7 Masalah Rambut Saat Musim Hujan, Ini Solusinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 20 Januari 2020 15:13
7 Masalah Rambut Saat Musim Hujan, Ini Solusinya
Mulai dari ketombe sampai kerontokan.

Dream - Musim hujan identik dengan cuaca yang dingin dan lembap. Meski menyenangkan bagi tubuh untuk menghangatkan diri, tapi tidak demikian dengan rambut.

Di musim hujan, rambut justru akan mengalami banyak masalah. Mulai dari kulit kepala kering, gatal, rambut kusut hingga ketombe.

Masalah rambut di musim hujan tersebut mungkin akan mengganggu aktivitas, bahkan kenyamanan seseorang saat beristirahat.

Lantas bagaimana caranya menghindari berbagai masalah rambut tersebut saat musim hujan? Dilansir dari Boldsky.com, berikut 7 masalah rambut saat musim hujan dan cara mengatasinya.

 

1 dari 7 halaman

1. Kulit Kepala Kering dan Mengelupas

Kulit kepala kering adalah salah satu masalah rambut yang paling umum. Cuaca dingin membuat kelembapan kulit kepala berkurang sehingga terasa kering dan mengelupas. Hasilnya kulit kepala menjadi bersisik dan gatal.

 7 Masalah Rambut Saat Musim Hujan dan Cara Mengatasinya7 Masalah Rambut Saat Musim Hujan dan Cara Mengatasinya © © MEN

Solusi: Untuk mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas disertai rasa gatal, maka Sahabat Dream perlu melakukan pemijatan menggunakan minyak berbahan tanaman seperti kelapa, zaitun dan kacang almond.

Setelah memijat kulit kepala dengan minyak nabati tersebut, biarkan selama satu jam. Kemudian bersihkan sisa-sisa minyak dengan keramas menggunakan sampo ringan yang tidak mengandung asam sulfat.

2 dari 7 halaman

2. Ketombe

 KetombeKetombe © Shutterstock.com


Kulit kepala yang kering, gatal dan bersisik biasanya akan menyebabkan ketombe. Ketombe merupakan sel kulit kering yang membentuk serpihan.

Solusi: Sebenarnya, klaim yang dibuat iklan sampo anti ketombe tidak bisa menghilangkannya secara tuntas. Untuk menghilangkan ketombe, kulit kepala harus lembap. Pijat kulit kepala dengan minyak panas, mengonsumsi makanan sehat, gunakan sampo ringan dan lindungi kulit dari sinar matahari.

3 dari 7 halaman

3. Rambut Kusut

Menurunnya kelembapan membuat rambut menjadi kusut. Selain itu, penggunaan alat penata rambut seperti hair dryer dan catokan ikut memperburuk kondisinya.

 Ilustrasi Hijab CantikIlustrasi Hijab Cantik © Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Solusi: Jauhi alat-alat penata rambut karena membuat situasinya makin memburuk. Selain itu, jangan mengeringkan rambut dengan menggosoknya kuat-kuat menggunakan handuk.

4 dari 7 halaman

4. Rambut Bercabang

 Rambut BercabangRambut Bercabang © Shutterstock.com

Cuaca di musim hujan yang dingin dan kering sangat memengaruhi ujung rambut. Selain membuat rambut kering, cuaca di musim hujan bisa menyebabkan rambut bercabang.

Solusi: Cara terbaik untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong rambut. Jika malas ke salon atau takut rambutmu dipotong secara berlebihan, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Ambil sejumput rambut, putar hingga terlihat yang bercabang, lalu gerakkan jari untuk membuatnya lebih menonjol. Setelah itu gunakan gunting untuk memotong ujung rambut yang bercabang.

5 dari 7 halaman

5. Rambut Kusam

 Rambut KeringRambut Kering © Shutterstock.com

Cuaca musim hujan yang cukup ekstrim bisa mengganggu warna dan tekstur rambut. Karena itu, rambut tampak kusam dan lepek. Menggunakan produk rambut yang salah atau tidak memakai conditioner bisa menyebabkan kekusaman.

Solusi: Gunakan conditioner yang diperkaya vitamin dan nutrisi setiap kali mencuci rambut. Biarkan conditioner bekerja sekitar satu menit sebelum membilasnya. Kamu bisa juga keramas dengan cuka apel atau memijat kulit kepala dengan minyak kelapa, zaitun dan kacang almond.

6 dari 7 halaman

6. Rambut Bermuatan Listrik

Topi dan sweater berbahan wol melindungi tubuh dari hawa dingin di musim hujan. Namun, gosokkan yang konstan pada rambut ditambah dengan kurangnya kelembapan membuat rambut bisa bermuatan listrik.

 Ilustrasi Hijab CantikIlustrasi Hijab Cantik © Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Solusi: Gunakan sampo yang melembapkan untuk mengatasi kekeringan pada kulit kepala. Selain itu, gunakan juga conditioner yang diperkaya vitamin. Rawat rambut dengan masker yang bersifat melembapkan.

7 dari 7 halaman

7. Rambut Rontok

Kurangnya kelembapan bisa membuat rambut cepat rontok dan kusam. Dari akar sampai ke ujung, cuaca musim hujan akan melemahkan rambut dari akar hingga ke ujung. Hasilnya, rambut cenderung rusak dan rontok.

 Ilustrasi Hijab CantikIlustrasi Hijab Cantik © Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Solusi: Jangan biarkan rambut terbuka terlalu lama. Gunakan berbagai jenis kepang yang akan melindungi rambut sekaligus membuat kamu terlihat cantik. Sesekali, lakukan perawatan deep conditioning.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup