Desainer Ubah Kain Sprei Bekas Hotel Jadi Kemeja Jutaan Rupiah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 11 Mei 2020 08:33
Desainer Ubah Kain Sprei Bekas Hotel Jadi Kemeja Jutaan Rupiah
Teknik upcycling semakin marak diterapkan di industri mode.

Dream - Hotel yang bagus dapat terlihat dari kondisi tempat tidurnya. Sprei kasur yang sudah menguning biasanya tak lagi dipakai untuk melapisi kasur.

Guna mencegah sprei hotel yang sudah tidak terpakai menjadi sampah, brand Archivist Studio dari Berlin berinovasi menciptakan fashion dari bahan tersebut.

Eugine Haitsma, perancang mode asal Belanda pernah mencari tahu soal sprei hotel pada rekannya yang bekerja di Hotel Mayfair, London.

Sprei dan sarung bantal yang bagus tidak boleh memiliki noda atau lubang kecil. Bahkan kain yang terbuat dari kapas Mesir berkualitas sekalipun.

Haitsma kemudian bertemu dengan desainer asal Belanda, Johannes Offerhaus di Budapest. Kala itu Offerhaus sedang mencari bahan kain yang berkualitas.

1 dari 1 halaman

Diolah Jadi Kemeja

Haitsma pun menyarankan untuk mengolah sprei bekas hotel. Keduanya membawa sprei yang sudah tidak terpakai untuk dibersihkan.

Sprei yang sudah bersih kemudian dikirim ke parik yang dikelola oleh sebuah keluarga di Rumania. Kain-kain bekas itu disulap menjadi kemeja putih.

Bukan sembarang kemeja putih, bahan kain sprei yang premium membuat kemeja memiliki kualitas mumpuni. Harganya dijual sekitar US$172 atau Rp2,6 juta.

 Archivist Studio© Foto: Courtesy of Archivist Studio (Oddity Central)

Foto: Courtesy of Archivist Studio (Oddity Central)

Archivist Studio saat ini telah memproduksi empat jenis kemeja. Mulai dari kemeja kasual pria dan tiga kemeja wanita. Mereka juga akan meluncurkan blouse dan shirt dress dalam waktu dekat.

Sumber: Oddity Central

Beri Komentar