnya, Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda ketika dalam kondisi menikung apabila kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur, sehingga tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

3 dari 5 halaman

Tampang Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran Baru, Apa Saja yang Berubah?

Dream – Mendapat respons positif pasar Indonesia yang menyambut Daihatsu Rocky, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penyegaran baru pada mobil SUV compact dan sporty itu. Diboyong pada acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, penampakan terbaru Daihatsu Rocky itu ditunjukan pada Jumat, 12 Agustus 2022 di Daihatsu Hall 5A.

“ Kami percaya Daihatsu Rocky dapat menjadi pilihan utama bagi mereka yang berjiwa muda, serta mendukung aktivitas mereka agar dapat terus eksis dan memberi kebanggaan bagi penggunanya,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan tertulisnya.

Mengenal Teknologi Transmisi New D-CVT dan Tips Merawatnya

Sebagai kendaraan dengan tagline Sahabat Eksis, Daihatsu Rocky mendapat sentuhan baru dari sisi eksterior, khususnya varian ADS, dengan mengusung konsep mobil SUV Compact yang modern, active, dan sporty.

Daihatsu Rocky© Daihatsu

Perubahan tampak jelas terlihat di bagian area grill bagian depan, bodi spion samping (outer mirror). Untuk menambah kesan sporty, Daohatsu Rocky ini mendapat sentuhan di bagian ban dengan hadirnya Black Alloy wheel 16’ inch untuk varian 1.2 X serta Gun Metal Skid Plate.

4 dari 5 halaman

Untuk varian 1.2 X, pembeli bisa memilih dua warna spesial yakni Shining Pearl White dan Red Compagno yang sebelumnya hanya tersedia pada versi 1.0L saja.

Di bagian mesin, Daihatsu Rocky tetapp menawarkan dua plihan mesin yaitu 1.0L Turbocharged untuk performa dan akselerasi layaknya mesin berkapasitas lebih besar. Satu varian lain adalah mesin 1.2L yang bertenaga dan tetap irit bahan bakar

Penjualan Meroket, Ini 3 Mobil Daihatsu Paling Laris

Daihatsu Rocky juga telah didukung dengan transmisi berteknologi D-CVT, yang membuat perpindahan gigi lebih halus, senyap, dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Sebagai salah satu model pertama Daihatsu yang mengusung platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), Daihatsu Rocky dilengkapi fitur canggih terkini, seperti LED Headlamp, Auto retractable mirror dan Key Free.

Di bagian interior, dashboard Rocky berdesain cockpit dengan nuansa modern, serta meter cluster Rocky didesain menggunakan teknologi Full Digital dengan empat mode tampilan yang dapat dipilih sesuai style dan selera.

5 dari 5 halaman

Di bagian entertianment, Daihatsu Rocky sudah dilengkapi touchscreen audio berukuran mulai dari 7 & 9 inch dengan konektivitas ke smartphone.

Daihatsu Rocky© Daihatsu

Daihatsu Luncurkan Sigra Terbaru Harga Mulai Rp120 Jutaan, Lihat Perubahannya

Fitur paling penting soal keselamatan, Daihatsu Rocky dilengkapi fitur spesial tertinggi di kelasnya, yakni Daihatsu A.S.A (Advanced Safety Assist).

Fitur ini memiliki enam fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Harga mobil Daihatsu Rocky yang mendapat penyegaran baru ini dibanderol mulai dari Rp205.200.000-Rp273.600.000 (OTR DKI Jakarta).

Selain A.S.A, Daihatsu Rocky juga dibekali dengan rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Rocky juga dilengkapi SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), serta VSC (Vehicle Stability Control), dan HSA (Hill Start Assist) tergantung varian dan tipe transmisi yang dipilih.

5 Mobil Terlaris Daihatsu Sepanjang Januari-Mei 2022

Berkendara dengan Daihatsu Rocky semakin nyaman karena banyaknya storage yang tersedia mulai dari laci penyimpanan pada kursi penumpang depan, seat under tray, front console storage, front console box, door pocket bottle holder, folded cup holder.

Selain itu, Daihatsu Rocky memiliki bagasi luas di kelasnya dan bisa diatur menjadi dua tingkat dengan kapasitas mulai dari 303 Liter dan 369 Liter, serta fitur pelipatan kursi pada baris kedua hingga hampir setara dengan lantai dapat membantu kelancaran aktivitas bagi penggunanya yang sedang membawa barang berdimensi besar dengan lebih mudah.

 

Beri Komentar