Desainer Jean Paul Gaultier Umumkan Pensiun, Ini Deretan Karya Ikoniknya

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 20 Januari 2020 18:36
Desainer Jean Paul Gaultier Umumkan Pensiun, Ini Deretan Karya Ikoniknya
Pria asal Prancis itu tengah mempersiapkan show terakhir.

Dream - Jean Paul Gaultier mengucapkan selamat tinggal kepada panggung runway. Desainer asal Prancis itu tengah mempersiapkan fashion show terakhir sebagai penutup kariernya selama 50 tahun.

Pria 67 tahun itu dikenal lewat rancangan mode bergaya edgy dan berani. Rencana pensiun yang Gaultier umumkan lewat akun Twitternya sukses mengejutkan dunia fashion.

" Pertunjukan ini dibuat untuk merayakan 50 tahun perjalanan karierku sekaligus menjadi yang terakhir. Tetapi saya jamin Haute Couture akan berlanjut dengan konsep baru," tulis Jean lewat akun @JPGaultier.

 Jean Paul Gaultier di Paris Fashion Week 2011

Jean Paul Gaultier di Paris Fashion Week 2011 (Foto: Shutterstock)

Gaultier menambahkan ia telah memiliki konsep baru yang masih dirahasiakan. Meski telah mengonfirmasi bahwa pertunjukan runway mendatang merupakan karya terakhir, ia masih akan menggarap proyek baru dengan menggunakan namanya.

1 dari 5 halaman

Karya Ikonik Gaultier

Sepanjang lima dekade, Jean Paul Gaultier banyak menghasilkan terobosan di industri mode. Dilansir dari The Local France, merupakan pelopor yang membawa model plus size ke panggung runway.

Gaultier dikenal selalu menyambut model dari berbagai bentuk tubuh dan seksualitas. Ketertarikannya pada dunia mode muncul setelah melihat korset neneknya di dalam lemari. Ia mengasah bakat dengan merancang busana untuk boneka teddy bear miliknya.

 Rancangan Jean Paul Gaultier di Paris Fashion Week 2018 (Foto: Shutterstock)Rancangan Jean Paul Gaultier di Paris Fashion Week 2018 (Foto: Shutterstock) © Foto: Shutterstock

Rancangan Jean Paul Gaultier di Paris Fashion Week 2018 (Foto: Shutterstock)

Di usia 18 tahun, ia sudah menjabat sebagai asisten pribadi Pierre Cardin dan beralih bekerja untuk Jacques Esterel yang banyak memengaruhi aliran desainnya. Setelah itu ia menjabat sebagai Kepala Kreatif untuk rumah mode Hermes.

Gaultier memulai debut perusahaan perdananya pada 1976 silam. Beberapa karya Gaultier paling ikonik diantaranya bra cone yang dipakai Madonna dan 'man skirt' atau rok untuk pria.

2 dari 5 halaman

Mengenang Karya Terpopuler Karl Lagerfeld Sepanjang Sejarah

Dream - Bapak fashion dunia, Karl Lagerfeld mengembuskan napas terakhirnya di Paris, Selasa 19 Februari 2019. Karl meninggal di usia 85 tahun.

Kabar itu diumumkan oleh rumah mode Chanel lewat akun resmi Instagramnya.

" Dengan duka yang amat mendalam, House of CHANEL mengumumkan bahwa Karl Lagerfeld, Creative Director dari CHANEL Fashion House sejak 1983 telah meninggal dunia," tulis Chanel di keterangan foto.

Pria berdarah Jerman itu merupakan tokoh fashion paling ikonik di dunia. Sejak bergabung di Chanel, ia berhasil meneruskan karya Coco Chanel, founder dari brand kenamaan Paris.

 Chanel Tweed Skirtsuits. © Dream

Paris Fashion Week Womenswear Spring/Summer 2019 (Foto: Shutterstock)

Dilansir dari Vogue, salah satu karya yang paling terkenal adalah tweed skirtsuits. Busana dari bahan wol itu telah menjadi ciri khas Chanel sejak masa kepemimpinan Carl.

 Chanel Quilted Handbag © Dream

Chanel Classic Handbag (Foto: Chanel)

Tak ketinggalan dengan handbag klasik beraksen quilt. Dilengkapi dengan logo 'Double C', tas tersebut selalu masuk ke dalam daftar koleksi barang mewah sosialita.

Karyanya itu merupakan wujud penghormatan kepada Coco yang meninggal dunia pada 1971.

" Tugasku bukanlah melakukan apa yang telah ia (Coco) lakukan sebelumnya, melainkan apa yang memang akan ia lakukan bila masih hidup," tutur Karl, seperti tertera di keterangan foto.

3 dari 5 halaman

Fashion Show Paling Berkesan

Sebagai desainer, tak heran jika pria bernama lengkap Karl Otto Lagerfeld itu selalu tampil di ajang fashion bergengsi.

Karyanya sudah melenggang di berbagai panggung runway. Soal konsep, karyanya memang patut diacungi jempol. Ia kerap menciptakan fashion unik yang berkelas. Presentasinya pun sangat memukau.

Seperti di perhelatan Chanel Métiers d’Art pada Desember 2018. Ia menyulap Kuil Dender, salah satu bangunan bersejarah di New York menjadi sebuah piramida.

Dilansir dari Marie Claire, ia menampilkan 85 busana dengan konsep Egypt. Desainnya kental dengan nuansa emas pada zaman Mesir kuno. Salah satu yang mencuri perhatian adalah model yang berjalan dengan kaki emas.

Pertunjukan lain yang tak kalah ikonik adalah Chanel Spring/Summer 2018. Dihelat di Grand Palais, Prancis, para model berjalan di depan air terjun indoor raksasa.

Bahan plastik transparans disulapnya menjadi haute couture fashion berkelas.

Setelah kepergiannya, karya Karl akan diteruskan oleh Virginie Viard yang sebelumnya menjabat sebagai Director of Chanel Fashion Creation Studio. Ia telah berkolaborasi dengan Karl Lagerfeld selama lebih dari 30 tahun. (ism)

4 dari 5 halaman

Balenciaga Rilis Tas Hello Kity, Harganya Astaga...

Dream - Sahabat Dream pasti sudah tidak asing dengan Hello Kitty. Si kucing putih berwajah imut itu pernah menjadi teman masa kecil bagi banyak perempuan.

Aneka pernak-pernik bergambar Hello Kitty hampir selalu menghiasi kamarmu. Beranjak dewasa, Sahabat Dream dapat menemukan karakter ikonik itu di fashion item merek kenamaan dunia.

Balenciaga baru saja menampilkan koleksi tas Hello Kitty di gelaran Spring 2020 Fashion Show. Koleksi terdiri atas tote bag dan ville bag berwarna hitam, pink dan putih yang mencerminkan karakter ciptaan Yuko Shimizu.

  BalenciagaFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

Foto: Balenciaga/Fox News

Salah satu yang terkenal adalah ville bag berbentuk Hello Kitty, lengkap dengan aksen tali sebagai kumis dan pita besar berwarna pink.

5 dari 5 halaman

Segini Harganya

Meski terlihat imut, koleksi Balenciaga X Hello Kitty bukan untuk anak-anak loh. Sebab harganya dibanderol cukup fantastis.

Dilansir dari Fox News, tas ini dijual seharga US$2,590 atau setara Rp34 juta. Selain tas, Balenciaga juga merilis camera bag berukuran mini dan phone holder. Koleksi akan dirilis pada 27 Januari mendatang.

Kolaborasi brand fashion dengan kartun atau serial terkemuka kerap dilakukan belakangan ini. Seperti Levi's yang menggandeng serial Netflix 'Stranger Things'.

Sementara di Indonesia, karakter Hello Kitty juga pernah diluncurkan di koleksi hijab Jenahara Nasution.

  jenaharajenahara © Foto: Instagram @jenaharaofficial

Foto: Instagram @jenaharaofficial

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak